Ciri Khas Burung Cinenen Belukar dan Daerah Persebarannya

Jenis burung kicauan di alam ini memang banyak sekali. Ada yang memiliki ukuran tubuh besar dan juga kecil. Salah satu jenis burung kicauan bertubuh mungil yang ada di alam ini yaitu burung Cinenen.

Burung Cinenen adalah jenis burung kicauan yang ukuran tubuhnya memang terbilang kecil, akan tetapin memiliki suara kicauan yang tergolong cukup merdu. Salah satu jenis burung Cinenen yang harus anda ketahui yaitu burung Cinenen Belukar.

Ciri Khas Burung Cinenen Belukar

Ciri Khas Burung Cinenen Belukar
burungocehan.link

Ciri khas burung Cinenen Belukar (Orthotomus Atrogularis) yang paling mudah diketahui yaitu ukuran tubuhnya yang kecil atau mungil. Sebab, untuk ukuran tubuhnya kurang lebih hanya sekitar 10 cm.

Akan tetapi, ciri khas burung Cinenen Belukar yang jantan dengan yang betina terdapat perbedaan dari segi warna. Untuk ciri khas burung Cinenen Belukar yang berjenis kelamin jantan memiliki warna yang lebih mencolok dan terang.

Sedangkan untuk warna yang ada pada tubuhnya diantaranya meliputi merah karat, putih, kuning, hitam, dan juga warna hijau zaitun. Sedangkan untuk warna merah karat itu terlihat jelas yang ada pada bagian atas kepala burung jantan. Yang mana menutupi setengah area pipi hingga pada batas pangkal paruhnya.

Kemudian, untuk warna hijau zaitun tampak menutupi tubuh bagian atas seperti sayap, bagian punggung, serta pada bagian ekornya. Sedangkan untuk bagian tubuh bagian bawah diselimuti dengan warna putih gelap. Antara lain meliputi bagian tenggorokan, sedikit area dada, serta pada bagian perutnya.

Untuk area yang berwarna hitam terlihat jelas sekali pada bagian dadanya. Kemudian, untuk yang berjenis kelamin betina warnanya juga terlihat agak kusam dengan bagian atas kepala merah kecokelatan.

Selain itu, juga ada pada bagian sayap dan punggung yang berwarna hijau zaitun, dan tubuh bagian bawah keseluruhannya berwarna putih sedikit kehitaman yang ada pada area tenggorokan.

Untuk persamaan ciri khas burung Cinenen Belukar keduanya yaitu memiliki paruh yang agak panjang dan bentuk mata yang terlihat bulat.

Daerah Persebaran Burung Cinenen Belukar

Daerah Persebaran Burung Cinenen Belukar
hbw.com

Untuk daerah persebaran burung Cinenen Belukar yang mana tidak hanya ada di wilayah Indonesia saja tapi juga terdapat di berbagai negara Asia lainnya. Negara-negara yang menjadi tempat tinggal oleh burung Cinenen Belukar yaitu dari mulai wilayah India, Tiongkok, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, serta Malaysia.

Sedangkan daerah di tanah yang dijadikan sebagai habitat burung mungil ini tergolong terbatas dengan hanya mendiami daerah Sumatera dan juga di wilayah Kalimantan. Daerah yang dijadikan habitat burung Cinenen Belukar diantaranya mulai dari dataran rendah hingga di daerah dataran tinggi.

Burung ini juga sering menetap di hutan primer, hutan terbuka, hutan sekunder, pinggir sungai, dan juga suka menempati sampai area pekarangan sekitar masyarakat.

Kicauan Burung Cinenen Belukar

Ciri khas burung Cinenen Belukar dari segi kicauannya yaitu suaranya yang terdengar amat merdu dan nyaring dengan mampu melantunkan nada dalam tempo yang terdengar rapat.

Kicauan yang dikeluarkan dengan tempo yang rapat terdengar mirip sekali dengan crecetan yang terdengar cukup melengking yang memiliki nada yang tinggi. Tak hanya itu saja, nada kicauannya juga cukup bervariasi dengan bisa mengeluarkan lebih dari satu jenis suara berkicau.

Oleh sebab itu, burung Cinenen Belukar ini dinilai bagus sekali untuk dijadikan sebagai burung masteran untul burung kicauan yang sedang ingin belajar mengeluarkan suara yang memiliki tempo agak rapat serta memiliki irama yang indah.

Tinggalkan Komentar