Manfaat Air Garam Untuk Lovebird Ngekek Panjang

Lovebird merupakan jenis burung paruh bengkok yang sampai sekarang ini banyak dipelihara bahkan dijadikan sebagai burung andalan pada saat lomba. Bulunya yang indah dan suaranya yang merdu, lantang dan juga bervariasi semakin menjadikan burung ini banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan.

Untuk menjadikan lovebird peliharaannya menjadi jawara, berbagai inovasipun selalu datang guna memperoleh hasil yang maksimal. Seperti halnya pada perwatan yang dilakukan oleh pemelihara lovebird yang sudah bisa menjadikan burung peliharaan itu menjadi burung jawara.

Salah satu cara untuk membuat lovebird menjadi jawara yaitu dengan memberikan air garam. Ternyata ada beberapa manfaat air garam untuk Lovebird.

Manfaat Air Garam Untuk Lovebird

Manfaat Air Garam Untuk Lovebird
Manfaat Air Garam Untuk Lovebird

Menurut penduduk yang ada di Eropa yang hobi dalam memelihara burung. Manfaat air garam untuk lovebird yaitu membantu burung di dalam mencukupi kebutuhan mineral yang ada di dalam tubuhnya.

Seperti yang telah diketahui bersama, sodium atau natrium (Na) serta klorida (Cl) yang terkandung pada garam dapur tidak hanya berfungsi menjadi penambah citarasa makanan maupun pakan burung.

Akan tetapi juga begitu penting untuk mengatur keseimbangan cairan yang ada pada tubuh. Selain itu juga melancarkan proses transmisi saraf serta kerja otot.

Tak hanya itu saja, garam juga punya banyak manfaat yang sangat baik untuk Lovebird. Manfaat ini hanya bisa dibuktikan apabila porsinya pas, tidak begitu sedikit atau begitu banyak.

Harus anda ketahui, pemberian garam pada Lovebird sebaiknya jangan anda lakukan setiap hari. Akan tetapi hanya 1-2 kali dalam seminggu.

  • Garam menjadi sumber mineral yang diperlukan Lovebird.
  • Lovebird akan menjadi bertambah aktif, tidakakan mudah lemas, terlihat letih atau lesu.
  • Lovebird menjadi lebih rajin berkicau.
  • Bisa juga untuk mengobati Lovebird yang selalu lemas atau malas-malasan berkicau.
  • Garam bisa mengatasi masalah kebotakan di Lovebird.
  • Air garam dapat menambah daya tahan Lovebird pada perubahan cuaca.
  • Garam Bisa menstabilkan birahi Lovebird.

Cara Pemberian Garam Untuk Lovebird

Cara Pemberian Garam Untuk Lovebird
Cara Pemberian Garam Untuk Lovebird

Pagi hari dianginkan lalu dijemur hanya beberapa menit sesuai cuacaMandikan dengan semprot sprey tapi tidak terlalu basah, bersihkan sangkarnya dengan shampo. Angin anginkan lalu beri menu harian millet putih tanpa ada campuran.

Di dalam keseharian digantung biasa tanpa krodong di campur dengan burung lainnya. Di dalam merawat lovebird menjelang Lomba atau digantang cukup disiapkan pada saat satu hari menjelang lomba atau pada hari sabtu jika dimainkan pada hari minggu.

Penyajian garam pada Lovebird dapat anda lakukan dengan cara menambahkan sedikit garam pada pakan biji-bijian Lovebird.
Frekuensi pemberian garam cukup 1sampai 2 kali dalam satu minggu dan porsinya sedikit saja.

Air garam dapat dipakai untuk mencuci buah dan sayuran yang akan diberikan ke Lovebird. Manfaat air garam untuk lovebird selain menghilangkan sisa-sisa pestisida, air garam yang menempel pada buah dan sayur akan turut dikonsumsi Lovebird.

Pencucian air garam cukup 5 sampai dengan waktu 10 menit saja.
Bisa juga dengan mencampur sedikit garam pada cepuk air minum Lovebird. Lovebird jawara juga mengonsumsi air garam, namun hanya H-1 sebelum lomba.

Sesudah event lomba juga tidak ada perawatan khusus untuk lovebird, hanya saja kandang dibersihkan dengan sebersih mungkin dengan kanebo.

Setelah itu kembalikan lagi pada menu asal yakni hanya milet putih, dan air minum berikanlah air mineral seperti air minum biasa dan kemudian digantung tanpa harus dikrodong.

Tinggalkan Komentar