Ciri Khas Burung Cabai Polos dan Daerah Persebarannya

Burung cabai-cabaian memiliki berbagai macam jenis yang tersebar di berbagai wilayah dunia. Bahkan sebagian besar dari spesies burung cabai juga terdapat di Indonesia.

Penyebaran burung cabai di Indonesia juga hampir berada di seluruh pulau, antara lain yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan juga di Papua.

Dengan demikian, untuk masyarakat pastinya spesies burung cabai telah populer dan dikenal luas sebagai burung hutan.

Yang mana pada umumnya memiliki kicauan yang merdu dan juga ukuran tubuhnya yang kecil.

Salah satu jenis burung cabai yang ada di Indonesia ini adalah burung cabai polos.

Habitat Burung Cabai Polos

Habitat Burung Cabai Polos
gado2ceritaku.blogspot.com

Burung cabai polos (Dicaeum concolor) adalah burung kicauan yang berasal dari keluarga Dicaedae.

Untuk habitat hidup dari burung cabai polos ini yaitu pada daerah perbukitan yang di tumbuhan hutan.

Selain itu juga ada di hutan di daratan rendah, hutan sekunder, serta di lahan pertanian yang diolah masyarakat.

Makanan burung cabai polos ketika berada di alam liar yaitu berupa serangga-serangga kecil.

Diantaranya seperti laba-laba, jangkrik, serta belalang. Selain itu, burung cabai polos juga gemar makan makanan berupa buah benalu serta biji-bijian.

Ciri Khas Burung Cabai Polos

Ciri khas burung cabai polos yaitu bisa dilihat dari bentuk fisiknya dan juga suara kicauannya.

Untuk fisiknya yaitu memiliki ukuran tubuh dari burung cabai polos, yang mana hanya sekitar 8 cm saja. Selain itu juga ada warna hijau-zaitun yang terliat pada bagian atas tubuhnya.

Ciri Khas Burung Cabai Polos
anekainfounik.net

Kemudian untuk tubuh bagian bawahnya berwarna keabu-abuan yang pucat atau tidak terang. Lalu ciri khas burug cabai polos selanjutnya yaitu untuk perut di bagian tengah terdapat warna hitam.

Sedangkan pada bagian sayapnya terdapat lempeng putih di bagian lengkungan sayapnya.

Lalu untuk kedua kakinya berwarna hitam, serta pada bagian paruhnya apabila disentuh terasa halus dan juga berwarna hitam.

Kicauan Burung Cabai Polos

Ciri khas burung cabai polos juga bisa dilihat dari suara kicauannya yang mempunyai nada kicauan untuk berkomunikasi dengan kawanannya yang disebutnya secara berulang-ulang.

Kemudian untuk kicauannya juga memiliki nada yang cukup tinggi yang bunyi nada kicauannya memang terdengar kurang begitu nyaring.

Namun, apabila pemelihara bisa melatihnya dengan penuh kesabaran maka kicauannya juga akan terdengar nyaring danjuga bisa terdengar merdu.

Daerah Persebaran Burung Cabai Polos

Burung cabai polos ini daerah persebarannya tidak hanya terdapat di Indonesia saja. Sebab daerah persebarannya juga menyentuh daratan negara lain.

Diantaranya seperti India dan juga beberapa negara Asia Tenggara, Cina yang ada di bagian selatan, dan juga di Malaysia.

Dengan demikian populasi dari burung cabai polos ini masih bisa dikatakan cukup banyak dan jumlahnya juga bisa dikatakan masih aman.

Kemudian apabila di Indonesia keberadaan burung cabai polos ini ada di pulau-pulau Sunda Besar yaitu Sumatera, Jawa, serta di Kalimantan.

Perilaku Burung Cabai Polos

Sedangkan masa perkembangbiakan burung cabai polos pada saat berada di alam liar yaitu pada bulan Agustus, Desember, serta bulan Januari.

Sarang yang dibangun oleh burung cabai polos pada umumnya diletakkan dengan model menggantung yang ada di atas pohon.

Sedangkan untuk ciri khas burung cabai polos ini bisa dilihat dari bentuk dari sarangnya yang seperti kantung.

Kemudian untuk sekali bertelur dalam satu musim kawin burung cabai polos bisa mengerami telur sebanyak 2 butir. Untuk ciri khas telurnya ialah berwarna putih keabu-abuan.

Tinggalkan Komentar