Kelebihan Burung Pancawarna Sebagai Burung Masteran

Burung pancawarna termasuk burung endemik asal Indonesia yang ada kemiripan bentuk dan warna dengan burung robin dari Tiongkok. Burung Pancawarna dulunya dikenal masyarakat Indonesia menjadi burung ocehan dan pemaster burung ocehan lainnya.

Misalnya seperti murai batu saat tahun 1990-an yang keberadaannya dapat ditemui di hutan Sumatera serta Malaysia. Dan burung pancawarna memiliki nama latin yaitu Leiothrix Argentauris yang hingga sekarang ini tetap digemari dan juga dicari oleh para pecinta burung ocehan.

Habitat Burung Pancawarna

Habitat burung dari panca warna yaitu berada di kawasan hutan sekunder di dataran tinggi yang memiliki hawa yang sejuk. Burung ini juga bisa dijumpai di pepohonan rimbun dan juga hidupnya lebih sering terlihat sendirian.

Harus anda ketahui jika untuk Populasi Burung Panca Warna terutama di wilayah tanah air sudah kian menurun tajam. Untuk hal tersebut disebabkan banyaknya aktivitas perburuan liar pada jenis burung kicau.

Selain itu juga pembebasan hutan liar yang dibakarpun ikut berperan dalam penurunan Populasi Burung Kicau di Indonesia. Sebab hutan liar sebagai tempat hidup mereka di bakar kemudian dijadikan lahan baru untuk pabrik, kantor, perkebunan ataupun jalan.

Perilaku Burung Pancawarna

Perilaku Burung Pancawarna
Perilaku Burung Pancawarna

Kehebatan burung pancawarna ini bukan hanya di kicauannya yang merdu saja. Namun bentuk tubuhnya yang kecil dan paduan warna yang menyelimuti tubuhnya terdapatlima warna. Antara lain yaitu hitam, putih, hijau, merah, serta kuning.

Jadi, burung pancawarna terlihat sangat indah dan seperti burung hias dari pada dikategorikan sebagai burung kicaun. Kemudian sifat alami dari burung ini yaitu gampang jinak serta bisa beradaptasi pada burung lain yang terdapat di sekitarnya.

Makanan untuk burung pancawarna yaitu serangga serta buah-buahan seperti pepaya dan pisang. Lalu saat musim kawin datang, pada umumnya burung pancawarna betina dapat menjadi sangat agresif pada burung lain yang sekandang dengannya.

Sebab burung pancawarna betina hanya ingin melindungi telurnya ataupun anak-anaknya dari makhluk lain yang mengganggunya.

Kelebihan Burung Pancawarna

Kelebihan Burung Pancawarna
Kelebihan Burung Pancawarna

Kelebihan burung pancawarna yang utama antara lain yaitu keahliannya untuk beradaptasi dengan burung ocehan lain. Lalu dapat melatih isian suara burung ocehan yang satu sangakar.

Jadi dari keunikan ini hingga sekarang ini para pecinta burung ocehan tetap memilih burung pancawarna untuk melatih burung ocehan miliknya. Misalnya seperti murai batu, kacer serta burung cucak hijau.

Burung pancawarna yang melatih burung ocehan lain untuk menambah isian suara pada umumnya burung pancawarna akan selalu berkicau. Tujuannya guna memancing burung ocehan yang baru bisa berkicau supaya meniru kicauannya.

Dan apabila ini dilangsungkan di setiap hari maka burung ocehan yang diajari oleh burung pancawarna akan semakin cepat pandai.

Meskipun begitu, kesuksesan dalam melakukan pengisian suara atau pemasteran suara oleh burung pancawarna untuk burung kicauuan lain seperti murai batu tidak hanya tergantung pada burung pancawarna saja.

Namun juga pada burung kicauan yang dilatih. Yaitu tingkat kecerdasannya dan apakah ia telah jinak. Apabila burung kicauan yang hendak dilatih masih sangat liar, maka haruslah dijinakkan terlebih dahulu.

Jadi, burung pancawarna yang satu kandang dengan burung ocehan itu dapat beradaptasi. Dan begitu pula pada tingkat kecerdasannya, tidak semua burung kicauan memiliki intelegensi yang bagus.

Sehingga untuk pemeliharanya harus rutin mendengarkan ia suara kicauan burung lain dan memberinya makanan yang bergizi. Dengan begitu, burung pancawarna yang dijadikan burung pemaster dapat melatih burung ocehan menjadi merdu kicauannya dan banyak isian suaranya dapat berjalan dengan cepat.

Tinggalkan Komentar