Penyebab Penampilan Burung Kacer Kurang Optimal di Area Lomba

Burung kacer adalah jenis burung kicauan yang memiliki sifat petarung. Untuk burung yang diikutkan lomba biasanya memiliki mental yang baik. Namun, terkadang penampilan burung kacer kurang optimal di area lomba.

Penampilan burung kacer yang tidak maksimal tersebut biasanya seperti burung yang kehabisan tenaga maupun yang terlalu lama berkicau bisa menjadikannya tidak lagi bisa mengeluarkannya dengan sempurna. Oleh sebab itu, burung kacer yang tampil kurang optimal itu bisa berpotensi mengalami kekalahan meraih gelar juara.

Penyebab Penampilan Burung Kacer Kurang Optimal

Penampilan Burung Kacer Kurang Optimal
peliharaanimut.net

Penampilan burung kacer yang tidak bisa maksimal saat mengikuti perlombaan bukanlah terjadi secara tiba-tiba. Akan tetapi, ada faktor yang mengakibatkan tidak mampu mengeluarkan kicauan yang sudah lama dilatih ketika dinilai oleh penjurian.

Faktor yang mempengaruhi penampilan burung kacer kurang optimal saat lomba biasanya karena burung kacer kehabisan tenaga ketika bertanding memang tidak siap dalam mengikuti lomba. Berikut ini factor yang menyebabkan penampilan burung kacer kurang optimal saat mengikuti perlombaan.

Burung Kacer Kehabisan Tenaga Ketika Bertanding

Kehabisan tenaga merupakan penyebab yang menjadikan burung kacer tidak bisa maksimal. Pada umumnya, burung kacer yang kehabisan tenaga tersebut disebabkan karena terlalu bersemangat berkicau ketika awal perlombaan.

Hal tersebut menjadikan tenaganya tidak bisa bertahan lama ketika burung kacer tersebut diminta menunjukkan hasil latihannya di pertengahan atau di akhir pertandingan.

Dan hasilnya, burung tersebut juga hanya berdiam diri sembari mengeluarkan kicauan pelan tanpa lagu atau irama dengan suara pelan.

Sedangkan faktor yang mengakibatkan burung kacer yang sudah ramai berkicau ketika awal pertandingan lebih kepada untuk mempertahankan sangkarnya dari burung yang sejenis yang ada di dekatnya.

Burung Kacer Tidak Siap Ikut Pertandingan

Kurang siapnya burung kacer saat diikutkan dalam perlombaan burung kicauan bisa menjadi penyebab penampilan burung kacer kurang optimal saat lomba.

Hal ini biasanya ketika latihan maupun pada saat perawatan  burung kacer tersebut, anda kurang membentuk mentalnya. Padahal pembentukan mental tersebut bertujuan agar bisa lebih tahan ketika berhadapan dengan burung lain yang ada di lapangan.

Keadaan burung kacer yang seperti ini bisa jadi karena terlalu sering di dekatkan dengan burung sejenis maupun jenis burung petarung lainnya yang tingkat kicauannya berada di atasnya.

Hal tersebut dapat menjadikan burung kacer merasa tertekan serta merasa agak takut berhadapan kembali bersama burung sejenis di arena lomba.

Dengan demikian, kicauan yang dibunyikan burung kacer pun tidak keluar maksimal. Entah itu dari variasi kicauan, tingkat kegacoran, serta dari volumenya.

Pakan Yang Diberikan Kepada Burung Kacer Kurang Variatif

Perawatan Burung Kacer
sentrabudidaya.com

Penyebab penampilan burung kacer kurang optimal saat lomba yang selanjutnya adalah kurangnya pemberian pakan yang variatif. Pada saat perawatan harian burung kacer memang terkadang hanya fokus memberinya satu jenis makanan saja.

Perlu anda ketahui, jika burung Kacer yang akan diikutkan dalam acara perlombaan sebenarnya membutuhkan banyak nutrisi dari berbagai jenis pakan. Hal tersebut bertujuan supaya kondisi tubuhnya tidak mudah lemas dan tetap bisa tampil maksimal.

Untuk jenis pakan yang diberikan kepada burung kacer supaya tetap terlihat sehat yaitu bisa berupa voer, jangkrik, ulat, kroto, serta berbagai macam buah-buahan.

Karena, apabila burung kacer peliharaan anda hanya diberikan satu jenis pakan , maka dapat menjadikannya tidak bersemangat ketika dilatih. Selain itu juga cenderung mendorongnya menjadi burung yang bersifat kurang aktif.

Tinggalkan Komentar