Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor Paling Efektif

Ciak ekor pada cendet adalah suatu perilaku dimana burung mematuki bulu ekornya sampai rusak. Dan keadaan yang seperti ini sering kali dikeluhkan oleh pecinta burung cendet. Burung cendet yang pada mulanya memiliki ekor yang rapi dan indah, biasanya mendadak menjadi rusak. Kemudian kadang juga sampai patah. Sehingga anda harus segera mengatasi cendet ciak ekor ini.

youtube.com

Cendet yang ciak ekor yang parah dapat mengganggu penampilannya di lapangan. Oleh sebab itu, ciak ekor ini sebaiknya segera ditangani dengan baik dan cepat. Agar burung cendet anda memiliki tampilan fasik yang sempurna serta bisa layak untuk ditampilkan di lapangan.

Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor

Untuk mengatasi ciak ekor pada cendet tidak dapat dilakukan sembarangan. Akan tetapi, harus disesuaikan sesuai dengan penyebabnya.

Over Birahi

Apabila ciak ekor pada cendet disebabkan oleh OB, maka anda dapat mengatasinya dengan mengurangi pemberian EF seperti kroto, ulat hongkong, ulat kandang, atau ulat jerman.

Buatlah mandi lebih sering dan kurangi penjemuran, atau anda juga bisa menyetop penjemuran sama sekali. Akan tetapi, apabila dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan dengan kesehatan cendet, bisa anda menguranginya saja.

Terserang Kutu

Ciak ekor pada cendet juga bisa disebabkan karena kutu. Jadi, sebaiknya anda senantiasa menjaga kebersihan kandang dan kerodong. Di setiap harinya, sebaiknya anda membersihkanlah kotoran burung. Lalu, cuci kandang sekali seminggu.

Jika dalam bulunya sudah ada banyak kutunya, maka anda dapat mengatasinya dengan cara memandikannya dengan rebusan air sirih. Tak hanya itu saja, anda juga dapat memandikannya dengan bekas cucian beras dengan cara yang sama. Anda juga bisa melakukan terapi ini hingga kutu pada burung anda bisa hilang dan pastinya juga sudah tidak ciak ekor lagi.

Kalah Mental

curvetube.com

Cara mengatasi cendet ciak ekor yang disebabkan karena kalah mental, drop, atau stres, mka anda semua dapat mengisolasikannya. Anda bisa menempatkan cendet anda di ruangan tersendiri. Sebaiknya anda juga menjauhkan dari burung-burung lain, khususnya untuk burung sejenis yaitu cendet.

Anda bisa membiarkan cendet anda sendirian atau dikarantina. Karena ini dapat lebih cepat untuk mengembalikan mentalnya. Tak hanya itu, anda juga dapat memberikan EF secara variatif dengan takaran yang lebih banyak.

Sedangkan untuk rawatan harian, anda bisa melakukan seperti biasa. Misalnya saja mandi serta penjemuran. Anda juga dapat melakukan pengasingan ini beberapa waktu sampai cendet anda tidak mematuki ekornya lagi.

Kekurangan Vitamin

Apabila ciak ekor penyebabnya karena cendet kekurangan vitamin dan mineral, dalam mengatasi cendet ciak ekor sebaiknya anda mencoba memberikan makanan-makanan yang bergizi tinggi. Misalnya saja seperti kroto, jangkrik, belalang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk memberikan multivitamin yang tujuannya untuk mencukupi mineral dan vitamin burung. Karena, biasanya burung yang dipelihara manusia asupannya cukup terbatas.

Lain halnya dengan burung-burung yang hidup di alam bebas, mereka secara insting sudah dapat memenuhi kebutuhan mineral serta vitaminnya. Biasanya mereka akan memilih makanan-makanan yang diperlukan berdasarkan instingnya.

Karena burung yang dipelihara dan di dalam sangkar jelas sangat tergantung pada pemiliknya. Sehingga, kebutuhan vitamin dan mineral tidak dapat tercukupi dengan maksimal.

Terkadang, pemilik burung tidak begitu memperhatikan serta memikirkan terhadap pentingnya asupan untuk burung. Dengan demikian, kebanyakan dari mereka hanya memberikan jangkrik saja. Jika hal itu terjadi, pastinya kebutuhan vitamin dan mineral akan semakin tidak terpenuhi.

Tinggalkan Komentar