Mengetahui Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Pancawarna

Paok pancawarna merupakan salah satu burung yang berasal dari keluarga Pittidae yang dikelompokkan kedalam genus Pitta. Burung Pancawarna (Hydrornis guajana) adalah jenis burung kicauan yang memiliki warna yang sangat cantik.

Burung ini juga termasuk jenis burung yang meruoakan burung pemakan semut, kecoa, kumbang, siput, cacing, rayap, dan juga ulat yang habitatnya yaitu berada di hutan primer, hutan sekunder tertutup. Kemudian juga tersebar hingga ketinggian 1.500 m dpl.

Paok pancawarna juga memiliki badan yang ukurannya sedang (22 cm). Tubuh gemuk, berwarna keemasan bergaris-garis. Sedangkan untuk bagian kepala berwarna hitam dengan alis kuning mencolok dan khas. Ciri ini bisa dijadikan untuk patokan dalam cara membedakan jenis kelamin burung Pancawarna.

Lalu, untuk bagian punggung dan sayap coklat dengan garis sayap putih. Ekor biru, serta pada bagian dagu berwarna putih. Burung Paok Pancawarna Ras Jawa juga memiliki ciri khas yang ada di bagian dada dan sisi lambung yang bergaris-garis hitam dan juga berwarna kuning.

Burung Panca Warna ini juga termasuk jenis burung yang memiliki warna 5 jenis seperti namanya. Namun, sayangnya burung ini juga terbilang langka. Untuk habitat burung jenis ini ada yang mengatakan jika asalnya dari luar negeri, dan ada yang bilang dari pulau luar Jawa.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Pancawarna

1zoom.me

Cara membedakan jenis kelamin burung Pancawarna antara jantan dan betina, ini cukup mudah, yang jantan memiliki 5 warna, kemudian untuk yang betina hanya didoninasi dengan warna coklat.

Berbeda halnya dengan burung Robin, yang mana perbedaannya yaitu dari warna bagian paruhnya. Robin yang berjenis kelamin jantan yaitu memiliki warna paruh merah yang tajam seperti cabe yang matang. Kemudian untuk yang betina warna orange atau seperti warna cabe ini juga terlihat matang.

Untuk suara kicauan dari burung Pancawarna ini tidak terlalu kerap, kemudian untuk burung Robin (jantan) tentu saja frekuensi kicaunya juga sangat kerap. Berbeda dengan burung Robin betina, kicauannya terdengar tidak terlalu kerap.

Cara membedakan jenis kelamin burung Pancawarna jantan dengan betina memang lebih mudah jika diperhatikan dari warna bulu burung yang usianya telah memasuki usia dewasa.

Sebab, burung jantan mempunyai warna yang berwarna, cerah serta mengkilap dengan warna bulu yang ada pada pangkal ekornya yang berwarna merah. Kemudian untuk burung pancawarna yang berjenis kelamin betina mempunyai warna yang kusam dan pucat.

malayanparadise.blogspot.com

Selain itu juga memiliki warna-warna yang kurang terang, lebih kuning serta warna bulu yang ada di bagian pangkal ekornya yaitu berwarna orange. Dan hal ini akan sangat sulit dibedakan apabila burung masih berusia sangat muda.

Akan tetapi, cara membedakan jenis kelamin burung Pancawarna yang paling mudah yaitu dilakukan dengan mendengarkan suaranya.

Makanan utama dari burung Pancawarna ini yaitu serangga serta buah-buahan. Untuk jenis serangga yang diberikan yaitu berupa jangkrik kecil dan ulat hongkong.

Karakter Burung Pancawarna

Burung ini karakternya memang pemalu serta jarang memperlihatkan dirinya. Terkadang burung ini juga tampak melintas jalan di hutan. Akan tetapi juga lebih sering terdengar suaranya.

Burung ini juga berlompatan cepat di sepanjang lantai hutan maupun batang mati. Terkadang juga ada di semak rendah, pohon salak maupun rotan. Apabila anda ingin memelihara jenis burung ini, maka anda harus bisa merawatnya dengan sebik mungkin. Tujuannya agar burung ini bisa gacor dan tidak mudah mati.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.