Tips Mudah Pemasteran Jalak Nias Agar Bisa Gacor

Jalak nias merupakan salah satu jenis burung kicauan yang banyak digemari oleh para pecinta burung sebab kicauannya yang unik. Selain itu acara perlombaan untuk jalak nias juga sudah kerap diadakan.

Sesungguhnya untuk memperoleh burung jalak nias yang gacor diperlukan perawatan yang sama dengan perawatan beberapa jenis burung berkicau lain. Termasuk dengan cara pemasteran jalak nias.

Tips Pemasteran Jalak Nias

Tips Pemasteran Jalak Nias
Tips Pemasteran Jalak Nias

Pemasteran jalak nias dilakukan dengan diawali dari cara pemilihan jenis kelamin burung. Sebab umumnya yang rajin berkicau yaitu yang jenis kelamin jantan.

Pemandian dan Penjemuran

Dalam melakukan pemasteran jalak nias maka anda juga harusmemandikan burung jalak nias tersebut dengan rutin. Cara memandikan jalak nias cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan air dengan spray atau dengan menggunakan cepuk.

Untuk pemandiannya kurang lebih sekitar jam 7-an atau tergantung cuaca saat itu atau mungkin lebih siang sedikit apabila kondisi sedang hujan. Selain itu jangan lupa apabila mandi dengan cepuk, ambil cepuk kembali jika telah selesai mandi.

Sesudah selesai dimandikan, jalak nias dijemur dibawah matahari pagi. Hal ini tujuannya agar jalak nias memperoleh sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D.

Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam atau lebih, sebab burung jalak lebih kuat tahan panas dari pada dengan jenis burung lainnya.

Akan tetapi jika kondisi matahari tidak begitu cerah bisa dijemur dalam waktu yang lebih lama, selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras.

Makanan

Makanan Jalak Nias
Makanan Jalak Nias

Siapkan makanan yang cukup seperti buah-buahan, pisang, pepaya serta voer yang berkualitas. Sebab di dalam makanan kemasan terebut ada kandungan vitamin, protein dan zat lain.

Semua itu pastinya diperlukan oleh burung sebab pada waktu burung merasakan kenyang maka dia akan lebih gacor dan juga bisa rajin berkicau.

Pemberian pakan untuk jalak nias harus benar-benar diperhatikan kualitasnya. Selain itu untuk menambah asupan nutrisinya, Anda bisa juga menambahkan serangga berupa jangkrik, kroto, ataupun ulat kecil untuk dijadikan sebagai sebagai makanan tambahan.

Berilah makanan tambahan untuk burung, misalnya saja seperti jangkrik setiap pagi 2 – 3 ekor.

Kemudian untuk sore hari 2-3 ekor, dapat juga ditambah dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari dan juga berikan kroto sebagai variasi jenis EF lainnya yang juga diperbolehkan untuk jenis burung tersebut.

Pemasteran

Lakukan pemasteran jalak nias dengan suara, baik melalui suara burng secara langsung seperti misalnya didekatkan dengan burung-burung dengan suara yang indah dan unik seperti burung cililin, gelatik, dan lain sebagainya.

Anda bisa memaster jalak nias peliharaan anda dengan suara burung dalam bentuk MP3 yang sudah pernah jadi jawara. Yaitu dengan settingan suara yang bisa membuat burung jalak tersebut bisa berlatih dan terbiasa dengan adanya suara tersebut.

Dan setelah melakukan hal tersebut selanjutnya buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung. Jadi jangan sampai burung jalak nias peliharaan anda merasa tidak nyaman.

Terlebih lagi merasa terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda meskipun hanya sekedar ingin iseng saja.

Untuk itu sebaiknya anda perlu hindari semua hal yang dirasa menganggu ketenangan dari burung jalak nias yang anda pelihara demi kenyamanan burung.

Sebab hal tersebut akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung itu sendiri. Dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara atau kicauan dari burung jalak nias ini.

Komentar Facebook

Komentar Blog