Mengetahui Cara Perawatan Burung Murai Batu Kalah Mental

Memelihara burung murai batu sebaiknya harus dilakukan dengan baik dan bebar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan anda. Burung Murai Batu yang masih muda lebih baik jangan terburu-buru ditempel dengan murai batuyang lainnya.

Terlebih lagi anda langsung mencobanya untuk mengikuti acara perlombaan. Perlu anda ketaui, jika ini semua justru akan memicu murai batu tersebut akan mengalami permasalahan seperti kalah mental dan kondisinya juga ngedrop.

tipsburung.com

Apabil anda semua memelihara burung murai batu yang secara umur masih muda lebih baikanda berusaha untuk memberikan pola perawatan yang benar danjuga tepat. Misalnya saja perawatan yang benar dengan cara memberikan jenis pakan yang terataur dan pada pola perawatan harian yang anda lakukan.

Dan pada tahap ini yaitu pada bagian tahap yang paling penting yang sebaiknya anda tahu yaitu dalam proses melatih mental yang ada di burung murai batu. Untuk melatih mental murai batu ada berbagai tahap yang harus dilalui.

Akan tetapi jika burung murai batu peliharaan anda mengalami kalah mental karena terlalu dini diikutkan dalam lomba, sebaiknya anda segera memberikan cara perawatan burung murai batu kalah mental.

Cara Perawatan Burung Murai Batu Kalah Mental

Dalam perawatan mental burung murai batu ini paling tidak anda membutuhkan 2 sampai dengan 3 ekor burung murai batu lain yang sudah mapan. Ini semua diberikan dengan tujuan untuk pancingan burung murai batu yang ingin dilatih mentalnya. Atau untuk murai batu yang mentalnya sedang down.

Apabila dalam hal ini anda hanya mempunyai murai batu satu-satunya, maka anda bisa meminta bantuan kepada teman-teman anda. Yang mana mereka memelihara burung murai batu juga untuk meminjamnya hanya untuk ditrek saja.

Yang harus anda ingat yaitu saat proses pelatihan mental pada murai batu jangan melakukannya dengan sembarangan. Anda memerlukan yang namanya proses yang bertahap disini. Yaitu tidak dengan langsung asal ditempel pada saat usia murai batu yang akan dilatih tersebut masih muda usianya.

Perawatan Harian Murai Batu Kalah Mental

pinterest.com

Ketika minggu pertama sebaiknya burung murai batu dikerodong serta dengarkan suara murai batu lain. Apabila anda semua mempunyai satu burung murai batu, bisa anda menyetelkan suara mp3 murai batu saja dahulu.

Lalu, saat minggu kedua jika murai batu mau membalas dari suara murai batu lain seperti yang diputarkan tersebut. Anda bisa memulai menempel dengan burung murai batu lain. Namun, tidak dengan suara mp3. Akan tetapi menggunakan jenis burung murai batu dan sebaiknya dalam kondisi full kerodong.

Minggu ketiga sebaiknya tetap dalam kondisi dikerodong, tempel lagi dan tempel lagi sampai jarak 2 meteran. Jika burung murai batu yang ingin sebaiknya anda latih masih mau berani ngelawan, buka sepertiga kerodong di bagian bawah.

Perawatan burung murai batu kalah mental di minggu ke empat bisa anda lakukan dengan lagi murai batu tersebut. Lalu dekatkan lagi jaraknya, jika mau melawan bunyinya buka krodong sampai setengahnya.

Perawatan burung murai batu kalah mental di minggu ke lima sebab anda tetap menempelnya. Hal ini supaya mental murai batu sedikit demi sedikit bisa menjadi terbentuk. Anda bisa menempelnya lagi, bila masih mau ngelawan buka sampai dua pertiga kerodong.

Di minggu ke enam tempel kembali murai batu tersebut. Apabila masih memberikan perlawanan yang sengit, buka seluruh bagian kerodong alias tanpa kerodong. Sebab, ini menandakan murai batu sudah benar siap mental.