Mengetahui Perilaku Burung Cikalang Dengan Gaya Terbang Unik

Burung Cikalang adalah salah satu jenis burung laut yang pada umumnya bisa dicumpai di sepanjang wilayah samudera tropis maupun yang subtropis. Perilaku burung Cikalang ini memang diketahui sangat unik dan tidak dimiliki oleh jenis burung lain.

Hingga dalam waktu bertahun-tahun, para ilmuwan terus mencari tahu, mengapa perilaku burung Cikalang ini bisa terbang sampai berhari-hari di atas samudera tanpa berhenti. Bahkan ada yang menjelaskan jika burung Cikalang ini bisa tidur sambil terbang.

Burung cikalang juga mempunyai kemampuan terbang yang mumpuni. Jenis burung berparuh ganas ini sanggup terbang dalam waktu selama berhari-hari, bahkan juga selama berbulan-bulan.

anakptki.blogspot.com

Burung ini terbang di atas lautan untuk berburu ikan tanpa harus mendarat di permukaan tanah. Kemampuan yang sangat menakjubkan tersebut menjadikan peneliti semakin penasaran dengan kemampuan jenis burung ini.

Perilaku Burung Cikalang

Pada saat siang hari, burung Cikalang ini terlihat aktif mencari pakan. Akan tetapi, ketika matahari terbenam, setengah belahan otak dari burung Cikalang ini beralih ke dalam kondisi tidur, walaupun keadaan mereka tetap terbang di atas air.

Pada waktu setengah bagian otaknya tertidur, burung ini tidur dengan menggunakan satu mata yang masih terbuka. Dan ketika berada dalam kondisi setengah tidur itu, burung Cikalang tersebut akan terbang berputar mengikuti arus udara.

Keunikannya yaitu ada pada perilakunya yang hanya membuka satu matanya yang menghadap ke arah tersebut. Mereka juga akan tetap buka mata untuk berjaga-jaga supaya tidak tabrakan dengan jenis burung yang lainnya.

Dan ada kesempatan langka, yakni dimana burung Cikalang akan memasuki tahap tidur REM ketika burung ini berada di udara. Memang ini terdengar cukup aneh. Sebab, mengetahui sebagian besar mamalia pada saat berada dalam tahap tidur REM ini bisa merelaksasi total seluruh bagian ototnya.

Namun, yang terjadi untuk burung Cikalang ini yaitu pada tahap REM yang hanya berlangsung selama beberapa detik saja pada waktu terbang. Sedangkan untuk tanda-tanda relaksasi otot pada umumnya bisa terlihat dari kepalanya yang sedikit terkulai.

Dan ketika burung Cikalang ini berada di atas permukaan tanah, dalam keadaan yang sama, burung Cikalang juga bisa tidur sambil berdiri dengan satu kaki. Hal lain yang cukup mengejutkan yaitu waktu tidur rata-rata burung ini hanya selama 42 menit saja.

Walaupun demikian, burung Cikalang ini tidak termasuk satu-satunya spesies yang dapat tidur dengan setengah bagian otaknya masih tetap aktif. Sebab, lumba-lumba pun juga memiliki kemampuan yang sama seperti demikian.

Kemampuan Burung Cikalang

yukepo.com

Kemampuan unik lainnya yang dimiliki oleh burung Cikalang ini yaitu bisa terbang sampai dengan waktu berbulan-bulan di atas samudera tanpa berhenti. Pada umumnya jenis burung ini akan memanfaatkan angin yang berembus kencang yang ada di atas lautan guna menghemat energi.

Supaya bisa tetap berada di atas ketinggian dalam waktu yang sangat lama, perilaku burung Cikalang ini akan memakai beberapa teknik yang sama seperti halnya yang dilakukan oleh para pilot glider. Pada mulanya mereka akan mengambil keuntungan dari udara yang bergerak naik ke atas di bawah awan cumulus tropis.

Dan untuk bisa memperoleh makanan, burung cikalang ini nantinya akan memangsa ikan-ikan yang muncul serta berlompatan di atas permukaan laut. Sebab, biasanya burung ini akan dikejar oleh predator lautan seperti ikan tuna dan juga ikan lumba-lumba.

Burung Cikalang ini memang tidak hanya memiliki keunikan pada perilakunya saja, akan tetapi ciri fisik burung Cikalang ini juga terlihat cukup unik.

Tinggalkan Komentar