Mengetahui Ciri Ciri Burung Cabai Bunga Api dan Habitatnya

Banyak burung kicauan yang ada di Indonesia ini. Salah satu jenis burung kicauan yang perlu anda ketahui yaitu burung cabai.

Burung Cabai merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara tergolong merdu dan nyaring.

Kemudian untuk ukuran fisik dari seluruh jenisnya sangatlah mirip dengan burung Madu yang ukurannya tampak begitu kecil.

Perbedaannya yaitu burung Cabai bukan merupakan jenis burung yang dilindungi pemerintah.

Maka dari itu, burung Cabai ini banyak dipelihara orang-orang untuk dijadikan sebagai burung masteran untuk jenis burung kicauan yang lainnya.

Dan salah satu jenis burung cabai yang belum banyak diketahui yaitu burung Cabai Bunga-Api.

Ciri Ciri Burung Cabai Bunga Api

Ciri Ciri Burung Cabai Bunga Api
Ciri Ciri Burung Cabai Bunga Api

Ciri ciri burung Cabai Bunga Api yang pertama yaitu memiliki ukuran yang lumayan kecil dan memiliki panjang kurang lebih hanya sekitar 8 cm saja.

Corak warna bulunya jika dilihat mirip burung Tledekan atau burung Sikatan yang cenderung berwarna biru dan berwarna jingga kekuningan.

Ciri ciri burung Cabai Bunga Api dengan warna biru tampak menutupi area atas tubuhnya dari mulai bagian kepala, tengkuk, punggung, serta di bagian sayapnya.

Warna jingga kekuningan juga merupakan ciri ciri burung cabai bunga api di sebagian besar area tubuhnya. Diantanya seperti punggung belakang, pangkal perut, area perut, serta di bagian tunggirnya.

Tak hanya dua warna indah tersebut . Sebab juga terdapat warna putih keabu-abuan yang terlihat di bagian tenggorokan, bagian dada, dan juga di bagian sisi bawah sayapnya yang dekat dengan kaki.

Burung cabai ini hampir terlihat tidak memiliki ekor. Paruhnya juga terlihat lumayan tebal dengan ukuran yang cukup panjang.

Untuk bagian kakinya yang terlihat kurus tapi panjang memiliki warna yang cenderung kehitaman.

Perilaku burung Cabai ini kerap membentuk kelompok kecil ataupun bergerak secara sendiri-sendiri saat mencari makan.

Burung ini sering mencari makan berupa buah yang berukuran kecil, benalu, serta serangga kecil.

Musim berkembangbiak burung Cabai Bunga-Api ini yaitu terjadi sepanjang tahun dengan jumlah telur yang dierami indukkannya bisa mencapai 3 butir.

Suara Burung Cabai Bunga Api

Untuk ciri ciri burung Cabai Bunga Api dalam hal suaranya tidak kalah berbeda dengan jenis burung cabai lainnya yang juga cukup nyaring serta terdengar melengking.

Suara kicauannya juga punya tempo yang cukup lambat dengan volume sedang. Lalu untuk durasinya tergolong cukup lama bahkan kurang lebih hingga mencapai satu menit.

Saat sedang terbang terkadang burung ini mengeluarkan suara kicauannya.

Habitat Burung Cabai Bunga Api

Habitat Burung Cabai Bunga Api
Habitat Burung Cabai Bunga Api

Burung Cabai Bunga-Api adalah jenis burung cabai yang sup-spesiesnya dalam jumlah banyak dan tersebar di ragam negara.

Jumlah sup-spesiesnya yang ada bi berbagai wilayah mencapai 17 dengan 5 di antaranya terdapat di wilayah hutan kita.

Burung cabai bunga api adalah burung kicauan yang memiliki nama latin Dicaeum trigonostigma. Pada umumnya saat di alam liar burung ini berada di dataran rendah dan area pegunungan.

Untuk tempat tinggalnya berada di semak belukar, hutan belantara, hutan mangrove. Selain itu juga tinggal di pekarangan masyarakat, dan hutan di sekitar pegunungan.

Habitat burung Cabai Bunga-Api ini juga berada di negara Filipina, India, Bangladesh, Myanmar, dan Thailand.

Lalu untuk persebarannya di wilayah hutan bisa kita temui mulai dari Kepulauan Riau, area Pulau Sumatera, Pulau kalimantan, Pulau karimata, Kepulauan Anamba, Pulau Simeulue dan lain sebagainya.

Tinggalkan Komentar