Mengetahui Perbedaan Burung Betet Jantan dan Betina Paling Jelas

Burung Betet adalah jenis burung paruh bengkok dengan warna cantik dan memiliki suara kicauan yang bagus. Bahkan burung ini juga mampu menirukan ucapan manusia dan suara-suara yang lainnya.

Sama halnya dengan burung paruh bengkok lainnya, burung Betet adalah jenis burung pemakan biji-bijian dan juga buah-buahan. Jadi pada saat anda ingin memeliharanya, sebaiknya anda memberinya pakan yang tepat dan bernutrisi.

barraimaging.com.au

Pada umumnya burung Betet ini hidup dengan bergerombol, mereka kerap hidup berkelompok, baik pada waktu istirahat ataupun terbang. Burung paruh bengkok ini banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan yang ada di berbagai wilayah. Ada yang menjadikannya sebagai peliharaan di rumah, dan ada juga yang menjadikannyan sebagai burung lomba.

Pada saat berada di alam liar, burung ini berkelompok dan mengeluarkan suara kicauannya bersama-sama. Sehingga, di alam liar burung ini pada waktu berkicau akan terdengar sangar gaduh.

Daerah Persebaran Burung Betet

Burung betet ini bisa dijumpai sampai dengan daerah Thailand Selatan. Akan terapi, burung ini tidak ada di Semenajung Malaysia serta Pulau Sumatera.

Apabila di negara Indonesia sendiri, daerah penyebaran dari burung Betet ini juga terbatas hanya di pulau Jawa, Bali, atau hanya di pulau Kangean.

Ciri burung Betet ini yaitu pada bagian ekornya yang panjang dan bagian bulunya yang mendominasi warna hijau. Selanjutnya, untuk bagian pipinya mwmiliki warna keabuan dan berwarna kemerahan. Sehingga tampak indah dan cantik bulunya.

Memang wilayah persebaran dari burung Betet ini juga sangat luas. Ini semua disebabkan banyaknya burung spesies burung Betet ini pada berbagai daerah.

Perbedaan Burung Betet Jantan dan Betina

hbw.com

Untuk perbedaan burung betet jantan dan betina ini memang tidak terlalu banyak, bahkan juga bisa dikatakan sangat sedikit. Maka dari itulah burung yang satu ini dikenal mempunyai tingkat kemiripan yang identik antara jantan serta burung betinanya. Selain itu, burung betet juga dikenal dengan keindahaan fisiknya.

Tak hanya itu saja, pada bagian dada dari burung ini juga mempunyai tampilan warna hijau, dengan bagian ekor yang panjang dan juga bertahap. Walaupun dikenal dengan tampilannya yang mirip antara jenis burung betet jantan serta betina. Perbedaan burung betet jantan dan betina ini tetap ada.


Untuk perbedaan burung betet jantan dan betina yang bisa diketahui yaitu untuk burung betet jantan memiliki bagian paruh yang berwarna orange. Kemudian, untuk yang berjenis kelamin betina mempunyai paruh berwana hitam. Jadi perbedaannya sangat terlihat jelas.

Tak hanya itu saja, pada bagian sisi kepalanya juga tampak warna merah. sElain itu juga ada garis hitam yang cukup tebal seperti halnya kumis. Selanjutnya, untuk burung betet jantan juga dikenal dengan manter yang berwarna biru akan tetapi lebih pucat. Kemudian, untuk bagian ujung ekornya justru mempunyai tampilan warna kuning juga biru yang lebih keabu-abuan.

Memang agak berbeda dengan ciri dari burung betet berjenis kelamin jantan tersebut, untuk burung betet betina ia justru memiliki tampilan mahkota dengan warna yang terlihat lebih buram. Kemudian untuk bagian kumisnya terlihat berwarna kehijau-hijauan.

Lebih dari itu, burung betet yang berjenis kelamin betina juga tidak menunjukkan tampilan dari warna biru yang ada pada bagian punggungnya. Selanjutnya untuk ciri paling akhir terlihat melalui bagian bawah dari penutup sayapnya. Dimana hanya akan terlihat ketika burung Betet ini sedang terbang. Diantaranya yaitu tampilan sayap bagian bawah yang mempunyai warna kuning.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.