Karakteristik Cenderawasih Panji King of Saxonyi dan Habitatnya

Perlu anda tau jika banyak sekali spesies dalam keluarga Paradisaeidae, atau lebih dikenal dengan bird of paradise. Kurang lebih ada 13 Genus dari burung-burung ini dan yang paling populer yaitu anggota genus Paradisaea.

Di Indonesia kita sering menjulukinya dengan burung cendrawasih. Burung ini memiliki ciri ciri yaitu dengan warna yang mencolok dan cerah. Biasanya bulunya berwarna kuning, biru, merah, dan hijau.

Dengan warna-warna cantik tersebut, mereka menjadi burung paling indah dan menarik di dunia, maka dari itu dijuluki sebagai burung dari surga.

Burung cendrawasih juga sering dijumpai di Papua atau Papua Nugini dan pulau-pulau sekitarnya, seperti halnyaAustralia Timur.

Akan tetapi adanya burung ini jum;ahnya terus berkurang seiring dengan banyaknya perburuan liar yang tidak bertanggung jawab.

Daerah persebaran burung cantik ini berada di seluruh rimba sisi utara Papua Nugini, dan juga di pulau-pulau di dekat Misool serta Yapen.

Cenderawasih Panji King of Saxonyi

Cenderawasih Panji King of Saxonyi
Cenderawasih Panji King of Saxonyi

Cenderawasih Panji merupakan poligami spesies. Yang mana burung yang berjenis kelamin jantan akan memikat pasangan dengan cara memakai bulu mantel serta ke dua kawat di kepalanya untuk digunakan sebagai ritual tarian.

Jenis burung Cenderawasih Panji King of Saxonyi ini berkembangbiak di sepanjang musim. Dan untuk puncaknya dari bulan Juli hingga pada bulan Februari.

Burung jantan ini juga menarik pasangan dengan cara berkicau pada sebuah dahan yang tinggi.

Jika tampak ada burung betina yang mendekat, maka pejantan selanjutnya akan turun ke permukaan tanah dan mempertunjukkan gerakan yang untuk untuk bisa menarik perhatian pasangan.

Dan sesudah itu, cenderawasih yang jantan selanjutnya akan meninggalkan betina dan akan mencari pasangan yang lain lagi. Burung betina nantinya juga akan menetaskan serta mengasuh anak burung sendiri.

Ciri Ciri Cenderawasih Panji King of Saxonyi

Ciri Ciri Cenderawasih Panji King of Saxonyi
Ciri Ciri Cenderawasih Panji King of Saxonyi

King of Saxonyi juga temasuk sejenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang sekitar 22cm. Ciri khasnya yaitu kawat bersisik biru-langit mengilap seperti panji yang panjangnya hingga mencapai 40cm.

Bahkan bagian tersebut bisa ditegakkan pada waktu memikat betina. Oleh sebab itu burung ini dimakan dengan burung Cendrawasih Panji.

Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung yang warnanya hitam. Pada bagian iris mata berwarna coklat tua.

Sedangkan pada bagian kaki berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut.

Sedangkan untuk ciri ciri Cenderawasih Panji King of Saxonyi yang jenis kelaminnya betina berwarna abu-abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap.

Betina juga memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung jantan dan tanpa dihiasi dengan mantel atau bulu kawat hiasan.

Daerah penyebarannya juga berada di hutan pegunungan yanga ada di pulau Irian.

Habitat dan Pakan Cenderawasih Panji King of Saxonyi

Jenis Burung ini pada umumnya akan bertempat di hutan berlumut. Selain itu juga sering terlihat berada tepi hutan pegunungan tinggi pada rentang ketinggian antara 1500 – 2850 m.

Burung cenderawasih panji ini juga gemar memakan buah dan serangga di kulit kayu. Dan terkadang juga terlihat memangsa laba-laba.

Untuk burung yang berjenis kelamin betina sering terlihat di tepi hutan, berbeda dengan burung jantan dewasa yang hampir tidak pernah teramati di tepi hutan.

Untuk yang berjenis kelamin jantan berkicau dari dahan besar di kanopi hutan yang tinggi. Bulu kepala jantan juga bisa digerakkan tegak lurus dan juga pada segala arah.

Tinggalkan Komentar