Mengenal Ciri Khas Burung Pelanduk Dada Putih dan Habitatnya

Burung kicauan memang memiliki jumlah yang cukup banyak di seluruh alam ini. Namun, sangat banyak juga jenis burung kicauan yang belum diketahui banyak orang.

Banyaknya jumlah burung kicauan yang ada di hutan kita ternyata perburuan terhadap berbagai jenis burung kicauan juga sangatlah banyak.

Oleh sebab itu, banyak dari spesies burung kicau bertubuh kecil yang ada mulai terancam punah. Burung pelanduk dada putih adalah salah satu dari jenis burung pengicau yang keberadaannya sudah mulai terancam punah.

Ciri khas burung pelanduk dada putih ini pastinya sesuai dengan namanya, yaitu ada warna putih di bagian dada burung ini.

Daerah Persebaran Burung Pelanduk Dada Putih

Burung Pelanduk Dada Putih
youtube.com

Burung pelanduk dada putih (Trichastoma Rostratum ) adalah salah satu jenis burung endemik yang keberadaannya hanya ada di alam Asia Tenggara.

Negara-negara yang dijadikan sebagai tempat tinggal bagi burung pelanduk dada putih yaitu berada di Myanmar, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Daerah persebaran burung pelanduk dada putih ini di Indonesia hanya terdapat di hutan Sumatera dan Kalimantan.

Jumlah tempat yang menjadi habitat hidup burung pelanduk dada putih yang sedikit ini membuat keberadaannya pun agak terancam.

Hal ini juga tidak bisa dilepaskan dari maraknya pemburuan terhadap burung ini. Selain itu, saat ini juga banyak sekali pengrusakan hutan yang sering terjadi di Sumatera dan Kalimantan.

Habitat Burung Pelanduk Dada Putih

Habitat burung pelanduk dada putih di alam liar biasanya berada ditempat dengan ketinggian 500 mdpl.

Tak hanya itu saja, kawasan hutan yang dijadikan sebagai habitat hidupnya yaitu di area hutan mangrove, hutan rawa, dan tepian sungai.

Dan ketika beraktivitas burung ini akan pergi dengan berpasang-pasangan atau dalam kelompok kecil. Ketika sedang mencari makan.

Pada umumnya burung pelanduk dada putih menyasar permukaan tanah dan cabang pohon dengan memakan aneka serangga dan larva. Begitu pula dengan sarang yang dibangun saat musim kawin tiba.

Sarangnya memiliki bentuk yang mirip mangkuk berukuran kecil dan dirangkai dengan menggunakan ilalang kering.

Ciri Khas Burung Pelanduk Dada Putih

Ciri Khas Burung Pelanduk Dada Putih
heartheboatsing.com

Ciri khas burung pelanduk dada putih yaitu untuk ukuran fisiknya hanya sekitar 15 cm saja. Selain itu juga bisa dilihat dengan warna cokelat gelap yang mendominasi tubuhnya.

Untuk bagian tubuh yang diselimuti warna cokelat gelap antara lain yaitu pada bagian tubuh bagian atas, kedua sayapnya, atas ekor, kepala, serta pada bagian pipi dekat mata.

Ciri khas burung pelanduk dada putih selanjutnya yaitu warna putih crime yang ada pada bagian bawah tubuhnya yang tepatnya terdapat di dada, perut, tunggir, dan juga pada bagian dagunya.

Untuk paruh burung pelanduk dada putih ini tampak sedikit agak panjang dan kedua kakinya memiliki warna cokelat berpadu merah jambu. Untuk ukurannya juga tampak agak panjang juga.

Suara Burung Pelanduk Dada Putih

Kemudian untuk ciri-ciri suara dari burung pelanduk dada putih ini memiliki suara melengking.

Ciri khas burung pelanduk dada putih juga bisa diamati dari suaranya dengan nada yang tinggi atau keras.

Suara yang dibunyikannya juga selalu berirama menurun mulai dari nada tinggi perlahan turun serta pada akhirnya bisa selesai.

Bunyi kicauannya juga bisa terdengar seperti nada “piiw” yang diulang-ulang serta dilagukan menggunakan tempo yang pendek.

Burung pelanduk dada putih ini juga memiliki kicauan yang merdu dan tak kalah dengan burung kicauan yang lain.

Untuk melestarikannya, sebaiknya jangan merusak habitat burung ini dan jangan melakukan pemburuan liar.

Tinggalkan Komentar