Home » Kabar Burung » Mengenal Ciri Khas Burung Puyuh Sengayan Jantan dan Betina

Mengenal Ciri Khas Burung Puyuh Sengayan Jantan dan Betina

Mungkin para pecinta burung kicauan semua sudah mengenal burung puyuh. Burung puyuh adalah salah satu jenis burung yang banyak dibudidayakan untuk dimanaatkan daging dan juga telurnya.

Akan tetapi, perlu anda ketahui jika jenis burung puyuh ini ada bermacam-macam. Selain burung puyuh gonggong ada juga salah satu jenis burung puyuh yang memiliki ciri khas yang sangat unik. Diantaranya yaitu burung puyuh sengayan. Burung ini bentuknya berbeda dengan burung puyuh lainnya.

Ciri Khas Burung Puyuh Sengayan

biolib.cz

Puyuh puyuh sengayan atau yang di dalam nama ilmiahnya disebut dengan Rollulus rouloul ini merupakan sejenis burung puyuh yang ukuran tubuhnya kecil, yaitu hanya dengan panjang sekitar 25cm.

Selain itu pada bagian kaki dan sekitar mata berwarna merah. Ciri khas burung puyuh sengayan yang berjenis kelamin jantan dan betina juga mudah untuk dibedakan.

Perbedaan Burung Puyuh Sengayan Jantan dan Betina

Ciri khas burung puyuh sengayan yang berjenis kelamin jantan dan betina ini mudah dibedakan. Untuk burung puyuh sengayan yang berjenis kelamin jantan yang dewasa mempunyai bulu berwarna biru keunguan mengilap.

Ciri khas burung sengayan yang selanjutnya yaitu paruh bawah berwarna merah dan dahi berwarna putih dengan jambul tegak seperti bulu sikat berwarna merah.

Sedangkan untuk ciri khas burung puyuh sengayan yang berjenis kelamin betina memiliki kepala dan jambul pendek yang berwarna abu-abu. Selanjutnya untuk bagian sayap berwarna kecoklatan dan bulunya yang terlihat berwarna hijau.

Ciri khas burung puyuh sengayan yang berjenis kelamin betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Burung ini juga berbadan gemuk (25cm) dan juga berjambul.

Untuk yang jantan ditandai dengan jambul merah padam menyebar khas, betina kepala dan jambul abu-abu, sayap coklat, tubuh hijau. Badannya juga gemuk dengan ukuran 25 cm dan berjambul, hidup di permukaan tanah.

Mahkota berwarna putih berbercak, sayap merah gelap (kontras dengan tubuh yang biru keunguan metalik).

Sedangkan untuk yang betina bagian kepala dan jambul abu-abu, sayap coklat berangan, tubuh hijau.

Lalu pada bagian iris merah, kulit lingkar bermata merah, paruh hitam dengan pangkal merah (jantan) dan juga berwarna hitam (betina), kaki merah.

Habitat Burung Puyuh Sengayan

flickr.com

Pada umumnya burung puyuh sengayan ini ditemukan di dasar hutan, mencari makan di atas permukaan tanah. Pakan burung ini juga terdiri dari berbagai macam jenis biji-bijian, buah dan juga berbagai jenis hewan kecil.

Puyuh sengayan ini juga termasuk jenis burung monogami . Burung yang berjenis kelamin betina menetaskan antara lima hingga enam butir telur yang berwarna putih, dengan masa eram sekitar delapanbelas hari

Daerah Persebaran

Burung puyuh sengayan ini termasuk satu-satunya burung yang ada di dalam genus tunggal Rollulus. Populasinya juga tersebar di wilayah Asia Tenggara. Untuk jenis ini suka berdiam di hutan-hutan tropis dataran rendah.

Selain itu juga ada di perbukitan di Thailand, Myanmar, semenanjung Melayu, pulau Sumatera dan juga di Kalimantan.

Pada umumnya Puyuh Sengayan dijumpai di dasar hutan, mencari makan di atas permukaan tanah. Pakan burung ini juga terdiri dari aneka biji-bijian, buah dan juga suka makan berbagai jenis hewan kecil.

Populasi jenis burung puyuh ini juga dikatakan semakin menurun dan sulit dijumpai dihabitatnya karena kerusakan hutan dan pemburuan liar.

Sebaiknya jika ingin burung ini tetap lestari, maka biarkanlah jenis burung ini ada di habitatnya dan berkembangbiak di habitatnya.

Tinggalkan Komentar