Mengetahui Penyebab Lovebird Jantan Takut dengan Lovebird Betina

Mungkin untuk anda yang memiliki Lovebird lebih dari satu ekor sering menjumpai jika Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina. Keadaan yang seperti ini sebenarnya ada factor yang menyebabkannya.

Terdapat beberapa alasan yang menjadikan Lovebird jantan ketakutan terhadap Lovebird betina, terlebih lagi pada waktu proses mengerami telur. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar. Karena tentunya mereka sebagai ingin melindungi anak-anaknya, termasuk dari pejantannya sekalipun.

Lovebird betina sebenarnya agalak karena dia ingin melindungi telur-telurnya. Dengan demikian, kebanyakan Lovebird betina kerap menyerang Lovebird jantan pada waktu sedang bertelur.

Penyebab Lovebird Jantan Takut Dengan Lovebird Betina

Penyebab Lovebird Jantan Takut Dengan Lovebird Betina
klanggenan.com

1. Ukuran Lovebird Betina Lebih Besar dari Lovebird Jantan

Jika tubuh pasangan tidak sama, pastinya untuk pasangan yang tubuhnya kecil kerap diserang oleh pasangan bertubuh besar. Untuk hal ini, pada umumnya Lovebird betina bertubuh besar yang menyerang Lovebird jantan bertubuh kecil.

Walaupun demikian, hal tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan. Sebab, terkadang Lovebird jantan ini memiliki ukuran tubuhnya lebih besar jika dibandingakan dengan Lovebird betina.

2. Lovebird Betina Over Birahi

Penyebab Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina selanjutnya yaitu karena Lovebird betina mungkin sedang mengalami over birahi. Lovebird betina yang sedang over birahi (OB) tentu saja memiliki semangat yang sangat menggebu-gebu dan mental bertarungnya juga sangat tinggi.

Apabila birahi tersebut tidak dapat tersalurkan dengan baik, maka Lovebird betina tersebut bisa menyakiti pasangannya sendiri.

Terlebih lagi apabila Lovebird jantan sedang kurang birahi, tentu saja Lovebird jantan ini akan menjadi sasaran Lovebird betina untuk diserang.

Jika telah terjadi demikian, Lovebird jantan dan betina sebaiknya segera dipisah sementara. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi cedera atau bahkan bisa terjadi kematian. Jadi anda harus mengatasi lovebird over birahi itu.

3. Pasangan Lovebird yang Baru Berjodoh

Pasangan Lovebird yang Baru Berjodoh
cintaburung2017.blogspot.com

Pasangan Lovebird yang baru berjodoh pada umumnya lebih dominan yang betina. Karena, ketika awal kenal, Lovebird jantan akan mengejar Lovebird betina. Akan tetapi, Lovebird betina hanya biasanya hanya malu saja.

Dan sesudah berjodoh, Lovebird betina bisa menjadi semakin nyaman hingga pada akhirnya akan berani menunjukkan birahinya kepada Lovebird yang berjenis kelamin jantan.

Akan tetapi, birahi yang berlebihan untuk Lovebird betina justru dapat menjadikan Lovebird jantan merasa kewalahan. Dengan demikian, akan terlihat Lovebird betina menyakiti atau menyerang Lovebird yang jantan.

4. Lovebird Betina Jadi Indukan

Jika Lovebird betina telah jadi indukan atau sudah bertelur, pastinya yang diprioritaskan yaitu telur-telurnya. Apabila Lovebird jantan mengajak kawin lagi, tentu saja Lovebird betina tidak mau. Sebab dia sedang melindungi serta mengerami telurnya. Sehingga, Lovebird betina sering marah-marah pada burung Lovebirdyang jantan.

Hal seperti ini bisa terus terjadi sampai telur-telur tadi menetas. Lovebird betina tetap akan meloloh anak-anaknya hingga anak anak Lovebird tersebut tumbuh dewasa. Apabila Lovebird jantan mengganggu yang betina sedikit saja, pasti akan diserang oleh Lovebird yang berjenis kelamin betina.

5. Lovebird Betina Terlalu Agresif

Tidak hanya ada Lovebird jantan saja, ada juga Lovebird betina yang memiliki hobi kawin. Lovebird betina akan tampak lebih agresif dari pada dengan Lovebird jantan. Lovebird betina pada umumnya akan mengejar-ngejar Lovebird jantan untuk diajak kawin.

Terkadang Lovebird betina juga memaksa Lovebird jantan untuk melayani nafsunya. Apabila Lovebird jantan tidak mau, pada umumnya Lovebird jantan akan dibantai Lovebird betina sampai mati.

Setelah anda tahu penyebab Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina ini, sebisa mungkin anda mengatasinya Tujuannya supaya burung jantan tidak diserang sampai mati.

Tinggalkan Komentar