Tips Merawat Burung Kenari agar Kicaunya Merdu

Burung kenari yang memiliki suara lantang dan berkicau panjang, layak menjadi juara kontes . Untuk mewujudkan hal itu, Anda harus memberikan perawatan khusus.

Burung kenari merupakan anggota keluarga Fringillidae atau Finch. Spesies tersebut mempunyai bulu-bulu cantik beraneka warna. Pakan utamanya berupa biji-bijian. Selain performanya menawan, kenari pun memiliki suara yang khas. Itulah sebabnya, kicau mania menggemari burung ini.

Nah, agar kicau kenari semakin merdu dan berirama, ini strateginya.

1. Memandikan dan Menjemur Burung Kenari

Source - flickr
Source – flickr

Memandikan merupakan kegiatan pertama yang harus dilakukan setiap pagi, sekitar pukul 06.00 sampai 07.00. Dengan perlakuan ini, kenari tetap sehat dan bugar. Kondisi tersebut mampu mengembalikan staminanya sehingga sering berkicau.

Setelah dimandikan, kenari dijemur selama dua jam. Upayakan menjemurnya tidak lebih dari pukul 09.00. Pasalnya, di atas batas waktu tersebut, sinar ultraviolet mulai muncul. Jika dipaksakan, bisa merusak bulu kenari.

Penjemuran mesti dilakukan di luar sangkar. Tujuannya supaya kenari memperoleh banyak cahaya matahari. Rasa hangat yang ditimbulkan, dipercaya mampu mencegah kegemukan pada kenari. Paparan sinar tersebut membuat kenari ingin minum dan menghindari makan. Dengan demikian, tidak terjadi penimbunan lemak di tubuhnya.

2. Memindahkan ke Kandang Umbaran

Percaya atau tidak, burung di alam bebas memiliki suara lebih lantang daripada yang hidup di sangkar. Hal ini karena kicauannya tidak terbatas dalam sebuah ruang. Mereka pun terlatih untuk berbunyi sekeras-kerasnya.

Anda bisa merekayasa situasi tersebut. Caranya, dengan memasukkan kenari ke dalam kandang umbaran setiap pagi. Saat itu, ia lebih atraktif dan mau mengeluarkan kicau yang nyaring.

3. Memberikan Pakan Berkualitas

Source - pixabay
Source – pixabay

Suara nyaring pada kenari memang dipengaruhi faktor keturunan. Namun, itu hanya 40% saja. Sekitar 60% justru didominasi lingkungan, salah satunya pemberian pakan. Beberapa jenis pakan yang tepat untuk kenari, antara lain kroto, telur puyuh, canaryseed, sayuran, dan buah-buahan.

Selain pakan tersebut, daun mengkudu pun dipercaya mampu meningkatkan volume kicau kenari. Daun ini mengandung senyawa terpenoid yang bisa memulihkan sel-sel di dalam tubuh. Pemulihan tersebut memengaruhi kinerja organ, termasuk siring di percabangan trakea. Nah, siring itulah sumber suara pada burung.

4. Jauhkan dari Cahaya Matahari Langsung

Seperti penjelasan sebelumnya, sinar matahari memang bagus untuk menjaga performa kenari. Namun, itu hanya pancaran di pagi hari. Lewat pukul sembilan, cahayanya mulai terik. Sebaiknya, segera pindahkan kandang ke tempat yang teduh.

Cahaya matahari yang terlalu panas, sangat berbahaya bagi kesehatan kenari. Burung kicau ini bisa terkena heat stress. Kalau diabaikan, berpotensi terserang heat stroke. Dampak serius dari serangan tersebut adalah kematian mendadak.

5. Membersihkan Kandangnya Setiap Hari

Source - udikhangeblog
Source – udikhangeblog

Kandang berfungsi sebagai tempat berlindung dan beraktivitas bagi kenari. Karena itu, Anda harus membersihkannya setiap hari. Buang sisa pakan dan kotoran di dalamnya. Kemudian, cuci wadah air minum dan ganti dengan yang baru.

Pembersihan kandang bisa dilakukan saat kenari sedang berjemur. Anda punya waktu dua jam untuk menyiapkan semuanya, termasuk pakan. Dengan kondisi kandang yang bersih, kenari dapat terhindar dari kontaminasi bakteri berbahaya.

6. Melatih Kicaunya Secara Rutin

Pernah mendengar istilah pemasteran? Pemasteran merupakan proses melatih burung kicau supaya menirukan aneka suara yang didengar. Tujuan pelatihan ini, yaitu untuk menciptakan ragam bunyi saat burung berkicau.

Pemasteran dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memperdengarkan rekaman suara burung. Beberapa jenis bunyi yang bagus untuk latihan kenari, antara lain kicau ciblek, siskin, wingko, mozambik, gelatik, blackthroat, blacksang, dan sanger. Selain itu, suara kenari lain pun bisa menjadi bahan pemasteran.

Waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran, yaitu pagi dan sore hari. Perdengarkan rekaman tersebut setelah kenari dimandikan. Durasinya sekitar satu sampai dua jam. Jika perlakuan ini rutin diberikan setiap hari, dalam tiga bulan, kenari mampu menirukan semua suara yang didengar.

Itulah enam tips merawat burung kenari supaya kicaunya merdu. Semoga dapat dijadikan pedoman dalam pemeliharaan.

Tinggalkan Komentar