7 Fakta Unik Burung Hantu yang Jarang Diketahui Orang

Siapa yang tidak tahu burung Hantu?

Burung unik yang bisa memutar kepalanya hingga 270 derajat ini merupakan spesies yang banyak ditemukan di seluruh Amerika Utara kecuali Kanada, Amerika Tengah dan Selatan, sebagian besar Eropa, Timur Tengah, Asia Barat, Asia Tenggara, hingga Timor Leste.

Kebanyakan burung Hantu berburu di malam hari, tetapi ada juga beberapa jenis burung yang berburu dan mencari makan di siang hari. Burung hantu bisa hidup di daerah hutan, padang rumput, dan daerah pertanian. Burung ini merupakan burung buas yang memburu tikus dan hewan-hewan kecil sebagai makanannya.

Secara fisik burung Hantu memiliki penampilan yang berbeda dari burung lainnya. Panjang ekor burung sekitar 24-45 cm dengan lebar sayap sekitar 75 hingga 110 cm. Uniknya, wajah burung ini berbentuk hati dengan mata tajam dan bulu bergerigi yang indah.

Sarang burung unik ini biasanya terdapat di bawah tanah, liang atau lubang di tanggul, di atas dahan pohon yang tinggi, menara, atau puncak gudang. Selain beberapa ciri yang sudah disebutkan, ada beberapa fakta lain tentang burung Hantu yang jarang diketahui orang.

Apa saja 10 fakta unik tentang burung Hantu yang tidak banyak orang tahu? Mari kita simak ulasannya!

  1. Burung Hantu memiliki 3 kelopak mata

Kelopak mata burung hantu
Kelopak mata burung hantu

Jika kebanyakan hewan memiliki satu kelopak pada setiap mata, burung unik ini memiliki 3 kelopak yang memiliki fungsinya masing-masing. Kelopak pertama untuk berkedip, kedua untuk tidur, dan yang terakhir untuk menjaga mata burung tetap bersih, bebas debu, dan sehat.

  1. Rabun dekat

Rabun dekat
Rabun dekat

Siapa sangka bahwa burung yang berburu saat malam hari ternyata tidak bisa melihat benda dalam jarak dekat. Meskipun burung Hantu kesulitan melihat mangsanya dalam jarak beberapa sentimeter, tetapi burung ini dilengkapi dengan filoplumes.

Filoplumes merupakan bulu kecil di kaki dan paruh burung yang bertindak sebagai antena. Bulu kecil tersebut membantu burung Hantu mendeteksi objek dalam jarak dekat meskipun intensitas cahaya di sekitarnya minim.

  1. Mampu mendengar berbagai frekuensi suara

Mendengar Berbagai Frekuensi
Mendengar Berbagai Frekuensi

Bentuk wajah burung Hantu yang seperti hati, bulat, dan rata ini mampu menyalurkan suara 10 kali lebih besar ke telinganya sendiri. Kemampuan ini membuat burung Hantu bisa mendengarkan berbagai frekuensi suara termasuk suara yang tidak bisa di dengar oleh manusia.

  1. Hewan penyendiri

Burung Penyendiri
Burung Penyendiri

Burung Hantu memiliki gaya hidup penyendiri. Burung ini jarang berkumpul atau atau bahkan berkelompok dengan sejenisnya. Karena sifatnya ini, kita jarang melihat burung Hantu bertengger bersama burung Hantu lain.

  1. Setia

Burung Setia
Burung Setia

Burung Hantu termasuk hewan yang setia. Seumur hidupnya, burung ini hanya kawin satu kali saja.

  1. Betinanya lebih besar

Burung hantu betina
Burung hantu betina

Jika kebanyakan burung lain memiliki postur tubuh jantan yang lebih besar daripada betina, pada burung hantu yang terjadi sebaliknya. Burung Hantu betina memiliki ukurang yang lebih besar dari jantannya.

  1. Simbol budaya berbagai bangsa

Burung hantu
Burung hantu

Karena dianggap sebagai hewan mistis yang misterius, sejak berabad-abad lalu burung Hantu telah menjadi simbol peradaban dari berbagai belahan dunia. Di kebudayaan Mesir, hewan ini dianggap sebagai perwujudan dari dewa. Sedangkan di Cina dan beberapa negara lain burung Hantu dianggap sebagai lambang kemakmuran, pembawa keberuntungan, dan dapat menjauhkan pemiliknya dari marabahaya.

Musuh utama burung Hantu adalah hilangnya habitat asli mereka karena pembangunan yang dilakukan oleh manusia. Pestisida untuk mengusir tikus juga merupakan salah satu penyebab berkurangnya populasi burung hantu karena sumber makanan utama mereka yaitu tikus menjadi susah untuk didapatkan.

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang burung hantu. Semmoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar