Mengenal Burung Blue Jay Dengan Perilakunya yang Unik

Burung Blue Jay termasuk jenis burung yang memiliki ciri fisik unik. Blue jay masuk dalam keluarga burung gagak, burung raven serta burung magpie. Dari keluarga burung itu cirinya punya jambul.

Di antara burung-burung itu, burung jay punya ukuran terkecil dan warna bulu yang terang. Habitatnya berada di Amerika Utara, khususnya Amerika Serikat serta Kanada. Banyak perilaku unik dari blue jay ini.

Diantaranya yaitu suka mencuri pakan burung lain, mencuri telur serta piyik burung lain. Burung ini juga pintar menirukan suara burung lain, dan bahkan dapat membangun lumbung pakan bijian di dalam tanah.

Habitat burung jay yaitu berada di daerah berpohon. Namun, sebagian dari mereka berurbanisasi serta tinggal di taman kota. Sebagian dari mereka yaitu burung penyanyi dan kerap tampak berkelompok pada waktu musim kawin.

Burung jay termasuk hewan omnivora. Burung ini juga suka memakan buah pala, buah jati belanda, biji-bijian, serangga dan juga amfibi kecil.

Species Burung Blue Jay

Burung Blue Jay
Burung Blue Jay

Terdapat beberapa spesies burung jay di Eurasia. Untuk penyebarannya yang paling luas yaitu burung jay Eurasia (Garrulus glandarius). Yang mana bisa dijumpai di seluruh daerah subtropik di Eropa serta Asia.

Spesies ini punya banyak variasi pada warna bulunya, mulai dari abu-abu sampai dengan warna cokelat. Cirinya dengan torehan warna putih serta hitam di bagian ekornya.

Pada seluruh Varietas itu punya persamaan dalam warna sayap yaitu biru serta hitam. Ukuran jenis burung jay ini, panjangnya kurang lebih 33 hingga 36 cm.

Kemudian untuk burung jay Amerika sebagian besar hidup di daerah tropis. Dari Meksiko ke selatan sampai diAmerika Selatan.

Ciri Fisik Burung Blue Jay

Jika diamati dari bagian fisik, burung blue jay mempunyai penampilan yang cantik. Lain halnya dengan burung cililin yang punya penampilan gagah atau elegan.

Warna bulunya sebagian juga berwarna biru, dengan variasi hitam dan putih yang ada di beberapa bagian tubuh lainnya.

Akan tetapi warna biru yang teramati secara visual ini sesungguhnya karena efek melanin dari pantulan cahaya pada sel-sel tubuhnya.

Karena, warna aslinya yaitu cokelat seperti pada beberapa spesies burung tangkar di Indonesia. Tak hanya warna kebiruan, ciri khas lain pada burung ini yaitu tambahan jambulnya yang khas.

Tubuhnya berukuran sedikit lebih kecil dari keluarga gagak-gagakan, dengan panjang kurang lebih sekitar 22-30 cm.

Sebenarnya burung ini termasuk penghuni hutan. Namun, mereka bisa beradaptasi seperti halnya burung-burung khas Amerika Utara lainnya.Tidak bisa dipungkiri apabila burung blue jay gampang dijumpai pada pekarangan rumah-rumah warga di Amerika Utara.

Perilaku Unik Blue jay

Perilaku Unik Blue jay
Perilaku Unik Blue jay

Burung ini dikenal juga punya hubungan sosial yang bisa dikatakan kompleks serta memiliki ikatan kekeluargaan yang ketat. Mereka juga dikenal punya kecerdasan serta beberapa keunikan.

Seperti halnya apabila dipelihara dalam sangkar. Selanjutnya makanan diletakkan pada bagian luar sangkar. Lalu di dalam sangkar kita bisa taruh lidi. Burung dapat memakai kaki atau paruhnya untuk “memegang” lidi, yang dipakai di dalam mengais pakan yang ada di luar sangkar.

Tampilannya memang sangat cantik, namun blue jay punya kelakuan yang tidak baik. Diantaranya burung ini gemar mencuri pakan milik burung lain. Tidak hanya sekadar pakan, burung keluarga gagak gagakan ini juga mencuri telur dari sarang spesies burung lain.

Terkadang juga mau menculik anakan / piyikan yang sedang berada di sarang. Pakan utamanya yaitu berupa bijian, dengan selingan serangga kecil. Namun kelakuan burung blue jay mencuri telur dan piyik burung lain menjadikan penasaran para peneliti dan ahli burung.

Tinggalkan Komentar