Cara Memilih Sangkar untuk Murai Batu yang Paling Tepat

Salah satu burung kicauan yang banyak diminati oleh pecinta burung kicauan yaitu burung Murai batu. Burung Murai batu adalah jenis burung kicauan yang memiliki suara kicauan yang bagus dan memiliki ekor yang panjang. Ciri khas dengan ekor yang panjang ini juga menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh burung Murai batu.

Maka dari itulah, pemelihara burung Murai Batu harus merawatnya dengan sebaik mungkin agar suara kicauan yang dihasilkan bagus. Selain itu juga perawatan agar bentuk fisiknya tetap terlihat sempurna, khususnya untuk bagian sayapnya. Salah satu hal yang harus anda perhatikan yaitu masalah pemilihan sangkar.

Cara Memilih Sangkar untuk Murai Batu

jualo.com

Memilih Sangkar untuk Murai batu seperti yang kita ketahui sangkar dan burung memang menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Apabila anda ingin memelihara burung, pastinya anda semua harus mempunyai sangkar.

Begitu juga sebaliknya sangkar akan kurang bermanfaat apabila tidak diisi oleh burung kicauan. Sangkar memang menjadi salah satu kebutuhan primer untuk anda semuanya. Masalah harga yang ditawarkan juga banyak sekali. Semuanya disesuaikan denagn model dan bahan sangkar.

Langkah pertama yang harus anda perhatikan yaitu tujuannya untuk apa. Untuk kandang harian untuk burung rumahan maupun kandang yang nantinya akan anda gunakan untuk ikut lomba / latber burung kicaua.

Pastinya kandang untuk latber / lomba anda mungkin harus membeli kandang yang bagus dari segi kualitas dan juga desainnya. Sebab, nantinya selain burung murai batu kandangnya pun secara langsung juga akan menjadi perhatian para juri ataupun perseta lain.

Namun, anda berniat untuk memelihara burung murai untuk hiburan di rumah, mungkin anda semua dapat membeli kandang yang tidak terlalu mewah. Akan tetapi, anda juga sebaiknya memperhatikan kenyamanan burung murai yang anda miliki.

Tujuannya supaya nantinya burung dapat betah dan merasa nyaman berada di kandangnya. Apa saja hal yang harus di perhatikan berikut informasi mengenai tips memilih sangkar untuk Murai Batu :

Ukuran Kandang Murai Batu


kicaumania373.wordpress.com

Sudah kita ketahui jika burung murai memiliki ekor yang lumayan panjang dan body yang lumayan besar. Maka dari itu, anda semua perlu menyiapkan kandang dengan ukuran yang besar juga dan merekomendasikan kandang yang memiliki diameter kurang lebih sekitar 60cm dengan tinggi sekitar 75 cm. Dengan begitu di harapkan ekor burung tidak rusak sebab terkena ruji pada kandang tersebut.

Bentuk Kandang Murai Batu

Dalam bentuk kandang ini biasanya burung murai batu harus di tempatkan pada kandang yang berbentuk melingkar dan bentuknya yang bukan kotak. Namun, semua itu tergantung selera dari pemiliknya. Namun, akan lebih baik lagi jika burung murai di tempatkan di kandang bundar.

Tangkringan

Cara memilih sangkar untuk Murai Batu yaitu tangkringan. Untuk masalah tangkirngan disarankan supaya anda membuat tangkringan “T” . Sebab, untuk bentuk tangkringan itu akan sangat terlihat bagus serta tidak akan merusak bulu ekor pada murai apabila di tempatkan di tengah dalam kandang bundar Murai Batu.

Dengan kandang yang tepat, maka burung Murai Batu yang anda pelihara ini bisa memiliki ekor yamg sempurna dan tidak akan rusak karena kandangnya. Jadi, jika anda memelihara burung Murai Batu, jangan asal-asalan dalam memilihkan sangkar.

Karena sangkar yang asal-asalan bisa merusak bulu dan fisik dari burung Murai batu peliharaan anda semua. Jadi, sebaiknya anda bisa memilih sangkar untuk burung Murai Batu.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.