Cara Memaster Murai Batu yang Baik dan Benar

Saat ini banyak sekali para pecinta burung kicauan khususnya burung Murai Batu yang ingin memaster burung peliharaannya itu. Hal yang paling penting yaitu memilih suara masteran atau suara isian burung yang tepat agar suaranya tidak mudah rusak.

Oleh karena itu, kita harus tau suara burung masteran apa saja bagus untuk Murai Batu. Jika suara masterannya sesuai, tentu saja burung Murai Batu Anda menjadi lebih gacor dan ngerol panjang. Cara memaster Murai Batu harus dilakukan dengan baik dan benar.

Cara Memaster Murai Batu yang Paling Benar

Cara Memaster Murai Batu yang Paling Benar
burungnya.com

Memaster Murai Batu Trotolan Usia 3 Minggu

Murai batu usia 3 minggu baik untuk dimaster. Karena, Murai umur itu lebih cepat menyerap suara isian dalam proses pemasteran. Atau anda bisa memaster saat usia sudah menginjak usia 1 bulan – 1,5 bulan.

Murai Batu trotolan sebaiknya anda master dengan memakai suara burung yang halus namun sedikit kasar atau tajam. Sehingga, ketika awal bulan, Murai Batu trotolan dimaster dengan menggunakan suara masteran Lovebird Serindit, maupun Parkit.

Memaster Murai Batu dengan Suara MP3

Anda dapat memaster Murai Batu dengan suara atau audio burung masteran atau dengan suara burung asli. Anda bisa mencari suara burung masteran di internet dan pilihlah salah satu video masteran burung yang durasinya panjang.

Anda bisa memutar suara tersebut di sekitar sangkar burung Murai Batu. Tujuannya supaya burung itu menganggap ada musuh di dekatnya. Dengan demikian, Murai Batu bisa tertantang untuk ikut berkicau serta menirukannya.

Putarkan suara masteran tersebut dengan suara yang sedang saat Murai batu anda sedang beristirahat.

Murai Batu Dikerodong saat Memaster

Supaya burung Murai Batu tidak terpancing emosinya atau birahi,sebaiknya anda mengkerodong Murai Batu. Burung dikerodong ketika melakukan pemasteran dengan burung asli.

Jika ditutup kerodong, tentu Murai Batu dapat mendengar suara burung masteran saja. Hal ini juga bagus untuk melatih mentalnya ketika dalam menjalani pemasteran.

Tahap Memaster Burung Murai Batu

Tahap Memaster Burung Murai Batu
dhbindonesia.blogspot.com

Cara memaster Murai Batu sebaiknya dilakukan secara bertahap. Lakukan pemasteran tersebut kurang lebih selama waktu 1 bulan.

Jika telah menunjukkan hasil dan Murai Batu bisa merekam suara isian dengan baik, di bulan selanjutnya bisa dilakukan dengan karakter suara burung masteran yang kasar.

Sebaiknya jangan mencampur karakter suara burung dengan bersamaan, pada umumnya burung Murai Batu justru merasa kebingungan dan tidak dapat menyimpan suara tersebut.

Konsisten Memaster Murai Batu

Cara memaster Murai Batu harus dilakukan secara konsisten supaya hasilnya bisa maksimal.

Jika anda tidak bis merawatnya sendiri, anda dapat merawat dan melatih Murai Batu anda di rumah dengan menyuruh orang lain.

Pakan untuk Menunjang Pemasteran Murai Batu

Cara memaster Murai Batu juga harus dilakukan dengan cara memberikan pakan harian. Pakan harian selama proses memaster Murai Batu ini juga dibedakan dengan Murai Batu yang tidak dimaster. Diantaranya berupa jangkrik, kroto, ulat, serta voer.

Selain itu, pilih pakan atau extra fooding (EF) yang masih dalam keadaan segar. Jangan memberikan jenis makanan yang sudah mati atau sudah menjadi bangkai. Jenis makanan itu tidak baik untuk diberikan sebab sudah kehilangan gizinya dan justru malah berbahaya untuk kesehatan dari burung Murai Batu.

Cara memaster Murai Batu ini jika anda lakukan dengan cara yang baik dan benar maka akan bisa menghasilkan suara isian yang bagus dan berkualitas.

Tinggalkan Komentar