Mengenal Burung White Throated Dipper dengan Kemampuan yang Unik

Jenis burung yang ada di alam ini sangatlah banyak. Merka memiliki karakter, ciri khas, dan keunikan yang bebeda-beda. Salah satu dari jenis burung yang ada di alam ini ternyata ada yang memiliki kemampuan yang unik.

Memang tidak setiap jenis burung memiliki kemampuan berenang serta berjalan di dasar sungai. Akan tetapi, burung unik yang berikut ini justru memiliki kemampuan yaitu dapat melakukan keduanya, bahkan dapat melakukannya di sungai berarus deras sekalipun.

Burung dengan kemampuan yang unik tersebut dinamakan burung White Throated Dipper. Burung ini diketahui sering menghabiskan waktunya untuk bermain-main pada aliran sungai.

Seperti halnya burung cekakak atau tengkek udang, White Throated Dipper ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang banyak menghabiskan waktunya di aliran sungai.

Walaupun jenisnya berbeda, akan tetapi kedua spesies ini mempunyai persamaan. Diantaranya yaitu untuk mencari makanan yang ada di dalam air.

Namun, lain halnya dengan burung cekakak, burung White Throated Dipper ini akan berenang serta berjalan di dasar sungai yang memiliki arus yang deras, yaitu dengan bantuan kaki serta bagian sayapnya.

Daerah Persebaran

White Throated Dipper ini bisa dijumoau di berbagai wilayah, di antaranya Eropa, Asia Tengah, India, dan Timur Tengah.

Perilaku Burung White Throated Dipper

hbw.com

Apabila kebanyakan burung banyak menghabiskan waktunya untuk hinggap di dahan pohon, maka White Throated Dipper justru menghabiskan waktunya untuk mainan air di sungai.

Hal ini disebabkan sarangnya terdapat pada celah-celah bebatuan yang ada di dekat sungai. Burung ini terkadang juga menyusun sarang yang ada di batang pohon yang terbawa arus serta tersangkut di tepian sungai.

Oleh sebab itu, tak heran apabila White Throated Dipper ini memiliki kemampuan berenang dan juga bisa berjalan di aliran sungai yang deras.

Bahkan, White Throated Dipper (Cinclus cinclus) yang unik ini sering kali masuk ke dalam air sungai untuk menyelamatkan diri apabila ada predator yang mau menyerang burung tersebut. Sehingga dengan perilakunya yang unik ini, para predator akan merasa kesulitan untuk menyerang jenis burung ini.

Sebab perilaku uniknya, White Throated Dipper ini dijuluki sebagai burung akuatik. Bahkan untuk spesies ini juga sering mencari pasangan yang ada di sekitar sungai.

Selanjutnya burung-burung tersebut akan membuat dan menyusun sarang yang ada di celah-celah batu yang ada di dekat sungai,. Terkadang juga membuat sarang pada batang pohon yang terbawa arus.

Dan pada saat dirinya merasa terganggu, maka burung ini akan segera masuk ke dalam air untuk mencari keselamatan terhadap gangguan yang menyerangnya tersebut.

White Throated Dipper ini memiliki perilaku yaitu sangat gemar menghabiskan waktunya dengan bertengger di atas bebatuan yang ada di pinggir dan juga di tengah sungai.

Perilakunya pada waktu mencari makanan ini juga bisa dikatakan mirip dengan tengkek udang yang menceburkan tubuhnya ke dalam air untuk menangkap mangsanya seperti ikan.

Keunikan Burung White Throated Dipper

hbw.com

Keunikan jenis burung ini yaitu dia akan tetap terlihat santai meskipun aliran air sungai yang cukup deras. Burung ini justru tetap asyik untuk mencari ikan-ikan kecil.

Tak hanya itu saja, burung ini juga sering menceburkan diri ke dalam aliran sungai sambil berjalan-jalan pada dasar sungai tersebut. Meskipun tubunya sempat terseret aliran sungai, burung ini akan tetap menerjang derasnya air sungai.

Kemampuan yang dimiliki oleh burung White Throated Dipper ini tidak hanya berenang saja. Akan tetapi, burung ini juga memiliki suara kicauan yang terdengar cukup merdu.

Kicauan yang dikeluarkan ini digunakan untuk memikat pasangan. Burung ini juga akan menari untuk memikat calon pasangannya agar terpukau.

Tinggalkan Komentar