Mengetahui Ciri Khas Burung Burung Wergan Jawa Yang Dilindungi

Burung wergan Jawa tidak termasuk jenis burung kicauan yang bisa dipelihara secara bebas.

Namun untuk jenis burung yang sudah biasa menghuni area pegunungan ini merupakan jenis burung yang statusnya dilindungi oleh pemerintah.

Tak hanya itu saja, keberadaan dari jenis burung Wergan Jawa ini juga hanya berada di wilayah hutan Indonesia. Maka dari itulah burung ini disebut dengan burung endemik.

Ciri Khas Burung Wergan Jawa

Ciri Khas Burung Wergan Jawa
Ciri Khas Burung Wergan Jawa

Sedangkan untuk ciri khas burung Wergan Jawa yaitu memiliki ukuran yang lumayan kecil dengan panjang hanya kurang lebih 14 cm saja.

Untuk tubuhnya memiliki corak warna yang tidak terlalu bervariasi yang hanya terdiri dari warna cokelat kemerahan dan juga putih keabu-abuan yang tersapu warna cokelat.

Untuk ciri khas burung wergan jawa selanjutnya yaitu warna tubuhnya yang terdapat di bagian mahkota kepala, tengkuk, punggung, sayap, dan ekornya didominasi oleh warna coklat kekuningan.

Kemudian untuk putih keabu-abuan yang tersapu warna cokelat juga tampak pada area wajah dan bawah tubuhnya.

Dari mulai bagian pipi belakang dan juga pada bagian bawah mata, tenggorokan, dada, sisi dekat bawah sayap, perut, serta pada bagian tunggirnya.

Selain itu, paruhnya yang memiliki warna hitam pekat memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang dan juga sedikit lebar yang ada pada bagian pangkalnya.

Pada bagian ekornya yang berwarna cokelat kemerahan juga memiliki ukuran yang lumayan panjang yang terdiri atas beberapa helai bulu.

Bagian kakinya yang berwarna cokelat kemerahan ukurannyan juga cukup panjang tapi terlihat kurus sebab memiliki cakar yang cukup tajam.

Bagian pupil berwarna hitam dan iris yang mengitari pupil berwarna kuning tua. Sedangkan bola matanyabulat dan tidak begitu besar.

Burung ini memiliki ciri khas dengan suara yang keras dan terdengar melengking.

Daerah Persebaran Burung Wergan Jawa

Daerah Persebaran Burung Wergan Jawa
Daerah Persebaran Burung Wergan Jawa

Burung Wergan Jawa termasuk salah satu jenis burung endemik jawa yang statusnya memang dilindungi .

Burung ini memiliki daerah persebaran yang hanya terbatas pada wilayah Pulau Jawa bagian barat dan tengah.

Karena daerah persebaran burung wergan jawa yang terbatas ini, maka tempat membuat burung Wergan Jawa rentan terhadap kepunahan.

Tak hanya itu saja, burung yang memiliki ukuran tubuh yang kecil ini juga hidup di area dataran tinggi atau pegunungan.

Untuk salah satu area pegunungan yang dijadikan sebagai tempat tinggalnya yaitu Gunung Merapi yang berada di Jawa Tengah.

Habitat Burung Wergan Jawa

Burung wergan jawa (Alcippe pyrrhoptera )ini pada saat berada di alam liar mendiami area dataran tinggi yang menjadi habitatnya.

Yaitu dengan rentan ketinggian yang berada di atas dari 1000 meter dari permukaan laut.

Untuk wilayah gunung ataupun pegunungan yang bisa dihuni oleh burung wergan jawa ini terdapat di area hutan lebat dan pinggir hutan.

Perilaku Burung Wergan Jawa

Pada saat burung ini mencari makanan di hutan, kerap membentuk kelompok kecil atau kadang berbaur dengan jenis burung lain.
Jenis makanan yang pada umumnya disantapnya pun asalnya juga dari serangga dan buah-buahan.

Masa berkembangbiak yang dialami oleh burung Wergan Jawa ini pada umumnya berlangsung sepanjang tahun, melainkan pada saat bulan September dengan masa puncaknya di bulan April.

Untuk bentuk sarang juga telah disusun indukkannya seperti halnya cawan.

Namun tidak terlalu rapat susunannya. Lalu untuk jumlah telur yang pada umunya dierami indukkannya sekitar dua butir saja.

Tinggalkan Komentar