Penyebab Penampilan Burung Cucak Jenggot Kurang Maksimal di Arena Lomba

Burung Cucak Jenggot adalah salah satu jenis burung kicauan yang banyak dilombakan karena kicauannya yang cukup merdu dan bervariasi. Kemudian, mentalnya pun tahan banting ketika ditantang berkicau oleh burung sejenis maupun jenis burung yang lainnya. Namun, terkadang penampilan burung Cucak Jenggot kurang maksimal di area lomba.

Penampilan yang kurang maksimal pada umumnya berupa kicauan yang monoton, volume yang melemah, bahkan bisa menjadi macet bunyi. Terkadang ketika dilatih tampilannya bisa bagus, namun ketika diikutkan dalam acara lomba bisa menurun performanya. Penampilan burung Cucak Jenggot kurang maksimal itu sebenarnya ada factor penyebabnya.

Faktor Penyebab Penampilan Burung Cucak Jenggot Kurang Maksimal

Burung Cucak Jenggot Kurang Maksimal
facebook.com

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan penampilan burung Cucak Jenggot kurang maksimal. Diantaranya adalah seperti berikut ini ;

Usia Cucak Jenggot Yang Masih Muda

Burung Cucak Jenggot yang usianya masih muda bisa mempengaruhi performa burung tersebut pada saat mengikuti perlombaan. Sebab Cucak Jenggot yang masih berusia muda dan dipaksakan ikut bertanding, maka bisa menjadikannya kebingungan melihat keramaian dan mendorongnya tidak mau berkicau.

Meskipun ketika dilakukan latihan, ternyata kicauan burung Cucak Jenggot berusia muda tersebut sudah lumayan merdu dan juga sudah cukup bervariasi. Akan tetapi, karena umurnya yang masih muda tersebut bisa menghambat burung Cucak Jenggot untuk tampil maksimal di arena lomba.

Karena, burung Cucak Jenggot yang layak diikutkan lomba paling tidak sudah mengalami satu kali masa mabung paling sedikit. Dan di usianya yang masih muda sebaiknya memang burung Cucak Jenggot lebih banyak dilatih dengan menggantang bersama burung sejenis atau jenis burung yang lainnya. Tujuannya supaya ketika diikutkan lomba, penampilannya bisa sangat bagus.

Burung Cucak Jenggot Staminanya Belum Siap

Penampilan burung Cucak Jenggot kurang maksimal juga bisa disebabkan oleh staminanya yang belum siap. Karena, perlombaan yang diikuti burung Cucak Jenggot tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Karena burung tidak memiliki stamina yang cukup, maka Cucak Jenggot kehabisan tenaga spade waktu sedang bertanding di area perlombaan. Burung Cucak Jenggot yang kehabisam stamina bisa mendorong burung Cucak Jenggot hanya memilih diam sambil melihat sekelilingnya. Dan yang paling parah lagi jika nada kicauan yang dikeluarkan akan bervolume rendah.

Belum Siap Mental

Burung Cucak Jenggot
facebook.com

Ketidaksiapan burung Cucak Jenggot dalam bertanding ini bisa menjadikannya tidak bisa mengeluarkan kicauannya dengan maksimal. Ketidaksiapan Cucak Jenggot akan terlihat pada waktu berkicau tidak berani membunyikan dengan nada tinggi.

Bahkan, burung itu akan takut ketika mendengar kicauan yang lebih lantang jika dibandingkan burung tersebut. Oleh sebab itu, ketika dalam masa perawatan, burung Cucak Jenggot harus dilatih mentalnya.

Tujuannya supaya siap dalam bertanding dengan melakukan latihan bersama dengan beberapa burung sejenis . Anda juga bisa mengajaknya di area perlombaan, agar burung itu bisa biasa dengan suasana perlombaan.

Sedang Mengalami Over Birahi

Penampilan burung Cucak Jenggot kurang maksimal juga dapat disebabkan karena burung Cucak Jenggot Peliharaan anda mengalami over birahi. Burung Cucak Jenggot yang mengalami over birahi ketika di arena lomba akan terlihat beringas dengan mencoba menyerang burung lain di depannya.

Tak hanya itu saja, burung Cucak Jenggot bahkan akan berkicau dengan nada pelan serta dengan suara yang monoton sambil mengepak-ngepakkan sayapnya. Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan pakan berupa buah pisang dan apel pada saat burung sedang mengalami over birahi.

Tinggalkan Komentar