Inilah Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam Untuk Pemula

Burung Nuri Kepala Hitam adalah jenis burung paruh bengkok yang ciri khasnya memang lain dengan burung Nuri yang lainnya. Burung ini hanya bisa dijumpai di beberapa wilayah, diantaranya yaitu di Papua, Ambon dan Ternate.

Burung ini juga banyak dicari para pecinta burung kicauan, sebab keistimewaannya yang menjadikan burung ini sangat menarik untuk dijadikan burung peliharaan.

Sebab, Nuri Kepala Hitam ini dikenal sebagai burung yang sangat cerdas serta mempunyai warna penampilan bulu yang sangat cantik.

Nuri Kepala Hitam ini juga mempunyai kemampuan untuk menirukan suara kicauan dari jenis burung lain maupun dari suara manusia. Walaupun hanya bisa menirukan sepatah dua kata dari bahasa yang sering didengarnya dari manusia.

Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam

Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam
ratukebun.blogspot.com

Burung Nuri Kepala Hitam ini adalah salah satu jenis burung paruh bengkok berparas cantik yang dilindungi. Sebagian besar para pecinta burung kicauan juga ada yang memelihara jenis burung ini. Bahkan ada juga yang menernakkannya. Cara ternak burung Nuri Kepala Hitam diantaranya yaitu seperti berikut ini;

Ukuran Kandang Ternak

Cara ternak burung Nuri Kepala Hitam ini sebelumnya sebaiknya sebaiknya anda harus menyiapkan kandang penangkarannya. Untuk masalah kandang penangkarannya sendiri anda dapat membelinya atau dengan membuatnya sendiri.

Ukuran kandang ternak burung Nuri Kepala Hitam ini yaitu ukuran kandang yang pada umumnya yaitu dengan panjang dan lebar kurang lebih sekitar 1 m x 1,50 m dan juga dengan tingginnya kurang lebih sekitar 2 m.

Harus anda ketahui, jika kandang penangkaran burung Nuri Kepala Hitam ini sebaiknya jangan terlalu tertutupSebab burung ini termasuk jenis burung yang tidak menyukai tempat yang keadaannya tertutup.

Ukuran Glodok Nuri Kepala Hitam

Cara ternak burung Nuri Kepala Hitam selanjutnya anda harus bisa menyiapkan glodok kotak tempat sarang burung di dalam kandang ternak burung ini nantinya.

Glodok dapat anda buat dengan bahan kayu papan yang di bentuk seperti kotak dari kayu yang ukurannya kurang lebih panjang 35cm, lebar 20 cm serta tinggi kurang lebih 20 cm.

Kemudian untuk glodok tempat sarang ini bisa anda taruh di bagian pojok atau atas sarang penangkaran anda dengan cara di paku. Tujuannya supaya tidak tergoyang-goyang.

Kemudian anda dapat mengisi kotak glodok tersebut dengan memakai rerumputan kering maupun dengan ranting-ranting pohon yang sudah kering.

Jangan lupa untuk memberikan tangkringan yang terbuat dari kayu agar burung bisa beristirahat di dalam sarang dengan tenang.

Pakan Burung Nuri Kepala Hitam

Pakan Burung Nuri Kepala Hitam
sangkarlapis.us

Cara ternak burung Nuri Kepala Hitam yang selanjutnya yaitu ketersediaan pakannya. Untuk pakannya sendiri anda dapat memberikan seperti halnya pakan kacang-kacangan, pepaya, wortel. Bisa juga nda berikan pakan berupa roti maupun dengan pelet.

Di dalam pemberiannya sendiri sebaiknya anda melakukannya secara teratur setiap hari. Dengan demikian proses ternak Burung Nuri Kepala Hitam agar sukses.

Menjaga Kebersihan Kandangnya

Nah, untuk menjaga kebersihan kandang penangkarannya bersihkan setiap 3 hari sekali. Pembersihan kandang untuk ternak burung jenis ini tujuannya supaya burung nuri anda tidak mudah terserang penyakit dari serangan virus. Virus tersebut biasanya muncul karena kotoran burung dan juga makanan burung yang menumpuk.

Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sapu lidi. Namun, pembersihannya jangan berlebihan. Sebab, jika anda berlebihan dalam membersihkan kandangnya dapat menjadikan burung menjadi ketakutan serta stress yang mengakibatkan gagalnya proses ternak anda.

Tinggalkan Komentar