Tips dan Trik Persilangan Emprit Jepang Dengan Kenari

Burung emprit jepang adalah jenis burung finch yang paling banyak diminati oleh pecinta burung kicau terutama jenis burung finch.

Banyak pemelihara burung emprit jepang yang mencoba melakukan persilangan emprit jepang dan burung kenari.

Persilangan Emprit Jepang dengan Kenari adalah cara yang dilakukan untuk mendapatkan Kenari hibrid yang kualitasnya baik.

Orang yang sudah kerap menangkarkan Kenari memang kerap melakukan hal ini yang tidak biasa dalam penangkaran kenari.

Namun ini semua dilakukan supaya mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Diantaranya seperti burung yang sehat, atraktif, gacor, kondisi fisik dan mentalnya bagus.

Burung Green Finch serta Gold Finch termasuk salah satu dari jenis finch yang menunjukkan hasil yang positif hasil persilangan dengan jenis burung kenari biasa.

Persilangan Emprit Jepang dengan Kenari

Persilangan Emprit Jepang dengan Kenari
Persilangan Emprit Jepang dengan Kenari

Persilangan Emprit Jepang dengan Kenari memang harus dipelajari. Emprit Jepang memiliki bentuk tubuh mungil dan begitu lincah. Keika burung ini berkicau maka akan tampak semakin mempesona.

Tak hanya itu, keindahan dari warna bulunya juga termasuk sesuatu yang unik. Keistimewaan yang lain yaitu burung jenis ini dikenal menjadi indukan yang baik.

Induk Emprit Jepang akan mengerami telur serta bisa menjaganya dengan sebaik mungkin.

Menetahui beraneka keistimewaan dari burung ini, maka tak bisa dipungkiri jika ada yang mencoba persilangan antara Emprit Jepang dengan Kenari.

Burung Kenari yang disilangkan dengan burung Finch akan menghasilkan kenari hibrid yang punya kemampuan berkicau dengan irama yang variasi.

Selain itu iramanya juga bisa lebih panjang dibanding kedua induknya.

Hasil perkawinan silang ini dilakukan agar bisa menghasilkan burung penyanyi yang mendekati sempurna. Sebab dari gabungan dari kekuatan vokal Kenari serta indahnya melodi Finch.

Burung hibrid ini juga semakin atraktif dan juga lincah dari pada kedua indukannya.

Emprit Jepang juga termasuk salah satu jenis Finch yang saat ini sedang populer. Jadi dari hasil persilangan tersebut hasilnya dapat sebaik dengan persilangan dengan jenis Green Finch maupun Gold Finch.

Siapkan Indukan Jantan dan Betina

Siapkan Indukan Jantan dan Betina
Siapkan Indukan Jantan dan Betina

Jika ingin melakukan persilangan Emprit Jepang dengan Kenari, pastikan jika kedua indukan kondisi juga sedang sehat dan siap dikembangbiakkan.

Kenari yang dipakai untuk persilangan ini umumnya berkelamin betina. Sehingga Emprit Jepang atau Society Finch yang dipakai yaitu yang kelaminnya jantan.

Sediakan juga kenari jantan guna memancing birahi dari kenari betina ketika awal masa penjodohan.

Persiapkan Kandang

Terlebih dulu burung-burung tersebut dipisahkan. Sebab pakan dan kebutuhan mereka berbeda.

Anda juga dapat menggunakan kandang yang bersekat guna memisahkan kedua burung tersebut. Akan tetapi biarkan saja mereka supaya saling melihat sampai keduanya siap untuk dijodohkan.

Persiapkan Kotak Sarang

Selanjutnya, siapkan kotak sarang, kemudian letakkan di kandang tempat kenari betina tersebut ditempatkan. Kenari betina nantinya ter;ihat akan mulai menata sarangnya ketika burung itu sudah siap kawin.

Agar birahi dari kenari betina cepat terjadi, Anda dapat menyiapkan seekor kenari jantan gacor di dekat kandang, akan tetapi jangan sampai ia terlihat oleh kenari betina.

Ketika birahi burung betina sudah semakin tinggi, anda bisa membuka sekat yang memisahkan antara kenari betina serta burung finch. Tujuannya supaya mereka dapat memulai proses kawinnya.

Saat itu anda bisa melakukan persilangan Emprit Jepang dengan kenari. Jenis finch merupakan jenis burung pemalu, terlebih pada saat ingin kawin.

Jadi sebaiknya Anda perlu bersembunyi supaya Anda tidak terlihat oleh burung Emprit Jepang tersebut.

Tinggalkan Komentar