Jenis Burung Kancilan dan Daerah Persebarannya

Dari banyaknya jenis burung kicauan yang ada di Indonesia, ada salah satu burung yang unik yaitu burung kancilan. Burung kancilan atau whistler bird termasuk jenis burung penyanyi dari keluarga Pachycephalidae.

Burung dari keluarga ini memiliki ciri khas yaitu berkepala tebal. Ini semua mengacu pada morfologi burung kancilan yang sebagian besar memiliki ciri –ciri dengan bentuk kepala besar dan bulat.

Walaupun postur tubuhnya dinilai relatif kecil, akan tetapi sebagian besar spesies burung kancilan ini punya suara kicauan yang cukup lantang, salah satunya diantaranya yaitu burung samyong.

Daerah Persebaran Burung Kancilan

Penyebaran burung kancilan ini sebelumnya dinyatakan hanya ada di wilayah Australasia saja. Diantaranya berada di Benua Australia, Indonesia, serta di Papua Nugini.

Pada perkembangannya, burung ini selanjutnya menjelajah sampai pada wilayah barat Filipina dan ke arah timur menuju pulau-pulau yang ada di Samudera Pasifik.

Ciri Khas Burung Kancilan

Burung yang terdiri dari berbagai jenis ini punya ciri khas yaitu suara cukup merdu dan berirama. Suara kicauannya sudah banyak dikenal oleh penduduk yang selama ini tinggal di pedesaan atau pinggiran hutan.

Jenisnya yang banyak dijumpai dan juga sudah banyak dipelihara para kicaumania yaitu jenis burung kancilan bakau (Pachycephala grisola), kancilan emas dan juga burung kancilan flores (Pachycephala nudigula)

Kesemua jenis burung tersebut merupakan dalam keluarga Pachycephalidae yang punya postur tegap serta bagian paruh pendek yang tebal dan kuat. Untuk bagian kepala cenderung bulat dan juga besar.

Sebagian besar spesies punya tubuh berwarna abu-abu, cokelat dan juga merah-karat. Namun terdapat beberapa jenis yang mempunyai warna-warna yang cerah. Misalnya saja seperti kancilan emas dan juga kerabat terdekatnya.

Tak hanya itu saja, beberapa jenis burung kancilan juga punya racun yang ada dalam tubuhnya. Khususnya burung yang merupakan genus Pitohua.

Burung-burung itu punya racun di dalam tubuhnya yang sangat bermanfaat dalam mencegah parasit serta mencegah hewan predator untuk memangsa mereka.

Jenis Burung Kancilan

Sebagian besar burung kancilan punya suara kicauan yang lantang. Karena kicauannya yang lantang maka burung ini banyak dijadikan sebagai masteran bagi burung kicauan jenis lainnya seperti halnya cucak hijau atau murai batu. Berikut ini jenis burung kancilan yang perlu anda ketahui.

Burung kancilan Emas

Burung kancilan topeng emas atau goldenface adalah jenis burug kancilan yang termasuk burung endemik dari Papua. Spesies serta subspesies burung ini hanya bisa dijumpai di pegunungan-pegunungan yang pada pulau tersebut.

Kancilan emas atau burung bimoli termasuk salah satu burung kicau yang dijualbelikan di pasar burung di indonesia. Walaupun jarang di ikut sertakan pada event perlombaaan.

Namun suara kicauannya yang bervariasi itu telah dipopulerkan oleh burung kicau lainnya. Tak hanya punya suara merdu, ternyata burung ini juga punya suara lantang.

Burung Kancilan Bakau

Burung kancilan bakau merupakan jenis burung kancilan yang paling banyak dijumpai di pasar burung dari pada dengan jenis burung kancilan lainnya.

Daerah persebaran burung kancilan bakau dikenal cukup luas. Dengan demikian di beberapa daerah punya julukan yang berbeda-beda.

Kancilan Kalimantan

Kancilan kalimantan / borneon whistler termasuk jenis burung kecil memiliki ukuran dengan panjang tubuh kurang lebih sekitar 14 cm. Adapun warna bulunya yaitu hijau-zaitun, kekang hitam, serta untuk tubuh bagian bawah yang berwarna kuning.

Untuk burung betina, bagian dada serta bagian tenggorokan berwarna lebih zaitun. Dinamakan kancilan kalimantan sebab burung burung endemik di Kalimantan.

Tinggalkan Komentar