Manfaat Tulang Sotong Untuk Burung Kenari Peliharaan

Burung kenari termasuk salah satu jenis burung kicau yang banyak ditangkarkan. Di dalam penagkaran para penangkar kenari biasanya memberikan asinan tulang sotong sebagai tambahan guna kebutuhan gizi.

Makanan tambahan berupa tulang sotong sebenarnya tidak termasuk tulang, akan tetapi lebih pasnya yaitu cangkang dari binatang laut sejenis cumi-cumi. Tulang sotong warnanya putih, dan pada umumnya gampang dijumpai di daerah pesisir pantai.

Sebab banyak cumi yang terdapar pada saat air laut sedang pasang, dengan demikian meninggalkan bekas berupa tulang sotong.

Tulang Sotong biasa juga disebut dengan asinan adalah tulang hewan laut yang ternyata memiliki manfaat besar untuk burung kicauan khususnya kenari.

Meskipun ini dinamakan tulang, namun teksturnya tidak seperti tulang. Hanya keras tipis dan juga bisa dihaluskan. Harga dari asinan tulang sotong ini jika dijual di pasaran juga sangat murah.

Pada umumnya di jual di toko burung hanya dengan harga Rp 1000 saja per potong. Akan tetapi, manfaat asinan ini sangat banyak dan sudah terbukti.

Banyak para pecinta burung kicauan memanfaatkan asinan tulaang sotong ini untuk mendukung kesehatan burung kenari yang dipeliharanya.

Manfaat Tulang Sotong Untuk Burung Kenari

Manfaat Tulang Sotong Untuk Burung Kenari
Manfaat Tulang Sotong Untuk Burung Kenari

Manfaat tulang sotong untuk burung kenari sangatlah banyak, sebab pada tulang sotong terdapat kandungan kalsium, yodium, dan juga terdapat kandungan mineral yang tinggi.

Yang pastinya sangat bermanfaat bagi burung kicau terutama kenari. Sama halnya seperti manfaat daun mengkudu untuk kenari, tulang sotong juga bermanfaat guna membantu sistem pencernaan yang ada pada tubuh kenari.

Khususnya jika kenari memakan biji-bijian bersama kulitnya, maka tulang sotong bisa untuk membantu melembutkan kulit dari biji-bijian yang dimakannya.

Kandungan kalsium yang tinggi pada tulang sotong pastinya juga bermanfaat di dalam memperkuat tulang. Bisa juga untuk memperkuat rahang serta untuk mengasah paruh burung kenari.

Sangat baik diberikan untuk kenari muda, kenari dewasa atau untuk kenari juara. Mengetahui kandungan kalsium yang terdapat pada tulang sotong, maka bisa memaksimalkan pertumbuhan maupun perkembangan tulang serta kesehatan kenari.

Selalu sediakan makanan tambahan ini dalam kandang kenari. Nah, berikut ini manfaat tulang sotong untuk burung kenari;

  • Tulang sotong dapat melancarkan pencernaan kenari dewasa, remaja dan anakan.
  • Membantu menguatkan paruh
  • Memaksimalkan pertumbuhan tulang dan menguatkan tulang-tulang kenari anakan ataupun dewasa
  • Baik dalam pembuatan cangkang telur baru terutama untuk Kenari betina yang diternak.
  • Menjadikan kenari lebih bergairah untuk gacor atau rajin berkicau.

Cara memberikan Asinan Tulang Sotong di Burung Kenari

Pemberian Tulang Sotong pada Kenari
Pemberian Tulang Sotong pada Kenari

Untuk memberikan tulang sotong pada burung kenari peliharaan anda caranya memang cukup mudah.Tempatkan tulang sotong pada sangkar Kenari dengan cara menggantungnya pada bagian dinding sangkar.

Anda bisa melubangi sedikit asinan tersebut, selanjutnya ikatlah menggunakan kawat halus pada jeruji sangkar. Untuk peletakan yang bagus pas tepat di atas tangkringan.

Peletakannya juga jangan terlalu tinggi agar burung kenari tak sering merayap pada jeruji kandang. Biasanya burung kenari tidak langsung suka memakannya, akan tetapi perlu waktu agar kenari mau menyantapnya.

Selain digantung bisa juga menggerus asinan itu dengan sendok. Sesudah berbentuk butiran halus kita dapat memindahkannya pada wadah pakan Kenari.

Tapi sebaiknya jangan dicampur dengan pakan bijian. Agar kenari kita tak berlebihan di dalam makan asinan tersebut. Sebab jika terlalu banyak makan tulang sotong tidak baik juga untuk kesehatan burung kenari peliharaan anda.

Tinggalkan Komentar