Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Emprit Jepang Jantan Dan Betina

Burung Emprit jepang (Emje) adalah jenis burung finch yang mempunyai ciri bentuk tubuh mungil dan juga perilaku yang tampak lincah.

Daya tarik dan pesonannya bisa dilihat ketika Ia mengeluarkan suara atau ketika burung finch ini berkicau.

Kemudian untuk keindahan warna bulunya juga telah menjadi keunikan tersendiri yang di miliki oleh burung Import ini.

Emprit jepang yang memiliki nama lain Society finch ini punya kemiripan dengan emprit lokal.

Namun perbedaan burung emprit jepang dengan emprit lokal ini berada pada karakter, warna, corak bulu, dan juga pada suara kicauannya.

Saat ini di luar negri burung emprit jepang sudah dihadirkan dengan berbagai macam warna hasil mutasi yang sangat cantik dan menarik.

Dari mulai warna putih, coklat, cream, silver dan juga warna yang lain. Bahkan untuk saat ini juga telah dihasilkan emprit jepang yang memiliki corak batik/sisik ikan yang berada di bagian dadanya.

Tak hanya itu saja, sudah dihasilkan juga burung emprit jepang crested/jambul yang semakin menambah keunikan tersendiri dari jenis burung finch ini sendiri.

Burung ini juga termasuk jenis burung yang mudah ditangkarkan. Inilah yang membuat banyak orang menjadi tertarik untuk mengembangbiakannya.

Memang sudah banyak diketahui jika burung emprit ini sangat prospek untuk ditangkarkan.

Karena cara menangkarkannya relatif mudah dan harganya yang sangat menggiurkan. Emprit Jepang ini di dalam sekali bertelur juga dapat menghasilkan sebanyak 5–6 butir.

Perbedaan Emprit Jepang Jantan dan Betina

Perbedaan Emprit Jepang Jantan dan Betina
Perbedaan Emprit Jepang Jantan dan Betina

Cara mengetahui perbedaan emprit jepang jantan dan betina merupakan hal yang penting sebelum melakukan ternak burung emprit jepang.

Hal ini terkadang juga sulit dilakukan. Namun bagi yang sudah berpengalaman itu bukanlah hal yang sulit.

Sebab burung emprit jepang merupakan jenis burung monomorfik, jadi bisa dikatakan sulit sekali untuk mengetahui perbedaan emprit jepang jantan dan betina.

Akan tetapi, cara yang lain bisa juga dapat diamati dari bentuk perilaku dan kicauannya.

Untuk burung yang jantan pada umumnya sering mengepakkan bulu disekitar bahu sembari memanjangkan lehernya.

Tak hanya itu saja, kicauannya lebih terdengar rutin. Walaupun burung emprit jepang yang betina juga bias berkicau tapi hanya sebatas ngeriwik saja.

Perbedaan emprit jantan dan betina juga bisa diamati pada paruhnya didominasi dengan warna hitam gelap. Selanjutnya pada bagian leher terdapat motif berbentuk kalung warna hitam.

Kemudian untuk jenis kelamin betina warna lehernya polos tidak ada motif kalung hitam yang ada di paruh bagian bawahnya berwarna putih.

Keistimewaan Burung Emprit Jepang

Keistimewaan Burung Emprit Jepang
Keistimewaan Burung Emprit Jepang

Emprit Jepang juga termasuk burung pengasuh yang baik. Terlebih lagi untuk mengeram dan juga untuk meloloh piyikan burung Kenari, Emprit Jepang juga di kenal sebagai burung yang sangat perhatian.

Pada saat indukan Kenari tidak mau mengeram telur sampai merawat dan meloloh anakannya, maka burung inilah yang dapat diandalkan dalam membesarkan Anakan dari burung Kenari tersebut.

Caranya pun cukup mudah, yaitu jika ada burung Kenari atau Blackthroat yang sedang bertelur serta dalam proses mengeram.

Nah, ketika itu harus ada burung Emprit Jepang yang dalam keadaan sama dengan burung jenis lain tersebut. Selanjut nya tinggal kita pindah saja telur tersebut dan dijadikan 1 dengan telur–telur Emprit jepang.

Merawat dan mengembangbiakkan burung Emprit Jepang untuk para penangkar Kenari juga akan menghadirkan keuntungan tersendiri.

Sebab jika tugas mengerami telur dan mengasuh anakan yang dilakukan Emprit Jepang, maka Indukan burung Kenari dapat di pacu untuk bisa selalu berproduksi.

Tinggalkan Komentar