6 Cara Menjodohkan Burung Merpati Agar Cepat Bertelur

Burung merpati biasa diikut lombakan sehingga banyak dipelihara pecinta burung. Bagi anda penangkar merpati, ada cara menjodohkan burung merpati agar bisa berkembang biak dengan cepat.

Namun sebelumnya, anda perlu tahu bahwa burung merpati terkenal dengan keindahan dan sikapnya yang jinak. Burung merpati adalah golongan keluarga Columbidae yang memiliki 300 jenis spesies.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Burung ini memiliki bentuk tubuh yang gempal dan leher yang pendek. Selain itu, paruhnya pendek dan ramping.

6 Cara Menjodohkan Burung Merpati Agar Cepat Bertelur
arenahewan.com

Cara Menjodohkan Burung Merpati

Bagi anda peternak merpati, mencoba menjodohkan burung ini adalah langkah yang tepat. Ada dua metode yang bisa dilakukan.

Jika burung merpati yang akan dikembangbiakan tidak sepasang, pastinya akan sulit. Tidak semua orang bisa menjodohkan merpati. Cara ini memang susah-susah gampang bahkan bagi yang sudah memiliki pengalaman sekalipun.

Memilih pasangan merpati harus teliti dan jeli. Oleh karena itu, gunakan cara di bawah ini untuk menjodohkan merpati agar bisa tepat dan cocok.

1. Memilih Merpati

Langkah awal cara menjodohkan merpati yaitu dengan memilih merpati. Ada beberapa ketentuan yang bisa dikenali sebelum memilih calon merpati yang akan dijodohkan.

Ketahui terlebih dulu agar anda bisa lebih mudah menentukan merpati yang satu dengan lainnya.

Pemilihan merpati jantan harus yang dewasa sudah bekur atau sudah berancah. Sedangkan untuk merpati betina, pilih yang dewasa dan siap untuk dikawinkan.

2. Perhatikan Ciri-Cirinya

Pada proses penjodohan yang tidak kalah penting yaitu mengetahui ciri-ciri merpati. Cari tahu ciri-ciri merpati secara lengkap agar burung mudah digiring.

Saat melakukan perjodohan, hal ini penting dilakukan. Syarat yang harus ada pada burung merpati yang siap dijodohkan yaitu memiliki nafsu makan.

Burung merpati harus memiliki nafsu makan yang baik dengan performa yang bagus. Burung tersebut harus bebas dari penyakit.

3. Cara Menjodohkan Burung Merpati Dengan Lihat Perubahan Warna

Mengetahui perubahan warna pada burung merpati juga bisa membantu saat anda akan menjodohkannya.

Merpati jantan sangat menyukai warna tertentu burung merpati betina. Warna ini membuat burung merpati jantan dimudahkan dalam proses dibekuri.

Saat anda ingin menjodohkan merpati, pilih merpati betina dengan warna bulu yang bagus. Hindari burung merpati berbulu kusam. Selain itu, pilih merpati betina yang memiliki sifat lenjeh agar bisa rajin bertelur.

4. Memandikan Burung Merpati

Ketika anda akan melakukan perjodohan, mandikan burung merpati. Mandikan burung merpati jantan maupun betina di pagi hari.

Mandikan seperti memandikan burung pada biasanya. Semprotkan air ke arah burung merpati hingga basah kuyup.

5. Penjemuran

Tidak hanya memandikan burung merpati, penjemuran juga perlu dilakukan. Jemur burung merpati jantan dan betina yang ingin dijodohkan dalam sangkar yang berbeda.

Jemur burung setelah dimandikan agar performa merpati lebih bagus. Sesuaikan dengan keadaan cuaca.

Lakukan penjemuran 3 jam saat matahari terik. Namun, anda bisa melakukan penjemuran hingga 4 jam jika cuacanya tidak panas.

Sesuaikan penjemuran sesuai kondisi cuaca. Setelah penjemuran, beri makan dan minum pada kedua merpati agar kenyang.

6. Satukan Burung

Menjodohkan burung merpati pastinya harus disatukan dalam satu kandang. Setelah beberapa langkah di atas anda lakukan, tempatkan burung merpati yang akan dijodohkan dalam satu kandang.

Syaratnya burung merpati harus kenyang. Peletakan dalam satu kandang ini bertujuan agar burung bisa saling mengenal.

Burung merpati memiliki penggemar yang banyak. Selain cantik, burung merpati masuk dalam jenis burung yang sering dilombakan.

Bagi anda peternak merpati, gunakan cara menjodohkan burung merpati dengan tepat. Anda bisa gunakan tips di atas untuk mempermudah merpati saat dijodohkan.