Ciri Khas Burung Pelatuk Ayam dan Kehidupannya Di Alam Liar

Burung pelatuk adalah jenis burung yang dikenal memiliki suara kicauan yang cukup unik. Jenis burung pelatuk pun juga banyak dan memiliki kicauan yang bervolume agak kencang dan bertempo cukup rapat. Salah satu jenis burung pelatuk yang ada di Indonesia ini yaitu burung Pelatuk Ayam. Ciri khas burung Pelatuk Ayam ini juga bersuara unik.

Daerah Persebaran Burung Pelatuk Ayam

Burung Pelatuk Ayam
youtube.com

Burung Pelatuk Ayam adalah satu dari jenis burung pelatuk yang memiliki daerah persebaran di wilayah hutan Indonesia. Habitat burung Pelatuk Ayam ini antara lain berada di Pulau Sumatera, Pulau Nias, Jawa, Bali, serta ada di Kepulauan Natuna utara.

Sedangkan, apabila di luar negeri burung berparuh tebal ini daerah persebarannya meliputi di wilayah India, Myanmar, Tiongkok, Thailand, Jepang, Korea, serta ada di Filipina. Wilayah persebaran burung Pelatuk Ayam yang luas yang tidak hanya ada di wilayah hutan kita saja menjadikan burung ini cukup populer di mata para pecinta burung kicauan.

Habitat Burung Pelatuk Ayam

Burung Pelatuk Ayam (Dryocopus javensis) ini pada saat berada di alam liar pada umumnya menghuni hutan yang ada di dataran rendah sampai dengan di pegunungan yang memiliki ketinggian hingga mencapai 1000 meter di atas permukaan laut. Biasanya burung ini menempati area hutan sekunder dan mangrove.

Burung Pelatuk Ayam ini merupakan jenis burung pemalu, sebab jarang sekali menampakkan dirinya di hutan. Akan tetapi, ketika burung ini muncul biasanya kerap dibarengi dengan suara pohon yang dipatuki.

Ketika burung ini mematuki pohon, maka kicauannya pun akan terdengar keras. Dan pada saat aktif mencari makanan berupa serangga, biasanya burung Pelatuk Ayam akan bergerak sendiri ataupun berpasangan sekitar dua ekor.

Ciri Khas Burung Pelatuk Ayam

Ciri Khas Burung Pelatuk Ayam
true-wildlife.blogspot.com

Ciri khas burung Pelatuk Ayam yaitu memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar yaitu memiliki panjang yang bisa mencapai 42 cm. Kemudian, ciri khas burung Pelatuk Ayam yang lainnya bisa dilihat dari bentuk tubuhnya secara umum tampak memiliki paruh panjang dan tebal yang berwarna hitam.

Kemudian, di bagian kepalanya juga ada jambul yang bulunya memiliki ukuran yang agak panjang dan lebat. Lalu di bagian ekornya juga mempunyai ukuran lumayan panjang dan kadang di bagian ujungnya menjuntai menyentuh pohon.

Perbedaan ciri khas burung Pelatuk Ayam jantan dan betina yaitu bisa dikenali dari corak warna tubuhnya.

Ciri khas burung Pelatuk Ayam jantan memiliki tiga warna yakni hitam, merah, dan putih yang tampak mencolok. Selain itu, warna hitam juga tampak menutupi hampir seluruh tubuhnya. Yaitu mulai dari bagian pipi, dada, leher, punggung, sayap, dan ekornya.

Ciri khas burung Pelatuk Ayam selanjutnya yaitu warna merah yang terlihat pada bagian jambul dan area pipi berupa bercak. Kemudian, warna putih juga tampak menutupi sebagian kecil area perutnya saja.

Sedangkan untuk yang betina juga mempunyai tiga warna serupa dengan letak yang tampak sedikit berbeda. Perbedaannya hanya ada pada bagian pipi burung betina tidak memiliki bercak merah. Kemudian perutnya juga tampak berwarna putih cerah.

Kicauan Burung Pelatuk Ayam

Ciri khas burung Pelatuk Ayam jika dari segi kicauannya yaitu dikenal memiliki volume yang lumayan tinggi dan terdengar cukup tajam pada bagian ujung kicauannya.

Kicauannya juga cukup terdengar bervariasi, yang man terdiri dari beberapa jenis nada mulai dari kicauan pada umumnya diulang. Kemudian burung ini juga akan mengeluarkan suara melengking dan nada yang bertempo rapat dengan suara mirip desiran.

Tinggalkan Komentar