Inilah Perbedaan Burung Edel Sanger Jantan dan Betina

Edel Sanger (Serinus Leucopygius) termasuk salah satu burung kicauan yang memiliki suara kicauan yang khas dan juga termasuk keluarga jenis burung kenari.

Para pecinta burung kicauan selain menangkarkan burung edel sanger, atau menikmati suara edel sanger, mereka juga menggunakan suara burung edel sanger ini untuk memaster burung kenari.

Tujuan memaster burung kenari dengan suara burung edel sanger ini agar kenari mampu ngerol seperti halnya burung edel sanger.

Edel sanger juga punya tampilan yang mirip dengan jenis burung import blacktroath. Namun untuk perbedaanya edel sanger ini tidak mempunyai warna kuning di atas ekor.

Selanjutnya pada bagian dadanya lebih terlihat ke abu-abuan. Lain halnya dengan blacktroath yang lebih cenderung hitam di bagian dada dan juga bagian lehernya.

Apabila dilihat dari sisi penampilan, burung yang memiliki nama latin Serinus leucopygius ini memang kurang terlihat begitu menarik jika dibandingkan dengan burung kenari atau burung finch.

Akan tetapi soal kicauan, burung ini memiliki kualitas yang mumpuni. Tak heran jika ia pun dijuluki sebagai salah satu burung kicauan yang paling melodius di dunia.

Perbedaan Edel Sanger Jantan dan Betina

Perbedaan Edel Sanger Jantan dan Betina
Perbedaan Edel Sanger Jantan dan Betina

Untuk anda yang ingin memelihara burung ini, biasanya akan menjumpai berbagai macam kendala di awal. Antara lain yaitu mengetahui perbedaan edel sanger jantan dan betina.

Memang untuk membedakan kelamin burung ini sangat sulit. Hal ini disebabkan spesies ini termasuk burung bertipe monomorfik seksual.

Jadi penampilan antara sanger jantan dengan betina mirip sekali dan nyaris tak ada bedanya.

Untuk para pecinta edel sanger yang sudah berpengalaman bisa membedakan jenis kelamin burung ini melalui suara kicauannya.

Sebab hanya burung sanger yang berjenis kelamin jantan yang memiliki kicauan yang bervariasi. Kemudian untuk burung sanger betina hanya mempunyai suara panggilan yang hanya terdengar monoton.

Berikut ini perbedaan edel sanger jantan dan betina.

Ciri Edel Sanger Jantan

Ciri Edel Sanger Jantan
Ciri Edel Sanger Jantan
  • Bagian dada lebih ada bercak hitamnya sedikit dan dada cenderung abu-abu condong ke putih.
  • Melihat corak warna putih yang ada di bagian bawah paruhnya. Sebab bercak putih ini akan tampak jelas pada burung sanger jantan.
  • Lalu bercak putih juga dapat tampak pada saat burung sanger jantan mengembangkan tenggorokannya ketika berkicau.
  • Bulu di bagian dada terdapat bercak hitamnya lebih sedikit, warna dada dominan abu-abu putih.
  • Pada bagian atas mata seperti ada bulu-bulu warna putih atau cerah tidak abu-abu gelap
  • Suara burung edel sanger yang jantan lebih variatif ngerolnya lebih panjang dan lebih lantang

Ciri Edel Sanger Betina

  • Untuk burung edel sanger yang betina pada bagian dada cenderung berwarna abu-abu gelap
  • Kemudian pada bagian atas mata ada bulu-bulu yang tumbuh bewarna abu-abu gelap
  • Suara burung betina juga terdengar cuit-cuit dan juga kurang terdengar variatif.
  • Atas mata bulu-bulunya yang tumbuh tampak berwarna abu-abu hitam
  • Burung edel sanger betina akan berbunyi pada waktu yang Eksklusif, misalnya saja ketika dalam kedaan birahi.
  • Edel Sanger betina pada waktu birahi juga dapat berbunyi dengan sangat nyaring, walaupun tak ngerol sepanjang burung sanger yang berjenis kelamin jantan
  • Suara betina betina ngerolnya cuit-cuit serta kurang terdengar variatif, yang membuat anda mempermudah membedakan jenis kelaminnya . Karena ketika birahi burung betina juga bisa ngerol berkepanjangan.
  • Banyak yang mengatakan jika burung edel sanger betina tak bisa bunyi itu disorientasi, memang sanger betina bisa bunyi di saat-saat Eksklusif

Tinggalkan Komentar