Bagaimana Cara Tepat Menyiapkan Burung untuk Perlombaan?

Pertanyaan ini cukup banyak diajukan sejumlah pecinta burung yang berniat untuk ikut perlombaan. Hal yang cukup wajar mengingat salah satu keseruan memelihara burung ialah aktif terlibat dalam perlombaan-perlombaan tertentu. Utamanya jenis-jenis burung petarung yang memiliki suara merdu dan keunikan.

Apakah Anda salah satunya? Jika YA, berikut panduan yang bisa Anda coba untuk mempersiapkan burung kesayangan ikut perlombaan. Ada 5 poin penting yang perlu Anda cek, antara lain :

Cek Apakah Burung Anda Sudah Benar-Benar Siap Tarung

Cek Apakah Burung Anda Sudah Benar-Benar Siap Tarung
Cek Apakah Burung Anda Sudah Benar-Benar Siap Tarung

Hal pertama yang perlu Anda pastikan ialah apakah burung Anda sudah siap untuk ikut perlombaan. Burung yang siap tarung itu dalam kondisi fit dengan bulu-bulu cukup tua (tidak saat mabung) dan memiliki senjata andalan seperti irama, suara, atau gayanya.

Jika dua hal ini tidak siap, sebaiknya jangan ikut lomba terlebih dahulu. Kondisi burung yang fit pun perlu disiapkan jauh hari. Misalnya, penanganan khusus 7 hari sebelum lomba seperti penjemuran dan tidak dipertemukan dengan burung lain.

Cek Siapa Lawan Burung Anda

Cek Siapa Lawan Burung Anda
Cek Siapa Lawan Burung Anda

Sambil mempersiapkan burung, Anda perlu tahu siapa-siapa yang akan menjadi lawan burung Anda di arena perlombaan. Apakah lawan Anda ialah burung yang sudah tenar atau belum. Pemahaman mengenai lawan bisa jadi cara tepat menyusun strategi dan memastikan tujuan ikut serta dalam lomba.

Jika tahu lawan Anda adalah burung-burung yang tenar, cek dulu tujuan anda. Apabila ingin memenangkan lomba sebaiknya urungkan, namun bila ingin mengetes kemampuan burung silakan diteruskan. Kenapa? Karena kecil kemungkinan burung yang baru pertama kali ikut lomba menang melawan burung pesaing yang sudah sangat ahli.

Cek tentang Event Lomba Secara Keseluruhan

Cek tentang Event Lomba Secara Keseluruhan
Cek tentang Event Lomba Secara Keseluruhan

Selanjutnya cek juga event lomba yang hendak diikuti secara keseluruhan. Mulai dari tingkatan, apakah lomba tingkat lokal, regional, atau nasional? Siapa juri-jurinya? Di mana lomba akan digelar dan kondisi arena lomba? dan seterusnya.

Semua informasi ini sangat penting untuk mempersiapkan diri Anda dan burung yang akan diikutkan lomba. Lewat informasi keseluruhan mengenai lomba juga bisa jadi sarana menyusun strategi. Mulai dari mempersiapkan burung menghadapi perlombaan hingga bagaimana mencapai tujuan ikut lomba, sesuai harapan.

Cek Strategi Anda Ikut Lomba Burung

Cek Strategi Anda Ikut Lomba Burung
Cek Strategi Anda Ikut Lomba Burung

Apakah strategi yang Anda terapkan untuk mengikuti lomba burung sudah tepat. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari referensi dan berdiskusi dengan pakar, komunitas, atau lewat forum online. Misalnya, hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat perlombaan berlangsung seperti :

  • Jangan meninggalkan makanan (kecuali minum) ketika burung sudah ada di arena.
  • Jangan tinggalkan burung di arena lomba tanpa pengawasan
  • Jangan sembarangan meletakkan sarang burung, dan sebagainya.

Jadi, susun strategi Anda sesuai tujuan dalam mengikuti lomba burung. Setelah itu, lakukan cek ulang untuk memastikan bahwa apa yang Anda lakukan sudah tepat.

Cek Mental dan Kesiapan Anda Sendiri

Cek Mental dan Kesiapan Anda Sendiri
Cek Mental dan Kesiapan Anda Sendiri

Satu lagi poin penting yang tidak boleh dilewatkan saat mengikuti perlombaan ialah mental Anda, selaku pemilik burung. Bijaklah dalam bersikap dan perlakukan burung layaknya makhluk hidup. Jangan terlalu terobsesi atau memiliki harapan tinggi, karena kondisi di lapangan kadang bisa sangat berbeda.

Dalam persiapan hingga perlombaan berlangsung, sebaiknya Anda juga tidak berlebihan. Contohnya memberikan makanan tambahan untuk membuat burung lebih fit. Namun, dari sejumlah pakar hal ini justru dihindari. Kenapa? Perubahan menu makanan biasanya akan membuat burung lebih agresif. Dia hanya akan banyak bergerak dan pelit bersuara.

Itulah 5 poin yang perlu dipersiapkan, jika Anda berencana mengikuti perlombaan burung. Anda juga bisa menambah ilmu dengan memberikan pelatihan membuat burung menjadi jawara di perlombaan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar