Tips dan Cara Memandikan Burung Kakatua yang Baik dan Benar

Burung Kakatua adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih jika dibandingkan dengan spesies burung lainnya. Maka dari itu dibutuhkan perawatan yang tepat, untuk cara memandikan kakatua juga tidak boleh sembarangan. Selain cerdas, burung kakatua juga lucu dan jinak.

Untuk bisa menadapatkan burung Kakatua yang berkualitas, maka diperlukan perawatan yang baik dan benar. Sebab, jika perawatannya salah maka burung tersebut bisa jadi stress dan tidak mau berkicau.

Perawatan Burung Kakatua

cacatoacrested.blogspot.com

Untuk masalah perawatannya, burung Kakatua dapat anda tempatkan dalam kandang besi. Bisa juga menggunakan tenggeran yang digunakan khusus untuk burung paruh bengkok.

Namun, yang harus anda perhatikan, penempatan burung yang ada pada kandang besi sebaiknya tidak dilakukan dengan cara terus-menerus. Namun, di setiap akhir pekan, atau beberapa kali seminggu, burung Kakatua sebaiknya dipindahkan pada tenggeran khususnya.

Hal ini bisa dilakukan untuk memudahkan pemilik atau keluarganya dalam melakukan interaksi langsung dengan burung Kakatua. Maka dari itu, nantinya akan tercipta ikatan yang dapat membuat burung yang anda pelihara makin setia kepada pemiliknya.

Banyak dari pemelihara burung ini yang belum mengetahui jenis pakan apa yang dapat diberikan kepada burung Kakatua. Bahkan banyak sekali di antara kita yang hanya memberikan pakan seperti halnya pisang serta jagung di setiap harinya.

Jenis pakan yang dapat anda berikan yaitu berupa campuran bijian yang terdiri atas kacang-kacangan, jagung, seta biji bunga matahari. Untuk jenis pakan tambahan yang berupa buah-buahan, diantaranya seperti apel, pepaya, mangga, dan lainnya. Untuk pemberiannya yang dipotong-potong kecil, selanjutnya dicampurkan pada wadah pakannya.

Cara Memandikan Burung Kakatua

omkicau.com

Bagi sebagian besar orang, memandikan burung kakatua mungkin sudah dianggap cukup menakutkan. Apalagi melihat paruhnya yang besar dan kokoh. Maka dari itu dalam pemandian burung kakatua, anda semua dapat menggunakan beberapa cara yang sudah terbuksti baik dan benar.

1. Menyemprot Dengan Memakai Sprayer

Burung kakatua ini bisa anda mandikan dengan cara disemprot dengan menggunakan sprayer. Ini semua bisa anda lakukan pada waktu burung Kakatua anda sedang berada di atas tenggeran.

Anda juga dapat menyemprotkan air dengan pelan-pelan, mulai dari bagian dada hingga bagian ekornya. Setelah itu pada bagian sayap dan punggungnya. Baru pada bagian kepala bagian belakangnya. Jangan sampai anda menyemprot bagian wajahnya, sebab air dapat masuk pada rongga hidung.

Untuk menghilangkan kutu pada bulu burung kakatua, sebaiknya anda jangan menggunakan bahan yang berbahaya. Apabila anda semua ingin membunuh kutu, tungau, dan juga parasit yang ada pada permukaan kulit dan bulu burung, maka lebih dianjurkan anda memakai desinfektan yang khusus untuk burung.

2. Menyediakan Bak Mandi

Burung kakatua yang dalam pemeliharaannya selama ini ditempatkan dalam kandang besi juga dapat dimandikan. Yaitu dengan cara memasukkan wadah berisi air untuk dijadikan sebagai bak mandinya.

Untuk merangsang kakatua agat mau mandi, Anda bisa menyemprot halus pada bagian dada dan pangkal sayapnya. Dengan demikian, burung akan segera menceburkan tubuhnya ke dalam bak mandi yang sudah disiapkan.

3. Memandikan Dengan Cara Dipegang

Jika mempunyai kakatua yang sudah sangat jinak, cara memandikan burung kakatua bisa dilakukan dengan cara dipegangi tubuhnya. Lakukan sambil diguyur air bersih. Pakailah shampo yang dikhususkan untuk burung supaya bulu-bulunya menjadi bersih dan berkilauan. Apabila tidak dishampo pun tidak apa-apa. Jika pemandian dilakukan dengan baik dan benar, maka burung akan sehat dan tidak stress.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar