Ciri Ciri Burung Tangkar kambing dan Daerah Persebarannya

Selain burung tangkar cetrong ada juga burung yang memiliki ukuran tubuh yang panjang, diantaranya yaitu Burung Tangkar Kambing.

Perlu anda ketahui bahwa burung tangkar kambing merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki ukuran tubuh cukup besar.

Bahkan untuk ukuran panjang tubuhnya mulai dari paruh hingga pada bagian ujung ekor ini bisa mencapai 38 cm mirip seperti ukuran tubuh dari burung Srigunting.

Bulu-bulu di tubuhnya juga tampak berwarna kehitaman pekat yang terlihat pada bagian kepala, leher, tenggorokan, sayap, perut, dan ekornya.

Tak hanya itu saja, warna hitamd an juga warna putih juga terlihat berupa garis lurus agak tebal yang ada pada bagian sisi kedua sayapnya.

Namun untuk sup-spesiesnya yang lain biasanya hanya berwarna hitam pekat tanpa ada sedikitpun coretan yang berwarna putih.

Ciri Ciri Burung Tangkar Kambing

Ciri Ciri Burung Tangkar Kambing
Ciri Ciri Burung Tangkar Kambing

Ciri ciri burung Tangkar Kambing yang perlu anda kenali yaitu adanya jambul yang berwarna hitam pada bagian kepalanya yang akan naik saat berkicau atau hendak terbang.

Pada bagian matanya yang memiliki ukuran cukup besar terlihat berwarna hitam di bagian pupil serta ada warna merah pada bagian yang mengitari bagian pupilnya.

Untuk bagian paruhnya berukuran lumayan besar serta sedikit panjang dengan warna hitam legam.

Sedangkan ekornya ukurannya juga lumayan panjang dan hanya memiliki beberapa helai bulu yang agak lebar.

Lalu ciri ciri burung tangkar kambing selanjutnya yaitu pada bagian kakinya yang besar dan agak panjang. Yang mana juga tampak berwarna hitam pekat.

Habitat dan daerah Persebaran Burung Tangkar kambing

Habitat dan daerah Persebaran Burung Tangkar Kambing
Habitat dan daerah Persebaran Burung Tangkar Kambing

Penampilan dari burung tangkar kambing (Platysmurus Leucopterus) jika dilihat sekilas memang cukup mirip burung Kacer.

Sebab terdapat kesamaan dari corak warna yang berupa garis putih lurus pada bagian sayap dan juga ada warna hitam yang sudah menutupi hampir seluruh bagian tubuhnya.

Pada saat burung tangkar kambing berada di alam liar, kehidupan burung ini pada umumnya akan mendiami area dataran tinggi sampai dengan mencapai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Untuk burung Tangkar Kambing ini juga mempunyai sikap yang cukup pemalu.

Sebab burung ini kerap bersembunyi dibalik tajuk hutan yang tinggi dan juga lebih suka mengeluarkan suaranya saja.

Sedangkan untuk daerah penyebarannya hanya terbatas berada di negara kawasan Asia Tenggara.

Diantaranya seperti di daerah Malaysia, Myanmar, Thailand, dan juga di wilayah Indonesia.

Jika berada dii hutan Indonesia maka keberadaannya dapat ditemui pada daerah Sumatera, Kalimantan, Pulau Bangka, dan juga di daerah Bintan.

Kicauan Burung Tangkar Kambing

Ciri ciri burung Tangkar Kambing jika dilihat dari kicauannya yaitu terdengar agak parau dengan suara yang berderik yang mana juga diulang-ulang.

Nada kicauan dari burung tangkar kambing ini cenderung pelan dan tenang dengan volume yang agak tinggi.

Untuk suara kicauannya terdengar seperti halnya“keting, ka-long” yang diucapkan dengan terus menerus yang memiliki durasi yang bisa mencapai 30 detik.

Tak hanya itu saja, burung Tangkar Kambing itu juga tergolong bisa menirukan suara burung lain yang didengarnya. Yang mana diikuti dengan irama mirip siulan yang pelan dan juga berirama.

Namun sangatlah disayangkan jika memang populasi dari burung Tangkar Kambing yang ada di alam liar untuk saat ini sudah terancam punah.

Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya perburuan dan rusaknya hutan yang menjadi rumahnya.

Maka dari itu, sebaiknya kita sadar dan tidak melakukan hal yang membuat habita burung itu rusak, sehingga burung ini tidak punah.

Tinggalkan Komentar