Mengenal Karakteristik Burung Perling Kumbang dan Habitatnya

Dari banyaknya jenis burung kicauan yang banyak dipelihara, ternyata ada salah satu jenis burung yang tidak banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan.

Salah satu diantaranya adalah burung perling kumbang. Karakteristik burung perling kumbang ini yaitu dilihat dari penampilannya yang menyeramkan

Jenis burung yang memiliki suara merdu memang banyak ditemukan di pasar-pasar burung maupun di hutan belantara.

Namun, tidak setiap jenis burung kicauan yang memiliki suara merdu selalu digemari oleh orang-orang untuk dipelihara dan diikutkan dalam perlombaan.

Nah, untuk burung perling kumbang ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang kurang diminati dan jarang dipelihara.

Daerah Persebaran Burung Perling Kumbang

Burung Perling Kumbang
newswantara.com

Burung perling kumbang adalah salah satu jenis burung kicauan yang habitat hidupnya tidak hanya mendiami daerah hutan lebat.

Sebab, burung ini mudah sekali ditemukan pada daerah yang berpenghuni penduduk seperti di pedesaan dan kota.

Pada saat bearda di alam liar, umumnya burung perling kumbang ini tinggal di daerah rendah dan tinggi dengan membentuk sarangnya di pepohonan yang berlubang.

Daerah persebarannya memang cukup luas , diantaranya mulai menghuni daerah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan juga di Sulawesi.

Kemudian untuk di luar negeri kawasan yang menjadi habitat hidup burung perling kumbang ini hanya ada di beberapa negara saja.

Antara lain seperti di wilayah Thailand, Malaysia, Filipina, dan juga di Myanmar.

Karakteristik Burung Perling Kumbang

Karakteristik burung perling kumbang ini memang cukup terbilang sedikit menyeramkan.

Sebab, untuk warna tubuh hampir semuanya hitam gelap bagi burung indukannya. Karakteristik burung perling kumbang lainnya yaitu pada bagian matanya berwarna merah saga dengan pupil berwarna hitam.

Burung perling kumbang ini ukurannya bisa terbilang agak besar yakni sekitar 20-an cm.

Di bagian paruhnya juga memiliki ukuran yang cukup besar dan panjang serta berwarna hitam pekat.

Memiliki warna tubuh yang serba hitam dan warna matanya yang kemerahan, jika melihat burung perling kumbang ini memang benar menyeramkan.

Perilaku Burung Perling Kumbang

Perilaku Burung Perling Kumbang
kutilang.or.id

Ketika hidup di alam liar, burung liar ini akan mencari makanan di semak belukar dan juga di sekitar pepohonan.

Untuk jenis makanannya diantaranya berupa buah-buahan, serangga, nektar, serta siput.

Burung ini juga sering membentuk sebuah kelompok untuk berburu makanan dan beristirahat di dahan pepohonan di setiap harinya.

Perkembangbiakan burung perling kumbang ini pada umumnya berlangsung di bulan Maret hingga bulan Juni.

Untuk jumlah telur yang mampu dierami kurang lebih sebanyak 3 butir. Luasnya daerah penyebaran burung perling kumbang ini menjadikannya dikenal beragam oleh masing-masing daerah tempatnya hidup.

Burung ini memiliki banyak julukan di berbagai macam daerah yang menjadi tempat tinggalnya.

Namun, pada umumnya burung perling kumbang disebut oleh masyarakat lebih akrab dikenal dengan nama burung cucak keling, meski bukan merupakan keluarga cucak-cucakkan.

Kicauan Burung Perling Kumbang

Burung perling kumbang ini juga dikenal sebagai alah satu jenis burung kicauan yang mempunyai suara khas yang tidak ada pada burung lain.

Burung ini juga memiliki suara khas dengan dua nada yang akan dibunyikan secara bergantian.

Kicauannya memiliki nada yang terbilang stabil atau berirama, yang mana burung ini bisa mengeluarkan nada tinggi seperti melengking.

Dengan karakteristik burung perling kumbang ini, maka bisa dinilai jika burung ini cukup ampuh dijadikan burung masteran bagi burung kicauan. Tujuannya untuk semakin memvariasikan jenis suara supaya bisa terdengar lebih merdu dan juga bisa melengkingkan kicauan.

Tinggalkan Komentar