Membedakan Jenis Burung Jalak Kerbau Betina dan Jantan

Saat ini jenis burung jalak sangatlah banyak. Selain burung jalak bali, jalak suren, banyak masyarakat yang menyukai jenis jalak yang lainnya, salah satunya adalah burung jalak kerbau. Sama halnya dengan jenis burung jalak suren, jalan satu ini mempunyai beragam jenis keistimewaan di sebagaian besar kalangan pecinta jalak selama ini.

Akan tetapi apabila dibandingkan pada burung jalak yang lainnya, burung jalak kerbau ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau murahnya dibandingkan dengan jenis jalak yang lainnya. Untuk harga dari buruk jalak ini masih kisaran 100 sampai 125 ribu rupiah.

Dan bagi masyarakat yang memiliki niat tinggi membeli burung jalak kerbau ini dengan sistem ombyokan maka perlu paham betul cara untuk membedakan jenis burung jalak yang betina maupun yang jantan. Namun sangat disarankan bagi kalangan masyarakat yang akan memelihara burung jenis maka maka wajib memiliki jenis jalak kerbau dengan kelamin jantan.

Ini penting untuk diperhatikan karena kicauan dari jalak kerbau yang jantan jauh lebih kencang dan keras dari pada jenis jalak kerbau yang betina. Agar nanti mendapatkan burung jantan atau betina, maka bisa melakukan tips yang akan dijelaskan di bawah ini, antara lain:

Pertama, dari pada jenis burung jalak kerbau yang betina, burung jalak kerbau jantan memupunyai jenis tubuh yang jauh lebih besar. Kedua, untuk kepala burung jalak yang betina mempunyai jenis kepala dengan bentuk yang bulat. Sedangkan jenis jalak kerbau yang jantan itu memiliki kepala berbentuk kotak.

Ketiga, di bagian paruh untuk jenis jalak kerbau yang jantan jauh memiliki ukuran yang besar dan lebih kokoh. Sedangkan untuk jalak betina mempunyai paruh yang tipis dan pendek. Keempat, untuk bagian ekornya, burung jalak kerbau yang jantan mempunyai ekor biasa. Sedangkan untuk jalan kerbau yang betina itu mempunyai ekor yang nyebar dan berbentuk kipas.

Dan yang terakhir, masalah kicauannya jalan kerbau yang jantan mempunyai kicauan lebih plong dan lebih cerewet dari pada jenis jalak kerbau yang betina dengan keciauan yang merdu dan lebih dalam.

Seperti itulah proses untuk membedakan burung jalak kerbau yang betina dan jantan. Ini bisa dijadikan pedoman ketika akan membeli jalak kerbau pada kondisi ombyokan. Akan tetapi jika masih ragu dna tidak yakin, maka bisa langsung mengajak kelaurga yang atau teman yang paham atau berpengalaman dalam dunia burung jalak kerbau ini.

Namun yang wajib diperhatikan agar burung jalak ini mempunyai suara yang selalu gacor dan merdu, perlu selalu tekun dan rajin merawat burungnya dengan baik dan benar.

 

Pedoman merawat burung jalak kerbau

Agar nanti burung jalak kerbau memberikan hasil kicauan yang lantang dan gacor, maka bisa memperhatikan penjelasan berikut ini:

Pertama, buruk jalak tersebut dimandikan saben pagi dengan menyemprotnya atau kalau bisa diberikan wadah supaya lebih mudah burung tersebut mandinya. Untuk waktu yang tepat dalam memandikannya adalah jam 7 atau 8-nan. Namun sesuaikan dengan kondisi., jika nanti ketika musim hujan bisa lebih siangan lagi.

Biasanya burung jalak kerbau diberikan tempat mandi, maka dia langsung mandi sendiri dengan lebih leluasa dan lebih puas. Untuk ukuran yang paling tepat wadah mandi jalak kerbau adalah sekitar 20-25 cm dengan ketinggian air 8-9 cm. Selain itu jangan sampai lupa ketika mandi dengan wadah, maka jangan lupa untuk mengambil wadahnya setelah usai mandi.

Kedua, laksanakan proses penjemuran burung jalak tersebut kurang lebih 1 jam atau lebih apabila kondisi mataharinya cerah. Namun jika kondisi kurang cerah lebih dari 2 jam-an. Perlu diketahui bahwa jalak kerbau ini tahan dari sinar matahari. Setelah dijemur, jangan lupa angin-anginkan di teras rumah.

Ketiga, berikan jumlah makanan yang cukup jangan berlebihan seperti buah-bauhan dan berikan voer yang memiliki kualitas tinggi. Ini penting sebab makanan itu harus memiliki protein dan vitamin yang sangat dibutuhkan betul oleh burung jalak tersebut.

Keempat, berikan pula jenis makanan tambahan yang dikenal dengan ekstra fooding. Misalnya jangkrik setiap pagi dan sore hari sejumlah 2-3 ekor. Bisa juga dengan memberikan kroto sebagai variasi dari makanan tambahan yang lainnya.

Kelima, laksanakan proses pemasteran suara, baik itu lewat antar burung secara langsung. Seperti, dengan didekatkan langsung pada burung yang memiliki jenis suara yang unik dan indah serta diusahakan yang sudah berkualitas. Misalnya, burung jalak kebo, jalak suren atau jalak yang lain.

Kenapa harus jalak? Sebab jalak sendiri sudah terkenal memiliki suara yang keras dan kencang. Bisa juga dimasterkan dengan suara mp3 dari burung yang sudah menjadi jawara selama ini. Dengan begitu, burung yang dirawat jauh lebih terlatih dan memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Yang terkahir,  perlu membuat suasana yang ada di tempat tinggal yang bisa membuat burung merasa nyaman dan tenang. Jangan sampai membuat suasana yang mengganggu dan membuat burung tidak nyaman. Diharapkan jangan sampai sengaja menggoda atau iseng-isengan menakuti burung jalak kerbau.

Hal ini akan memiliki pengaruh besar untuk segi fisik maupun psikis burung jalak tersebut. Ini juga akan berpengaruh dengan seni dan kualitas kicauan yang dimiliki oleh jalak kerbau tersebut.

Sebenarnya dalam proses perawatan burung jalak kerbau sama persis ketika akan melaksanakan perawatan pada jenis burung jalak suren. Sebaiknya nanti masyarakat memperhatikan betul pedoman di atas agar nanti mendapatkan hasil burung kerbau jalak yang terbaik dan dijamin berkualitas.

Untuk kalangan masyarakat yang selama ini sudah tidak sabar ingin memelihara jalak kerbau baik betina maupun jantan, maka segera beli di beberapa kios burung yang menyediakan burung tersebut. Namun di sini bagi yang belum mahir dalam proses pembeliannya, maka ajaklah teman yang sudah berpengalaman dalam pemilihan burung jalak yang benar.

Ini penting sekali diperhatikan agar tidak salah mendapatkan jalak kerbau yang sesuai dengan harapan. Jika hal ini tidak diperhatikan betul, maka nanti jangan salahkan jika masuk ke dalam kasus penipuan dengan mendapatkan jenis burung jalak yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan selama ini.

Sebaiknya nanti bagi yang belum tahu betul tentang jalak kerbau namun ingin dijadikan peliharaan, maka bisa langsung beli yang sudah jadi atau setengah jadi. Sehingga sistem perawatannya tidak kesulitan. Jika tidak ada waktu untuk perawatannya, maka bisa langsung yang jadi saja. Meski mahal namun tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Namun untuk yang akan belajar memelihara burung jalak ini, sebaiknya membeli dari kecil anakan agar nanti bisa memelihara secara bertahap. Jangan lupa untuk meminta bantuan kepada pihak yang berpengalaman agar pemeliharaannya tidak salah. Di sini juga bisa mendapatkan banyak pengalaman menjadi seorang pemeliharta jalak kerbau yang handal.

Tinggalkan Komentar