Mengetahui Berbagai Manfaat Kalsium untuk Lovebird

Lovebird adalah salah satu jenis burung kicauan berparuh bengkok yang sangat menarik untuk dipelihara. Sebab, selain memeiliki suara kicauan yang merdu, Lovebird juga mempunyai ciri fisik yang sangat cantik.

Banyak sekali orang yang memelihara Lovebird untuk dijadikan burung peliharaan di rumah, ada juga orang yang memlihara Lovebird ini untuk dijadikan burung perlombaan.

Dalam memelihara Lovebird, tentu saja anda tidak ingin burung kesayangan anda mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Tentu saja semuanya menginginkan burung yang anda pelihara bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

burungmaster.com

Nah, apakah anda pernah mengamati Lovebird kesayangan jadi tiba-tiba mengalami masalah kelumpuhan, padahal sebelumnya terlihat sehat? Atau biasanya juga ada masalah seperti indukan Lovebird yang sedang mengeram tiba-tiba mati.

Perlu anda ketahui, jika permasalahan yang terjadi pada Lovebird tersebut menandakan jika Lovebird yang anda pelihara tersebut kekurangan kalsium.

Permasalahan pada Lovebird biasanya ditandai pula dengan kaki Lovebird yang menjadi bengkok walaupun untuk keadaan awal sehat bugar dan lincah.

Kekurangan kalsium memang suatu permasalahan yang dinilai berbahaya, khususnya pada indukan pasca bertelur. Sebab, sudah kita ketahui bersama jika pembentukan telur sangatlah memerlukan kalsium yang tinggi.

Sedangkan untuk indukan yang sedang angkrem di dalam glodok otomatis tidak terkena sinar matahari.

Yang lebih dikhawatirkan lagi yaitu jika kondisi kurang kalsium tersebut ditularkan pada calon anakannya. Dengan demikian, anakan yang baru menetas pun juga akan memiliki kaki yang bengkok.

Kekurangan Kalsium Pada Lovebird

Manfaat kalsium untuk Lovebird memang banyak sekali. Sebab kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang pada burung ini.

Untuk permasalahan yang ditimbulkan oleh kurangnya asupan kalsium pada Lovebird ini pun juga beragam, diantaranya adalah seperti berikut ini.

Lovebird bisa mengalami gangguan jantung

Tak hanya berperan penting dalam pembentukan tulang saja, kalsium juga sangat bermanfaat untuk membantu kerja jantung.

Proses pemompaan darah yang akan menuju seluruh tubuh tidak dilakukan oleh jantung sendiri, namun membutuhkan kalsium juga dalam proses menghantarkannya. Selain itu, kalsium juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan jantung, dan juga mengoptimalkan kerja jantung.

Tersumbatnya pembuluh darah

Dinding pembuluh darah djuga bisa menebal dan mengeras. Dengan demikian, saluran darah itu nantinya akan menyempit serta mengakibatkan kelumpuhan secara mendadak. Kalsium sangatlah diperlukan untuk mencegah hal ini terjadi.

Daya tahan tubuh menurun

Kadar kalsium dalam darah juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan juga daya tahan tubuh yang semakin menurun. Dengan demikian, Lovebird bisa mudah terserang berbagai penyakit.

Manfaat Kalsium Untuk Lovebird

masterkicau.net

Berbgai macam kalsium untuk Lovebird adalah seperti bisa memperbaiki kualitas produksi dan juga cangkang telur yang dihasilkan juga tidak mudah pecah.

Selain itu bisa membantu daya tetes telur dan juga bisa membantu terbentuknya tulang dan juga bulu dalam keadaan normal.

Manfaat kalsium untuk Lovebird selanjutnya yaitu untuk mencegah berbagai penyakit yang dikarenakan kurang mineral. Misalnya saja seperti, kaki lumpuh, induk mati ketika angkrem, kaki anakan bengkok, kurang darah. Selain itu juga bisa untuk mengatasi indukan yang makan telurnya sendiri.

Untuk mengatsi hal tersebut kita sebagai pemelihara harus bisa memelihara Lovebird sebaik mungkin dengan memberikannya kalsium yang cukup.

Untuk mengantisipasi kekurangan kalsium ini anda bisa memberikan pakan yang menjadi sumber kalsium yang jumlahnya cukup dan juga berimbang. Untuk jenis makanan kaya kalsium yang baik diberikan untuk burung adalah tulang sotong dan juga grit.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.