Jenis MakananTambahan Burung Serindit Agar Tambah Gacor

Burung Serindit merupakan jenis burung paruh bengkok kecil yang pada saat ini mulai banyak digemari oleh banyak pecinta burung kicauan yang ada di seluruh indonesia.

Suara kicaiuannya yang terdengar mendencing diimbangi dengan crecetan khas burung paruh bengkok tersebut dapat menarik perhatian siapa saja yang mendengarnya agar bisa segera memiliki burung serindit ini dirumahnya.

Entah itu dipelihara untuk dijadikan masteran ataupun untuk memancing jenis burung lain berbunyi.

Burung Serindit memisudah popular dengan suara kicauan yang penuh dengan dencingan. Akan tetapi untuk suara dencingan serindit terkadang terdengar agak aneh.

Namun apabila sudah terbiasa mendengar suara dencingan burung serindit, maka akan bisa terdengar dengan lebih merdu.

Makanan Tambahan Burung Serindit

Makanan Tambahan Burung Serindit
Makanan Tambahan Burung Serindit

Burung serindittermasuk jenis burung yang gampang di dalam pemeliharaannya. Sebab burung ini cepat beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Akan tetapi di dalam membuat burung ini agar bisa rajin bunyi, masalah pakan supaya benar-benar diperhatikan, entah itu dari segi kuantitas, kualitas, serta dari keragamannya.

1. Biskuit Bayi

Aneka makanan bayi seperti bubur, sereal, serta biskuit bayi dapat anda berikan sebagai makanan tambahan burung serindit.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat menjadikan burung serindit ini menjadi lebih aktif dan juga bisa rajin di dalam berbunyi.

Cara pemberian pakan burung serindit ini juga bisa bervariasi, ada yang pemberiannya dicampur terlebih dulu dengan menggunakan air sampai bisa menjadi bubur, atau bisa juga diberikan dalam bentuk remahan yang masih renyah.

2. Buah-buahan yang manis

Buah Untuk Serindit
Buah Untuk Serindit

Burung serindit juga suka sekali dengan buah-buahan yang rasanya manis. Kandungan gula yang ada dari buah-buahan ini tinggi sekali dan akan memberikan energi yang cukup untuk burung serindit di dalam beraktivitas di sepanjang harinya.

Ada beraneka macam buah yang dapat anda berikan kepada burung serindit supaya bisa rajin bunyi. Contohnya saja seperti buah pepaya, mangga, pisang, semangka, dan lain sebagainya.

Namun sebelum anda memberikannya, sebaiknya buah-buahan tersebut direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air garam.

Hal ini dilakukan sebab tujuannya untuk membuang sisa-sisa toksin dan juga sisa pestisida yang pada umumnya menumpuk jika kita membeli buah-buahan tersebut di pasar.

Maka sebelum akan diberikan, buah-buahan itu harus ditiriskan lebih dahulu.

Tak hanya itu saja, sisa-sisa air rendaman garam yang menempel di buah-buahan itu dapat dijadikan sebagai penambah daya yang bisa menjadikan burung semakin aktif dan bisa menjadikannya lebih rajin berkicau.

3. Nektar dan air gula

Nektar atau sari bunga merupakan cairan yang memiliki rasa manis kaya gula yang ada dalam bunga dan juga tumbuhan. Nektar juga dapat diperoleh dalam bentuk serbuk yang banyak dijual di pasar maupun di kios burung.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menjadikan nektar buatan dengan cara mencampurkan air putih dan juga gula (perbandingan 1:4). Supaya hasilnya bisa maksimal, berikan nektar 2-3 kali seminggu, anda bisa memberikannya ketika pagi hari.

4. Polen atau serbuk sari

Polen juga berasal dari bunga dan tumbuhan. Makanan tambahan burung serindit berupa polen ini berbentuk seperti serbuk atau tepung. Polen juga kera dinamakan dengan superfood, sebab memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Pada umumnya polen diberikan dengan cara dicampurkan bersama dengan pakan bijian, atau ditempatkan pada cepuk pakan yang terpisah.

5. Sayuran yang segar

Sayur-sayuran yang masih segar sebaiknya selalu anda siapkan setiap hari untuk makanan tambahan burung serindit kesayangan Anda.

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk menjaga kondisi tubuh burung agar tidak gampang terserang penyakit. Anda bisa memberikan tomat, wortel parut, jagung muda, kangkung, serta tauge.

Tinggalkan Komentar