Mengenal Ciri Khas Nuri Raja Papua (Aprosmictus Erythropterus)

Burung Nuri adalah jenis burung yang cantik dan memiliki suara yang unik. Jenis burung Nuri juga bervariasi, salah satunya adalah burung Nuri Raja Papua. Nuri Raja Papua ini adalah salah satu jenis burung paruh bengkok yang makan biji-bijian seperti halnya burung Lovebird.

Nama ilmiah dari Nuri Raja Ambon ini yaitu Aprosmictus Erythropterus. Walaupun burung ini merupakan dari keluarga Psittaculidae dan genus Aprosmictus, akan tetapi masih memiliki kekerabatan dengan burung kakatua dan Lovebird itu.

Burung ini juga bisa dijumpai padang rumput, savana, lahan pertanian, serta di hutan yang terdapat pada daerah Papua maupun di Papua Nugini serta Australia. Namun tidak ada di sepanjang pantai timur.

Ciri Khas Burung Nuri Raja Papua

Mengenal Ciri Khas Nuri Raja Papua (Aprosmictus Erythropterus)
discoverlife.org

Ciri khas burung Nuri Raja Papua yang remaja ini warnanya sangat kontras dengan dewasa. Pada saat usia remaja burung ini juga tampak mirip dengan burung Nuri Kelapa Hijau yang ada pada bagian sayapnya.

Dan sesudah masa mabung serta masuk usia dewasa lalu akan terlihat ada warna merah yang ada di bagian sayapnya. Dengan demikian, dinamakan dengan red-winged alias nuri sayap merah.

Ciri khas burung Nuri raja Papua ini jika dilihat dari ukurannya yaitu hampir sama dengan burung Nuri Raja Ambon. Untuk jenis burung ini punya sekitar 33 cm-an, kemudian untuk Nuri Raja Abon sekitar 35 cm.

Jenis burung Nuri ini mempunyai ukuran sekitar 30 hingga 33 cm 31 cm. Yang mana berat sekitar 156 g. Nuri Raja Papua yang kelamin jantan dan betina memiliki penampilan yang mirip.

Ciri khas burung Nuri raja Papua yang jantan kebanyakan berwarna hijau, dengan hijau kekuning-kuningan yang ada pada bagian bawah tubuh. Di bagian dahi melalui tengkuk warnanya biru muda.

Untuk bulu bahu serta bagian atas punggung warnanya hitam. Lalu untuk bagian punggung bawah dan ke pantat warnanya biru. Sedangkan untuk bagian bulu ekor memiliki ujung kuning. Irisnya juga memiliki warna oranye kemerahan.

Untuk Ciri khas burung Nuri raja Papua yang betina umumnya lebih pucat jika dibandingkan yang pejantan. Sebagian besar bulunya berwarna hijau kekuning-kuningan.

Lalu untuk bagian sayapnya punya pinggiran merah serta warna pink. Selain itu juga punya iris coklat gelap serta bagian punggung bawah dan pantat yaitu biru muda.

Lalu untuk yang betina punya penutup sayap merah, namun juga terlihat pucat. Burung muda juga tampak seperti Nuri Raja Papua betina, namun punya bgaian paruh yang berwarna kuning.

Suara Nuri Raja Papua

Tajam dan tegas seperti palu, juga serangkaian suara seperti elang-alap. Belum tersedia rekaman suara yang diambil di wilayah Indonesia

Tempat Hidup dan Kebiasaan

Tempat Hidup Nuri Raja Papua
Oiseaux.net

Berpasangan maupun tergabung pada kelompok besar hingga jumlahnya 50 ekor lebih. Terbang ringan serta terasa tidak menentu.

Burung arboreal yang memakan biji-bijian, buah-buahan, bunga-bungaan, serta serangga pada savana serta kawasan terbuka yang ditumbuhi oleh pepohonan.

Reproduksi

Untuk perkembangbiakan burung Nuri Raja Papua ini biasanya ada di bulan Agustus sampai dengan bulan Desember. Pada umumnya juga memiliki sarang mereka pada bulan September atau pada bulan Oktober.

Untuk burung Nuri Raja Papua yang jantan ini bisa menjadi sedikit agresif terhadap pasangannya pada saat memasuki musim kawin. Nuri ini biasanya juga bertelur antara 3 hingga 6 butir telur. Yang mana di erami kurang lebih sekitar 3 minggu fledge muda di usia 5 hingga sampai 6 minggu.

Tinggalkan Komentar