Tips Mudah Menjinakkan Burung Jalak Nias yang Liar

Burung jalak nias merupakan jenis burung kicauan yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan yang berada di seluruh wilayah. Mungkin sebagian orang mengira jika burung jalak nias ini berasal dari daerah yang sama dengan namanya yaitu nias.

Akan tetapi kebanyakan burung ini ditangkar di luar negeri. Jadi memang benar apa kata petani tadi kalau burung ini tak tahu diurus.

Persebarannya yang melimpah namun masih sedikit yang ingin menangkarnya. Padahal harga jalak nias cukup tinggi dan sebenarnya ini merupakan peluang besar.

Menjinakkan Burung Jalak Nias

Menjinakkan Burung Jalak Nias
Menjinakkan Burung Jalak Nias

Semua orang khususnya bagi para penggemar burung kicauan dan orang yang memiliki burung kicauan di rumah pasti menginginkan burung kesayangannya kicauannya gacor tapi juga jinak.

Akan tetapi belum tentu semua penghobi burung sudah mengerti mengenai bagaimana caranya menjinakkan burung kesayangannya. Salah satunya cara menjinakkan burung jalak nias.

Sebenarnya burung Jalak Nias dan juga burung jenis lainnya yang kita miliki apabila kita rawat sejak usianya masih piyik (anakan) pada umumnya akan lebih mudah jinak menjelang dewasanya.

Sebab memang sudah terbiasa dengan pemeliharanya. Jadi akan secara otomatis lebih cepat jinak jika dari pada dengan jika kita merawat burung sejak usia burung telah dewasa.

Pemandian Jalak Nias

Burung dapat jinak dengan alami dan juga dapat jinak jika melalui proses penjinakan yang kita lakukan. Untuk proses menjinakkan burung apabila dilakukan secara alami akan memerlukan waktu yang lebih lama dari pada dengan penjinakan yang kita lakukan sendiri.

Walaupun cara yang kita lakukan terkadang dinilai lebih extreme atau memaksa. Untuk menjinakkan burung jalak nias misalnya dengan cara pemandian.

Memandikan burung yang masih liar dengan cara kita mandikan sampai basah kuyup hingga seluruh bulu basah. Pada saat burung kelabakan kesana kemari bahkan hingga luka dan berdarah di sekitar paruh dan itu pasti akan terjadi ketika kita lakukan terapi tersebut pada burung jalak nias yang masih liar.

Makanan

Makanan Jalak Nias
Makanan Jalak Nias

Setelah dimandikan basah kuyup, burung akan merasakan lapar, dan mulailah untuk berikan makanan seperti halnya jangkrik. Langkahnya kita berikan dengan dengan lidi, jika belum mau makan, anda bisa mencoba menarik ulur.

Tujuannya untuk mencoba seberapa minatnya burung terhadap jangkrik yang kita pegang sampi dia mau makan. Apabila memang benar-benar belum mau makan tinggalkanlah jangkrik dicepuk minuman.

Kemudian lakukan hal yang sama di hari berikutnya, pada saat sudah mulai tidak terlalu takut lakukan pemberian jangkrik dengan tangan kita langsung, dan seterusnya.

Peletakan Kandang

Burung tangkapan yang masih liar tentu saja akan kelabakan apabila kita letakkan di tempat yang ramai banyak lalu-lalang orang secara langsung. Akan tetapi terdapat cara yang sedikit lebih santai dan tidak terlalu menjadikan stress burung yang masih liar.

Antara lain yaitu dengan meletakkan kadang agak sedikit jauh atau tinggi yang disekitarnya banyak lalu lalang orang sekalipun agak jauh. Selanjutnya kita cermati, apabila burung telah mulai merasakan tenang agak sedikit kita dekatkan. Lanjutkan sampai burung tidak merasakan terganngu jika kita dekati.

Cara menjinakkan burung jalak nias dengan memandikan dan perlakuan kita terhadap burung tersebut diatas memang dinilai agak sedikit kejam dan kasar.

Akan tetapi itulah terapi supaya burung jalak nias kita bisa jinak sesuai dengan harapan kita. Namun jika pilihan kita, jinak secara alami, mungkin itu hal yang lebih halus sekalipun harus sedikit lebih bersabar.

Tinggalkan Komentar