Mengenal Ciri Khas Burung Berkecet Siberia dan Habitatnya

Salah satu jenis burung kicauan bertubuh mungil yang ada di Indonesia yaitu burung Berkecet Siberia. Mungkin masih banyak orang Indonesia yang mengenal jenis burung bertubuh mungil ini. Hal ini disebabkan burung ini termasuk jenis burung migrasi yang berpindah ke berbagai negara di sekitaran Asia Tenggara.

Migrasinya termasuk juga di Indonesia pada waktu negara asalnya akan memasuki musim dingin. Tak hanya itu saja, burung Berkecet Siberia ini juga mempunyai tampilan yang menarik serta memiliki suara kicauan yang tak kalah merdu dengan jenis burung yang lainnya.

Ciri Khas Burung Berkecet Siberia

flickr.com

Burung Berkecet Siberia tergolong merrupakan salah satu jenis burung kicauan yang ukuran tubuhnya lumayan kecil. Ciri khas burung Berkecet Siberia ini dengan panjang hanya sekitar 14 cm saja.

Sedangkan untuk ciri khas burung warna tubuhnya juga ada perbedaan dengan lawan jenis yang sangat mencolok. Warna bulu yang ada di burung jantan terdiri dari tiga jenis. Diantaranya berupa biru tua, hitam, dan putih.

Sedangkan untuk bagian atas tubuhnya dibalut dengan warna biru tua. Yaitu mulai dari kepala, tengkuk, punggung, sayap, dan ekornya. Sedangkan untuk bagian dekat mata, pinggiran sayap, hingga bagian pangkal ekor juga tampak berwarna kehitaman.

Sedangkan ciri khas burung berkecet Siberia selanjutnya dengan adanya warna putih terang tampak jelas menutupi semua area bawah tubuhnya mulai dari tenggorokan, dada, perut, hingga pada bgaian tunggirnya.

Sedangkan untuk burung Berkecet Siberia betina cirinya yaitu adanya warna kecokelatan zaitun pada bagian atas tubuhnya. Yaitu mulai dari bagian kepala, pipi, tengkuk, punggung, sayap, serta di bagian ekornya.

Dan di bagian bawah tubuhnya juga terlihat berwarna cokelat muda atau krim yang membentuk pola seperti sisik pada area dada serta bagian perutnya. Secara bentuk fisik dari jantan dan betina tidak terdapat perbedaan yang mencolok sekali.

Untuk bagian paruh burung Berkecet Siberia hitam yang ukurannya agak panjang dan runcing pada bagian ujungnya. Sedangkan bagian kornya juga berukuran agak panjang tapi tidak dapat mengembang ketika berkicau atau hendak terbang. Lalu pada bagian matanya yang berwarna hitam ukurannya agak besar dan bulat.

Habitat dan Daerah Persebaran

flickr.com

Burung Berkecet Siberia (Luscinia Cyane) ini memiliki habitat asli yaitu di negara Asia bagian timur seperti Siberia, Mongolia Utara, Tiongkok, Korea Utara, dan juga ada di Jepang.

Sedangkan untuk negara yang dijadikan sebagai tempat tujuan migrasi burung mungil ini umumnya yang tidak punya musim dingin yang ditandai turunnya salju.

Dan untuk negara-negara tersebut adalah India, Malaysia, Thailand, Indonesia. Selaij itu juga ada di beberapa negara lainnya yang ada di Asia Tenggara.

Untuk wilayah penyebaran burung Berkecet Siberia ini juga ada di hutan Indonesia pada umumnya menghuni beberapa pulau besar. Misalnya saja seperti Sumatera, Jawa, dan juga di Pulau Kalimantan.

Migrasi Burung Berkecet Siberia

Bermigrasinya burung Berkecet Siberia ke hutan Indonesia pada umumnya berlangsung saat menjelang akhir tahun. Yang mana bertepat di bulan Oktober sampai Maret atau April.

Datangnya jenis burung ini di kawasan Indonesia pada umumnya menghuni area hutan di pegunungan dengan ketinggian dapat mencapai 1800 meter di atas permukaan laut.

Dan ketika mencari makanan di hutan kadang bersama dengan kawanan dalam jumlah kecil dengan mengais dedaunan yang ada di atas tanah untuk menangkap serangga kecil dan juga buah-buahan.

Tinggalkan Komentar