Mewaspadai Jika Burung Kenari Lemas dan Cara Penanganannya

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan yang banyak sekali diminati oleh para pecinta burung kicauan. Hal ini disebabkan karena kicauan yang dimiliki oleh burung kenari ini sangat merdu dan bisa bervariasi. Dengan kicauan yang khas ini, maka banyak sekali para pecinya burung kicauan yang memelihara burung ini.

Biasanya, memang burung kicau kenari ini akan memekarkan bagian ekornya pada saat ngoceh atau berkicau. Dan ada juga yang menyebut sedand bernyanyi. Hal ini merupakan ciri paling khas dan ekspresi di dalam penampilannya burung kenari tersebut.

burungbudidaya.blogspot.com

Beberapa besar juga hal itu merupakan bentuk atau pemberi tanda kekuasan lokasi yang diperihatkan untuk yang betina maupun yang dikira lawannya. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang nyatanya memekarkan ekornya tersebut tandanya kalau burung itu sedang dalam keadaan sakit.

Salah satu jenis burung kicauan yang saat kesehatannya sedang mengalami penurunan mengalami lemas adalah burung kenari. Burung kenari yang senantiasa memekarkan pada bagian ekornya serta diringin dengan sifatnya yang malas yang tidak seperti umumnya. Maka dari itu, keadaan ini perlu untuk anda cermati, mungkin saja kenari anda sedang terserang penyakit.

Waspadai Jika Burung Kenari Lemas

Biasanya burung kenari yang sehat ini selau merapatkan bulu-bulu ekornya, baik pada saat bertengger, lompat-lompat, maupun pada saat berkicau. Dan jika anda menjumpai kenari yang keseringan meningkatkan ekornya, jadi secepatnya cari info tentang keadaannya, jangan pernah menyepelekan perilaku aneh yang tidak biasa, seperti burung kenari lemas.

Jika anda semua menjumpai tanda-tanda yang seperti ini, jadi pertama-tama yang anda lakukan pada burung kenari itu yaitu dengan cara perlahan-lahan menggenggamnya dengan pas. Sesudah anda tangkap, selanjutnya dekatkan pada bagian telinga anda serta dengarkan nafasnya.

Lihatlah apakah nafasnya berat atau tidak. Jika nafasnya berat berarti bermakna kenari tersebut sedang alami masalah pernapasan yang mungkin saja disebabkan oleh parasit yang menyerang sisi tenggorokannya.

Jika burung kenari yang anda pelihara ini terserang penyakit, maka bisa dipastikan anda bisa merasakan kekurangan yang ada pada burung kenari yang menandakan jika burung anda sakit.

Cara Penanganan Burung Kenari Lemas

life.trubus.id

Pada umumnya, burung kenari yang terserang serangan parasit tungau burung kenari biasanya bakal terasa stres, tampak lemas, dan juga kerapkali menaikkan pada bagian ekornya. Jika burung kenari anda mengalami hal yang seperti ini, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

Untuk mengatasi burung kenari lemas, yang pertama kalinya yaitu dengan memberikan roti 1/4 roti putih untuk dijadikan sebagai pakan penambahan. Yang mana bisa anda simpan pada bagian dinding sangkarnya.

Anda juga dapat memberikanlah pakan berupa biji kuaci yang telah dikupas kulitnya. Selanjutnya berikanlah obat spesial untuk tenggorokan. Berikanlah multivitamin paling baik.

Lakukan hal ini dengan sungguh-sunggguh agar burung kenari anda bisa segera sehat dan kembali lincah dan gacor seperti biasanya. Sebab, kondisi burung kenari terkadang berubah-ubah karena masalah cuaca atau karena kondisi yang lainnya.

Di dalam kesehariannya, anda juga harus merawatnya dengan sebaik mungkin. Dari mulai masalah pemberian pakan, pemandian, penjemuran, pengerodongan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika anda bisa merawat dengan baik dan benar, maka anda bisa mendapatkan burung kenari dengan performa yang baik dan berkualitas.

Jika burung kenari anda bisa memiliki performa yang baik, maka burung kenari anda bisa diikutkan dalam acara lomba. Bisa juga anda pelihara di rumah untuk dijadikan sebagai hiburan anda dirumah.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar