Tumbuhan Hijau yang Bisa Melancarkan Proses Mabung pada Burung Berkicau

Proses mabung kadang terhambat sehingga pertumbuhan bulu jadi tidak baik. Untuk mengatasi itu diperlukan beberapa bahan terapi seperti pandan, daun jeruk, dan daun sirsak. Proses mabung pada burung berkicau biasanya berlangsung selama 1-2 bulan. Setiap jenis biasanya memiliki masa yang berbeda meski mekanismenya sama. Saat masa mabung terjadi, hambatan pun kerap terjadi. Burung yang salah perawatan bisa mengalami kegagalan tumbuh bulu, overberahi, atau sakit sehingga bisa mati mendadak.

Selain apa yang telah disebutkan sebelumnya, burung yang sedang mabung juga bisa mengalami kemacetan. Akibatnya proses mabung bisa berjalan lambat sehingga mental burung bisa drop dan tidak mau berkicau lagi dengan semangat. Agar masalah-masalah di atas tidak terjadi. Burung harus diberi perlakuan khusus.

Saat mabung, hewan peliharaan ini pantang dimandikan terlalu sering. Selanjutnya burung tidak boleh diberi makanan berprotein tinggi dan dijemur di bawah terik matahari yang panas. Terakhir, burung bisa diberi semacam terapi dengan memasukkan beberapa tumbuhan hijau di bawah sangkarnya. Berikut beberapa tumbuhan hijau yang bisa membantu memperlancar mabung.

Daun Pandan

Daun Pandan
Daun Pandan

Para pemilik burung jarang yang tahu kalau daun pandan bisa digunakan untuk terapi mabung. Selama ini, daun yang memiliki aroma wangi ini hanya digunakan untuk membuat aneka hidangan dan tidak terpikir sama sekali akan diberikan kepada burung kicau yang dimiliki. Saat burung mengalami gangguan mabung, ambil daun pandan beberapa helai dan potong kecil-kecil. Selanjutnya daun bisa diletakkan di bagian bawah sangkar atau di dalam asal tidak dimakan oleh burung.

Pemberian pandan akan memberikan aroma sedap pada kadang. Saat burung dimasukkan ke dalam kerodong, aroma dari amonia akan tersamarkan meski sirkulasi udara di dalam kandang tidak baik. Dengan aroma yang harum, burung juga akan merasa nyaman sehingga proses mabung bisa berjalan dengan lancar.

Saat daun pandan pada sangkar mengering, pemilik burung kicau bisa mengganti dengan yang baru secara berkala. Saat burung sudah berhenti mabung, pemberian daun pandan bisa dihentikan.

Daun Jeruk

Daun Jeruk
Daun Jeruk

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk terapi burung yang macet mabung adalah daun jeruk. Dengan aroma yang segar, proses mabung bisa berjalan dengan baik karena mereka tidak akan mengalami stres. Daun dari jeruk bisa dipotong kecil agar aromanya keluar lalu diletakkan pada bagian bawah dari kandang. Selain daun jeruk yang biasanya untuk bumbu masakan, kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai pengganti. Kulit jeruk yang bisa digunakan adalah jeruk keprok, jeruk nipis, lemon, atau jeruk purut yang sedikit diparut untuk mendapatkan aroma segar. Penggantian daun jeruk atau kulit jeruk bisa dilakukan secara berkala saat aromanya hilang dan kering.

Daun Sirsak

Daun Sirsak
Daun Sirsak

Berbeda dengan daun lain yang pemanfaatannya dilakukan saat masih hijau. Daun sirsak dimanfaatkan setelah menguning. Pemilik burung bisa memungut daun yang jatuh ke tanah lalu menaruhnya sebanyak 10 helai di bawah kandang hingga mengering. Saat ini belum ada penelitian medis yang menjelaskan kenapa proses mabung pada burung bisa berjalan dengan lancar dengan pemberian daun sirsak. Namun, beberapa pemilik burung kicau telah mencoba dan membuktikan kemampuannya. Pemakaian daun sirsak sebenarnya dilakukan secara coba-coba. Selama ini daun sirsak selalu digunakan untuk pengobatan asam urat dan juga diabetes pada manusia. Dari manfaat yang besar ini, para pemilik burung mencoba mengatasi kegagalan mabung dan berhasil.

Inilah beberapa tumbuhan hijau yang bisa memperlancar mabung pada burung kicau. Semoga bisa menambah referensi Anda saat burung kicau andalan memasuki masa mabung.

Tinggalkan Komentar