Mengetahui Cara Membedakan Jenis Kelamin Anakan Murai Batu

Burung Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang paling populer yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Maka dari itu untuk membeli anakan atau bakalan burung Murai Batu ini memerlukan pengetahuan khusus. Terlebih lagi di dalam menentukan jenis kelaminnya.

Membedakan jenis kelamin anakan Murai Batu penting untuk dilakukan. Karena mengetahui harga burung yang berjenis kelamin jantan dan betina ini memang berbeda jauh. Tak hanya itu saja, untuk bis amemperoleh suara atau kicau yang bagus, usahakan anda semua bisa mendapatkan burung Murai Batu yang berjenis kelamin jantan.

youtube.com

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi anda untuk mengetahui jenis kelamin Murai Batu ini. Jangan sampai salah dalam menentukan jenis kelamin dari burung ini. Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri Murai Batu jantan dan betina sebagai panduan bagi anda.

Membedakan Jenis Kelamin Anakan Murai Batu

Mengetahui perbedaan jenis kelamin anakan Murai Batu memang bisa dibilang tidak mudah. Dengan demikian, sekalipun peternak terkadang masih mengalami kesulitan dalam membedakannya. Akan tetapi, setidaknya terdapat beberapa tanda yang bisa digunakan untuk membedakan antara burung Murai Batu jantan dan betina pada waktu masih anakan.

Anakan Murai Batu Jantan

Murai Batu yang berjenis kelamin jantan anakan ditandai dengan beberapa ciri yang membedakannya dengan Murai Batu betina, diantaranya adalah seperti berikut.

Murai Batu anakan yang berjenis kelamin jantan memiliki bentuk kepala yang lebih lebar dan besar dan juga tampak membentuk kotak. Lalu, untuk bentuk paruh juga terlihat lebih tebal serta panjang dengan mata yang sedikit menonjol keluar.

Kemudian untuk warna hitam yang ada pada badan anakan jantan pada umumnya juga lebih legam dan juga bisa terlihat lebih mengkilat. Kemudian juga pada warna hitam pada lehernya yang terlihat membentuk garis-garis, yang terlihat legam.

Selain itu juga ada bulu bintik-bintik yang berwarna kuning tegas pada bagian dadanya. Lalu, juga ada bulu yang berwarna cokelat pada sayap serta bagian dada dengan bentuk bintik-bintik.

Sedangkan untuk postur Murai Batu yang berjenis kelamin jantan anakan mempunyai badan yang ukurannya lebih besar serta lebih panjang (bongsor). Untuk suaranya pada waktu lapar pada umumnya akan lebih ngebas/besar.

Anakan Murai Batu Betina

Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin anakan Murai Batu yang berjenis kelamin betina anda bisa melihat ciri sebagaimana berikut.

olx.co.id

Untuk bentuk kepala burung Murai Batu yang berjenis kelamin betina ini terlihat lebih kecil. Dan untuk bagian paruh juga terlihat lebih tipis dan juga bisa tampak lancip. Kemudian untuk warna hitam pada bulunya jika diperhatikan akan tampak keabu-abuan.

Tak hanya itu saja, untuk warna bulu pada dadanya juga terlihat memutih. Lalu, untuk warna hitam pada garis di lehernya keabu-abuan. Postur badannya juga terlihat lebih kecil dan juga lebih pendek. Suaranya pun juga terdengar lebih kecil alias cempreng.

Membedakan jenis kelamin dari anakan Murai batu ini sangatlah penting dilakukan. Sebab, jika anda ingin memelihara burung Murai batu yang tujuannya untuk dijadikan sebagai burung lomba, maka anda tidak boleh salah dalam memilih.

Burung Murai Batu yang bisa mengeluarkan suara bervariasi dan juga berkualitas adalah yang berjenis kelamin jantan. Jadi, bila anda salah dalam membedakan jenis kelamin dari anakan Murai Batu tersebut, anda tidak bisa mendapatkan Murai Batu sesuai yang anda inginkan. Jadi, sebaiknya dalam membedakan jenis kelaminnya anda harus bisa berhati-hati.

Tinggalkan Komentar