Cara Merawat Burung Cikrak Daun Paling Mudah

Untuk anda yang sudah hobi dalam memelihara jenis burung kicauan, pastinya anda harus tau cara perawatannya. Termasuk juga harus tau cara merawat burung cikrak daun.

Burung cikrak daun adalah jenis burung yang sebenarnya memiliki postur tubuh yang mungil sekali.

Yang mana, panjang tubuhnya kurang lebih hanya sekitar 11 cm termasuk bulu ekor. Sebagian besar bulu yang ada di tubuhnya didominasi warna kuning dan juga warna hijau.

Warna tubuh yang ada pada bagian atas, termasuk juga pada bagian punggung berwarna hijau zaitun, tanpa garis yang ada di bagian sayapnya.

Kemudian untuk tubuh yang ada pada bagian bawah (yaitu pada bagian dada dan perut) berwarna kekuningan.

Untuk bagian atas kepala, atau bagian mahkota sampai dengan bagian daerah yang sejajar dengan mata berwarna gelap, terdapat warna hitam atau abu-abu tua.

Namun, terdapat juga strip yang berwarna kuning mencokok atau hijau zaitun di bagian mahkota dan juga pada bagian alis matanya.

Burung ini ternyata menyebar di sebanyak tiga negara. Antara lain yaitu di Indonesia, Malaysia, dan Filipina, sesuai dengan subspesiesnya.

Cara Merawat Burung Cikrak Daun

Cara Merawat Burung Cikrak Daun
ocehankenari.blogspot.com

Sebagai pemelihara burung cikrak daun, tentunya anda harus melakukan perawatan harian dengan sebaik mungkin.

Burung cikrak daun selalu memerlukan asupan pakan yang mengandung banyak nutrisi supaya burung tidak mudah lemas.

Pemberian asupan makanan yang bernutrisi bisa anda lakukan dengan pemberian pakan tambahan setiap hari seperti kroto, ulat kandang, jangkrik kecil atau serangga lainnya.

Supaya burung peliharaan anda tetap fit dan juga rajin berkicau, jangan lupa untuk cara merawat burung cikrak daun dilakukan dengan diberi multivitamin khusus burung.

Perawatan Harian Cikrak Daun

Perawatan Harian Cikrak Daun
ocehankenari.blogspot.com

Cara merawat burung cikrak daun dalam sehari-harinya harus anda lakukan dengan baik dan benar.

Pengembunan bisa anda lakukan pada saat pagi hari. Biarkan burung dikeluarkan pada waktu pagi-pagi hari sekali untuk menyongsong terbitnya matahari.

Sebab, sinar matahari pagi dinilai sangat menyehatkan burung, dan juga baik untuk melatih mental burung yang anda pelihara tersebut.

Burung cikrak daun biasa memakan voer lembut atau halus. Apabila anda sudah percaya dengan merek voer tertentu, namun butirannya besar-besar, anda bisa menghaluskan dengan memakai blender atau bisa juga ditumbuk sampai halus.

Anda juga bisa memberikan 1 sendok teh krotountuk burung cikrak daun di setiap paginya.

Sesudah dimandikan, sebaiknya burung diangin-anginkan dan diberikan extra fooding (EF) seperti jangkrik kecil atau ulat kandang seperlunya saja.

Anda bisa menjemurnya selama 30 – 60 menit saja.

Jika burung ini belum makan voer, maka sebaiknya anda melatih burung ini agar bisa makan voer.

Makanan Burung Cikrak Daun

Burung cikrak daun ini tubuhnya sangat lincah. Banyak penggemar burung yang mengeluh burungnya lepas ketika sedang mengganti pakan dan air minumnya.

Sehingga, anda harus bisa lebih waspada ketika membuka pintu sangkar.

Cara merawat burung cikrak daun harus selalu diperhatikan masalah nutrisinya.

Jadi, selalu penuhi kebutuhan nutrisi dari pakan utama maupun EF, termasuk vitamin dan juga mineralnya.

Kemudian, walaupun jumlah yang dibutuhkan untuk burung ini sangat sedikit, belum tentu vitamin dan mineral tersedia kesemuanya dalam bahan pakan, termasuk pakan pabrikan seperti voer.

Oleh sebab itu, guna memastikan kecukupan vitamin dan mineral, sebaiknya anda menggunakan multivitamin untuk tambahan nutrisinya.

Multivitamin dapat anda berikan sebanyak 2x dalam seminggu, sedangkan multimineral bisa anda berikan cukup seminggu sekali.

Tinggalkan Komentar