Ciri Khas Burung Bondol Rawa dan Daerah Persebarannya

Ciri khas burung bondol rawa memang mudah dikenali jika anda menjumpainya di sekitar anda. Burung bondol rawa memang merupakan jenis burung pipit yang banyak dijumpai.

Jenis burung bondol merupakan salah satu dari jenis burung kicauan yang keberadaannya yang sangat banyak di hutan Indonesia.

Burung ini juga dikenal lebih sering menyebar dan berada tidak jauh dari pemukiman masyarakat, entah itu di pedesaan maupun di wiilayah perkotaan.

Tak hanya itu saja, jenis burung bondol ini memang banyak, dan jenis-jenis tersebut memiliki ciri khas yang berbeda.

Meski, jenis burung bondol ini banyak dan berada dekat dengan pemukiman masyarakat, namun yang mencoba memeliharanya untuk dijadikan sebagai burung ocehan hanya sedikit.

Jenis burung bondol yang akan dibahas saat ini yaitu burung bondol rawa.

Ciri Khas Burung Bondol Rawa

Ciri Khas Burung Bondol Rawa
Ciri Khas Burung Bondol Rawa

Ciri khas burung bondol rawa (Lonchura Malacca) ini diantaranyamemiliki ukuran yang bertubuh kecil, yang mana panjangnya hanya sekitar 11 cm saja.

Untuk corak warna bulunya juga ada tiga warna. Diantaranya yakni hitam, cokelat, dan putih.

Warna hitam terlihat menutupi area seluruh kepala, tenggorokan, leher, sisi perut, sampai dengan pada bagian tunggirnya.

Sedangkan untuk warna cokelat tampak pada bagian area atas tubuhnya mulai dari punggung, sayap, serta pada bagian ekornya.

Kemudian untuk warna putih hanya tampak hanya di area dada serta di bagian sisi bawah sayapnya, namun tidak mencapai perutnya.

Ciri yang lainnya dari burung bondol rawa ini memiliki paruh yang ukurannya sedang dengan bentuk yang cukup besar serta tebal.

Bagian matanya warna hitam yang memiliki iris yang warnanya merah serta ukurannya tidak terlalu besar.

Ciri khas burung bondol rawa yaitu pada bagian ekornya sedang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang sedikit lebar.

Bagian kakinya memiliki warna hitam keabu-abuan yang ukurannya agak panjang dengan kuku yang tajam serta panjang.

Daerah Persebaran Burung Bondol Rawa

Daerah Persebaran Burung Bondol Rawa
Daerah Persebaran Burung Bondol Rawa

Burung bondol rawa daerah persebarannya tidak hanya berada di wilayah hutan Indonesia saja, akan tetapi juga mencakup beberapa negara lain yang ada di kawasan Asia.

Adanya burung bondol rawa yang ada di negara lain tersebar mulai dari India, Tiongkok, Malaysia, dan juga tersebar di Filipina.

Sedangkan jika di Indonesia, daerah persebaran yang menjadi habitatnya yaitu berada di beberapa pulau besar dan kecil.

Diantaranya seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Banggai, dan juga di Kepulauan Togean.

Tak hanya itu, burung yang memakan biji-bijian ini pun juga ada di wilayah Halmahera serta di Ambon. Bisa jadi juga termasuk lepas liar dari sangkar.

Buurung bondol rawa di alam liar kehidupannya terdapat di area dataran rendah sampai dengan di pegunungan dengan ketinggian mencapai 1800 meter yang ada di atas permukaan laut.

Tempat hidupnya pada umumnya juga tidak kalah berbeda dari pada dengan jenis bondol yang lainnya yang habitatanya berada area rawa-rawa, semak belukar, lahan budidaya, persawahan, serta di area dekat kolam maupun di tambak ikan.

Burung ini memiliki karakter yang suka hidup bergerombol, entah itu ketika mencari makanan maupun sedang istirahat.

Biasanya jumlahnya anggota dalam satu kelompok bisa mencapai di atas dari sepuluh ekor. Jenis makanan yang setiap hari dimakannya yaitu berupa biji-bijian yang asalnya dari padi atau dari rerumputan.

Suara Burung Bondol Rawa

Selain itu, ciri khas burung bondol rawa yaitu dengan kicauan burung bondol rawa terdengar nyaring dan agak melengking dengan volume yang cukup tinggi.

Tinggalkan Komentar