Cara Merawat Burung Opior Jawa Agar Bisa Gacor

Di alam ini, apabila kita mengetahui semua jenis burung yang ada di alam liar pastinya kita akan mengetahui berbagai macam jenis burung yang unik. Salah satu jenis burung yang sebaiknya anda ketahui yaitu burung Opior jawa.

Opior jawa ini merupakan salah satu burung endemik yang ada di Pulau Jawa. Banyak sekali nama lain yang diperoleh dari burung ini yang diketahui oleh para pecinta burung kicauan.

burungocehan.link

Yang pastinya keseluruhannya disesuaikan dengan daerah masing-masing. Bahkan ada yang menyebut burung opior jawa ini dengan burung cucak jempol. Selain itu, ada juga yang menamainya dengan burung cucak gentong, cipow gunung, menyok, dan juga piyer.

Bukan hanya itu saja, burung Opior Jawa ini juga ada yang menjuluki dengan nama burung pleci kapur dan juga burung pleci pupur. Memang nama julukan burung ini unik sekali.

Burung opior jawa ini juga mendapatkan julukan atau sebutan dengan nama burung pleci kapur dan pleci pupur ini ternyata juga ada penyebabnya yang bisa dikatakan masuk akal. Salah satunya yaitu burung opior jawa ini masih satu famili dengan burung pleci atau burung kacamata. Di dalam memelihara burung ini, sebaiknya anda tahu bagaimana cara merawat burung opior jawa yang baik dan benar.

Cara Merawat Burung Opior Jawa

Opior Jawa (Robin Jawa) yang jugas disebut dengan Cucak Gentong ini merupakan salah satu jenis burung koloni seperti halnya saudaranya yang lebih populer. Diantaranya yaitu burung pleci atau kaca mata.

Untuk suara yang dihasilkan oleh burung ini ngeplong lumayan juga untuk dijadikan tambahan koleksi burung di rumah. Selain itu, baik juga untuk dijadikan sebagai burung masteran untuk kacer, cucak ijo, kaca mata, jalak suren dan masih banyak lagi yang lain-lain.

Perlu anda ketahui, jika burung kicauan anda bisa dimaster dengan burung opior jawa ini, maka bisa jadi burung anda memiliki kicauan yang unik dan bervariasi. Bahkan suara yang terdengar akan semakin menarik dan unik dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya.

Burung opior jawa ini juga banyak dipelihara biasanya yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mungkin ini semua disebabkan oleh suara ngerol yang diasilkannya cukup panjang dan juga bisa terdengar kencang.

Sama halnya dengan burung pleci, untuk burung opior jawa I ni bahkan juga akan lebih cepat rajin berbunyi. Terlebih lagi apabila ada sepasang maupun lebih ddari jenis burung iniyang dipelihara bersama-sama.

Untuk cara merawat burung opior jawa ini bisa dilakukan dengan cara rutin. Diantaranya seperti mandi dan jemur. Cara merawat burung opior jawa dalam hal ini harus diberlakukan setiap hari. Untuk pemandianya bisa diberikan 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari. Kemudian untuk penjemuran bisa berlangsung cukup selama 1 sampai dengan 2 jam saja, dimulai sejak pukul 07.00.

Makanan Burung Opior Jawa

commons.wikimedia.org

Cara merawat burung opior jawa selanjutnya yang harus anda perhatikan yaitu masalah pemberian makanannya. Sebab burung opior jawa ini merupakan jeni burung pemakan buah, maka burung ini kan sangat suka dengan buah pisang.

Untuk buah yang disukainya yaitu pisang kepok. Tak hanya itu saja, burung ini juga suka makan papaya, melon. Dan untuk serangga bisa diselingi dengan ulat hongkong. Diantaranya cukup 5 ekor 3 hari sekali. Begitu juga dengan pemberian kroto, yaitu cukup 1 sendok teh setiap 3 hari sekali, dan juga dengan voer yang teksturnya kasar.

Tinggalkan Komentar