Inilah 7 Cara Membersihkan Sangkar Burung Agar Bersih dan Bebas Bau

Setiap orang pasti menginginkan agar dirinya selalu berada dalam lingkungan yang bersih dan sehat. Hal ini memang jadi naluri manusia yang ingin memiliki tempat hidup layak. Tapi apakah naluri ini hanya dimiliki manusia saja? Jawabannya tentu tidak. Pasti semua makhluk hidup ingin tempat hidup yang layak, mulai dari kebersihan sampai kelayakan tempat hidupnya. Hanya saja mereka tidak bisa mengutarakan apa yang diinginkan.

Seperti burung, tentunya jika mereka dirawat di dalam sangkar, burung menginginkan kondisi sangkar yang bersih dan sehat. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana cara membersihkan burung agar terbebas dari bau, kotoran, jamur dan kondisi burung selalu terjaga dengan baik di dalamnya.

Jadi, bagi anda yang memelihara burung, anda harus memastikan untuk membersihkan sangkar burung secara rutin. Supaya burung merasa nyaman hidup di dalamnya.

7 Cara Membersihkan Sangkar Burung yang Benar

kangyan – WordPress.com

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membersihkan sangkar burung yang benar, di bawah ini akan kami uraikan mengenai tata caranya. Untuk itu, simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Bersihkan Sangkar Dari Kotoran

Kotoran burung yang lama tidak dibersihkan tentu akan mengering dan membatu. Pastinya anda akan sulit membersihkan kotoran bila hanya diguyur dengan air. Anda harus menyikat kotoran burung menggunakan sikat gigi bekas atau pakai sikat kecil lainnya.

Bila kotoran burung sudah disikat, anda kemudian dapat membilas menggunakan air. Meskipun sangkar burung telah terlihat bersih, namun anda harus membersihkannya dengan sabun cuci piring. Dengan menggunakan sabun tersebut maka kuman, bakteri, virus dan berbagai penyakit yang ada di bekas kotoran sangkar burung bisa hilang sempurna.

Jangan lupa pula anda harus membersihkan bagian tenggeran burung. Sebab bagian kaki burung yang biasa tertempel kotoran dan menempel di tenggeran. Hal ini bisa menyebabkan kuman dan bakteri ikut menempel juga jika tangkringan tidak dibersihkan, kaki burung juga bisa terkena penyakit.

Jika ingin cara yang sederhana untuk membersihkan sangkar burung, maka di bagian alas sangkar bisa diberi karpet atau koran. Sehingga anda cukup mengeluarkan koran yang sudah kotor dan menggantinya dengan yang baru. Bila memasang karpet, anda cukup bersihkan karpet nya, jadi proses pembersihannya lebih praktis.

2. Menghilangkan Bau Sangkar Burung

Terkadang sangkar burung yang sudah lama tidak dibersihkan bisa meninggalkan bau yang menyengat atau tidak sedap. Maka jalan keluarnya, sangkar burung harus dibersihkan menggunakan cara alami supaya bau tidak sedap pada sangkar bisa hilang.

Adapun cara yang dapat digunakan untuk membersihkan sangkar burung adalah memakai air jeruk. Air jeruk dinilai sangat ampuh untuk membasmi kuman penyakit. Selain itu juga bisa membuat sangkar burung terbebas dari bau dan tampak seperti baru.

Sebenarnya cara untuk mengaplikasikan air jeruk ke dalam sangkar agar sangkar bebas bau sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan 2 buah jeruk nipis lalu iris jeruk nipis jadi beberapa potong.

Selanjutnya tinggal peras jeruk lalu ambil airnya dan dicampurkan ke dalam gelas yang sudah terisi dengan air hangat. Jika sudah tercampur, masukkan 2 sendok teh baking soda ke dalam larutan air jeruk yang ada di gelas tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur, lalu tuang ke dalam semprotan.

Selanjutnya semprot ramuan air kedalam bekas kotoran yang menempel pada sangkar. Seperti di tenggeran, alas sangkar, jeruji, dan tempat pakan minum. Jika sudah selesai tunggu supaya ramuan bekerja. Terakhir tinggal bilas kandang dengan air bersih dan dijemur dibawah sinar matahari sampai kering.

3. Membersihkan Tempat Pakan dan Minum

olx.co.id

Biasanya wadah pakan dan minum yang ada di sangkar burung sering berjamur. Hal ini karena sering kecipratan air dan juga tercampur dengan kotoran burung. Untuk membersihkannya sangat mudah, tinggal memakai spon dan juga sabun cuci piring.

Jika sudah dibersihkan menggunakan spon dan juga sabun cuci piring, maka bilas menggunakan air hangat atau bisa juga dengan air panas. Jika sudah bersih tinggal keringkan tempat pakan dan minum di bawah sinar matahari, tetapi jangan terlalu lama cukup sebentar saja.

4. Membuat Sangkar Bersih dan Bebas Jamur

Jika anda memiliki sangkar burung yang terbuat dari bahan kayu tentu akan mudah sekali jamuran dan tampak bercak-bercak putih. Agar dapat menghilangkannya, anda bisa memakai bahan alami seperti biji kemiri.

Cara penggunaannya sangat mudah. Tinggal membakar biji kemiri hingga keluar minyaknya. Lalu hasil dari pembakaran biji kemiri tadi dimasukkan ke dalam kain yang bisa menyerap air. Selanjutnya digosok pada permukaan sangkar kayu hingga rata.

Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menumbuk biji kemiri sampai halus. Kemudian dibungkus dengan kain, kaos atau kasa. Selanjutnya dilihat atau digosokkan di permukaan sangkar kayu yang terkena jamur.

Jika semua sudah digosok, anda tinggal membersihkannya dengan air dan di lap menggunakan kain bersih. Lalu dikeringkan sebentar di bawah sinar matahari.

5. Cara Agar Sangkar Bersih Dari Karat

Selain dari kayu, sangkar burung juga sering dibuat dengan menggunakan bahan berupa besi dan metal. Sangkar yang terbuat dari kedua bahan ini seringkali terjadi karatan bila dipakai dalam waktu lama. Sebenarnya sangkar berkarat adalah tanda bahwa sangkar harus segera dicat lagi supaya tampak seperti baru.

Tapi sebenarnya ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk membersihkan karat yang ada pada sangkar burung, yaitu menggunakan asam sitrat. Sangkar burung yang terkena karat dapat dibersihkan dengan asam sitrat. Caranya ditaburkan di bagian sangkar yang berkarat.

Bila ternyata yang berkarat adalah bagian jerujinya, maka asam sitrat dapat ditempatkan di wadah dan ditambah dengan air panas. Setelah itu, diusapkan campuran asam sitrat pada jeruji besi sangkar burung.

Bila yang terkena karat adalah bagian alas sangkar seperti di bagian bawah keramba mandi, maka bisa menambahkan air panas dan juga asam sitrat di bak mandinya. Tunggu 10 menit lalu digosok sampai bagian yang berkarat hilang dengan menggunakan sikat.

6. Membersihkan Botol Semprotan Burung

Botol semprot yang sering digunakan untuk memandikan burung bisa terkena jamur lebih cepat. Sebab sering terkena sinar matahari. Cara untuk membersihkan semprotan burung yang terkena jamur dapat dilakukan dengan menggunakan asam sitrat atau yang sering disebut dengan citric acid.

Caranya sangat mudah, anda tinggal memberi botol semprotan tadi sedikit air. Lalu masukkan asam sitrat ke dalam botol semprotan, kemudian didiamkan sekitar 10 menit. Jika sudah selesai, botol dibilas menggunakan air bersih. Bila jamurnya membandel dan sulit untuk dihilangkan anda bisa mencampurkan asam sitrat dengan air panas untuk membersihkannya.

7. Jemur Sangkar Di Bawah Matahari

Sebelum memindahkan burung ke dalam sangkar sebaiknya jemur terlebih dahulu sangkar di bawah terik matahari. Supaya sangkar burung cepat kering dan bisa digunakan lagi. Bila sangkar burung yang belum kering sudah diisi burung, maka akan cepat terjadi proses penjemuran. Karena batang kayu atau sangkar yang belum kering dan terkena air ditambah dengan kotoran burung bisa semakin lembab dan memudahkan munculnya jamur.

Sekarang anda sudah tahu bagaimana cara membersihkan sangkar burung yang baik dan benar supaya terbebas dari bau, jamur, kotoran yang mengganggu kesehatan burung. Mulai sekarang, bersihkan sangkar secara rutin supaya burung yang dipelihara di dalamnya selalu berada dalam kondisi yang bersih dan sehat.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar