Cara Menangkarkan Gould Amadin Paling Benar dan Mudah

Gould amadin merupakan jenis burung finch atau pipit yang tercantik di dunia. Gould amadin atau yang sering juga dinamakan dengan Gouldian finch termasuk salah satu jenis burungyang juga banyak dipelihara.

Banyak juga orang tidak hanya memelihara burung yang cantik dengan bulu yang warnanya sangat menarik ini. Akan tetapi juga banyak ditangkarkan untuk mendapatkan keturunan yang cantik.

Cara Menangkarkan Gould Amadin

Cara Menangkarkan Gould Amadin
Cara Menangkarkan Gould Amadin

Jika nilai jualnya tinggi, usaha menangkarkan ini bisa jadi prospek yang menguntungkan. Anda pun juga dapat menangkarkannya, hanya dengan memakai sangkar biasa.

Cara menangkarkan gould amadin dengan memakai sangkar memang sangat cocok untuk Anda yang punya lahan yang terbatas.

Cara Membedakan Gould Amadin Jantan dan Betina

Sebelum melakukan penangkaran gould amadin, maka langkah pertama yaitu dengan menyiapkan sepasang burung finch ini yang memiliki kelamin jantan dan betina.

Pada umumnya, gould amadine jantan memiliki bulu dada dengan warna lebih tegas jika dibadingkann yang berjenis kelamin betina.

Akan tetapi akhir akhir ini banyak ditemukan burung yang termasuk hasil mutasi warna. Sehingga anda harus benar benar bisa membedakannya dan jangan sampai keliru.

Warna Kepala Yang Lebih Cerah

Untuk gould amadin hasil dari mutasi kepala merah dan kuning mempunyai warna lebih merah dan juga lebih cerah. Kemudian untuk burung betina juga mempunyai warna lebih gelap dengan warna bulu pada semua tubuhnya yang tampak lebih kusam.

Begitu juga pada gould amadin yang kepala kuning, bulu yang berwarna kuning yang ada di burung jantan juga terlihat lebih cerah.

Warna Lingkaran Leher

Untuk cara ini hanya dapat dilakukan untuk jenis gould amadin mutasi kepala hitam. Burung yang jenis kelaminnya jantan mempunyai garis biru yang ada disekeliling lehernya (blue collar).

Cara yang sama juga bisa dilakukan pada gould amadin mutasi punggung hijau dan juga punggung biru. Sedangkan untuk burung betina mempunyai garis biru kehijauan yang cenderung tampak samar.

Warna Bulu di Bagian Dada

Gould amadin yang jantan pada bagian dadanya berwarna lebih gelap / ungu tua. Kemudian untuk burung betina juga berwarna ungu muda.

Metode ini juga dapat dilakukan pada semua mutasi kecuali jenis gould amadin yang memiliki dada putih.

Kandang Ternak

Kandang Gould Amadin
Kandang Gould Amadin

Setelah mengetahui jenis kelaminnya, segera siapkan sangkar. Tergantung jumlah dari burung gould amadin yang akan ditangkarkan, bisa juga penangkar memanfaatkan kandang aviary/koloni apabila hendak menangkarkan lebih dari sepasang burung gouldian finch.

Kemudian apabila hanya punya sepasang saja, maka kandang yang dipakai dapat memakai tipe soliter atau kandang harian yang ukurannya luas.

Kemudian untuk kotak sarang khusus yang dipakai untuk menangkarkan gouldian finch yaitu kotak sarang yang bentuknya kotak tertutup maupun glodok.

Pakan Gould Amadin

Cara menangkarkan gould amadin selanjutnya  jangan lupa untuk memberinya pakan yang mengandung tinggi nutrisi dan proteinnya. Dengan pakan bernutrisi, penyakit gould amadin tidak mudah datang.

Hal itu dapat disiasati dengan memberikan pakan biji-bijian yang bervariasi dan pakan tambahan seperti halnya egg food. Untuk kebutuhan kalsium, berikanlah tulang sotong yang digantung pada dekat cepuk pakannya.

Perilaku Berkembangbiak

Gould amadin nantinya akan bertelur dalam jumlah 4 sampai dengan 8 butir telur, dan akan mulai mengerami telurnya sesudah telur ke-4 diletakkan pada sarangnya.

Sedangkan untuk pengeraman berlangsung selama 16 hari dan sesudah dtieraminya, makan telur akan menetas. Sesudah umurnya 22 – 25 hari, anakan burung gould amadin ini sudah bisa keluar dari sarangnya. Akan tetapi mereka tetap memperoleh asupan pakan dari kedua induknya sampai 4 hingga 5 minggu selanjutnya.

Komentar Facebook

Komentar Blog